Daftar Isi > Al-Qamar > Al-Qamar 15

Surat Al-Qamar Ayat 15

وَلَقَد تَّرَكْنَٰهَآ ءَايَةً فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

Arab-Latin: Wa laqat taraknāhā āyatan fa hal mim muddakir

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami jadikan kapal itu sebagai pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

« Al-Qamar 14Al-Qamar 16 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Qamar Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapati beberapa penjelasan dari kalangan pakar tafsir terhadap makna surat Al-Qamar ayat 15, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

15-16. Sungguh Kami membiarkan kisah Nuh dan kaumnya, sebagai bahan pelajaran dan bukti atas Kuasa Kami bagi orang-orang sesudah Nuh agar mereka mengambil nasihat dan pelajaran dari apa yang menimpa umat yang kafir kepada tuhannya. Maka adakah orang yang mengambil nasihat dan pelajaran? Bagaimana azab dan siksaKu atas orang-orang yang mendustakanKu dan tidak beriman kepada para utusanKu, apakah mereka mengambil pelajaran dari apa yang terjadi? Sesungguhnya azabKu itu teramat keras dan menyakitkan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

15. Dan sesungguhnya Kami telah jadikan siksa yang kami timpakan kepada mereka itu sebagai palajaran dan nasihat, lalu adakah orang yang mau mengambil pelajaran dari hal itu?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

15-16. Sungguh Kami jadikan kisah banjir besar itu sebagai pelajaran, apakah ada orang yang mendapat pelajaran darinya? Bagaimana azab dan peringatan-Ku ketika itu bagi orang yang mendustakan para rasul-Ku dan tidak mengambil pelajaran dari ayat-ayat-Ku?


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. وَلَقَد تَّرَكْنٰهَآ ءَايَةً (Dan sesungguhnya telah Kami jadikan kapal itu sebagai pelajaran)
Yakni kapal itu Allah kekalkan di atas gunung Judiy sebagai pelajaran bagi orang-orang yang mau mengambil pelajaran.
Pendapat lain mengatakan maknanya adalah Kami telah menjadikan siksaan yang Kami timpakan kepada mereka sebagai ibrah dan pelajaran.

فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ(maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?)
Yakni apakah ada orang yang mau mengambil pelajaran dari ayat ini?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Sungguh kami abadikan cerita tentang kapal itu sebagai pelajaran dan petunjuk bagi orang yang mau mengambil pelajaran dari hal itu. Lalu apakah ada yang mengingat dan mengambil pelajaran darinya?!


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sungguh Kami benar-benar telah menjadikannya sebagai tanda} Kami mengabadikan perbuatan yang telah Kami lakukan kepada mereka ini sebagai teladan dan pelajaran {Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran} orang yang mengambil teladan dan mengambil pelajaran


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

15. “Dan sungguh telah Kami jadikan kapal itu sebagai pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” artinya, Kami jadikan kisah Nabi Nuh dan kaumnya sebagai tanda-tanda kebesaran yang bisa dijadikan pelajaran. Siapa saja yang durhaka serta menentang para rasul pasti akan dibinasakan oleh Allah dengan siksaan yang keras. Atau kata ganti dalam ayat ini kembali pada perahu dan sejenisnya. Asal mula pembuatannya adalah pengajaran Allah untuk RasulNya Nuh, kemudian Allah mengabadikan perahu itu tetap ada di antara manusia, agar hal itu menunjukkan rahmat dan pertolonganNya terhadap makhlukNya serta sempurnanya Kuasa Allah dan indahnya ciptaanNya.
“Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” artinya adakah orang yang mengambil pelajaran dari tanda-tanda kebesaran Allah dengan menggunakan akal dan pikirannya ketika tanda-tanda kebesaran itu berada di atas puncak kejelasan dan kemudahan?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 15: Allah mengabarkan bahwasanya Dia mengabadikan kisah Nuh bersama dengan kaumnya sebagai pelajaran dan bukti bagi siapa yang datang setelah mereka, maka apakah ada yang mau mengambil nasihat dan pelajaran ?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni Kami tinggalkan pada kisah Nuh bersama kaumnya ayat bagi orang-orang yang mengambil pelajaran, bahwa orang-orang yang mendurhakai Rasul dan membangkang terhadapnya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan membinasakan mereka dengan azab yang merata lagi keras. Atau dhamir (kata ganti nama) dari kata “Haa” kembalinya kepada kapal yang dibuat Nabi Nuh ‘alaihis salam, dan bahwa asal pembuatannya adalah pengajaran dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala kepada hamba-Nya Nuh ‘alaihis salam untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya dan perhatian-Nya, sempurnanya kekuasaan-Nya dan indah-Nya ciptaan-Nya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 15

15-16. Dan sungguh, kapal itu telah kami awetkan dan kami jadikan sebagai tanda dan pelajaran bagi kaum yang datang kemudian. Maka, adakah orang yang mau dan bersungguh-sungguh mengambil pelajaran dari peristiwa itu' bila hal itu tidak menyadarkannya untuk menaati ajakan rasul, maka perhatikan betul-betul betapa dahsyatnya azab-ku dan peringatan-ku


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah berbagai penafsiran dari berbagai mufassirin terkait kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 15 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Bantulah perjuangan kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: