Daftar Isi > Al-Qamar > Al-Qamar 20

Surat Al-Qamar Ayat 20

تَنزِعُ ٱلنَّاسَ كَأَنَّهُمْ أَعْجَازُ نَخْلٍ مُّنقَعِرٍ

Arab-Latin: Tanzi'un-nāsa ka`annahum a'jāzu nakhlim mungqa'ir

Artinya: Yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok korma yang tumbang.

« Al-Qamar 19Al-Qamar 21 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Qamar Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjelasan dari para mufassirun terkait makna surat Al-Qamar ayat 20, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

19-20. Sesungguhnya Kami mengutus kepada mereka angin yang sangat dingin di hari kesialan bagi mereka yang membawa azab dan kebinasaan. Angin itu menerbangkan mereka dari bumi, lalu mencampakkan mereka tersungkur dengan leher patah dan terpenggal dari tubuh mereka, ia meninggalkan mereka seperti batang pohon kurma yang terpisah dari pangkalnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

20. Yang mencabut manusia dari bumi dan melemparkan mereka dengan kepala duluan, seakan-akan mereka adalah batang pohon kurma yang tercabut sampai ke akar-akarnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. تَنزِعُ النَّاسَ (yang menggelimpangkan manusia)
Mujahid mengatakan bahwa angin itu menghempaskan mereka dari tanah dan menjatukan mereka dengan posisi kepala terlebih dahulu, sehingga leher mereka hancur dan kepala mereka terlepas dari tubuh mereka.
Pendapat lain mengatakan bahwa angin itu menghempaskan manusia dari rumah-rumah mereka.

كَأَنَّهُمْ أَعْجَازُ نَخْلٍ مُّنقَعِرٍ (seakan-akan mereka pokok korma yang tumbang)
Allah menyerupakan tubuh mereka yang jangkung ketika dihempas oleh angin dan dilemparkan di atas wajah mereka dengan pohon-pohon kurma yang tidak memiliki kepala yang tumbah di atas tanah.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

20. Angin yang menghempaskan manusia dari tempat-tempat mereka, seakan-akan mereka adalah akar-akar pohon kurma yang dicabut dari tanahnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{membuat manusia bergelimpangan} mengangkat manusia dari bumi lalu melemparkan mereka di atas kepala mereka, lalu menghantam leher mereka {seakan-akan mereka itu pohon-pohon kurma} batang pohon kurma {yang tumbang dengan akar-akarnya} yang tumbang dari akarnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

20. “Yang menggelimpangkan manusia,” karena terlalu kerasnya hingga terpelanting ke atas dan terhempas ke tanah dan membinasakan mereka sehingga mereka menjadi “seakan-akan mereka pokok kurma yang tumbang,” artinya bangkai mereka setelah binasa seperti pangkal kurma yang tumbang yang tercabut oleh angin kencang dan jatuh ke tanah. Alangkah hinanya makhluk jika mendurhakai perintah Allah.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 20: Allah menjelaskan bahwa angin ini mencerai beraikan manusia karena saking dahsyatnya dan menumbangkan mereka serta mengangkat mereka kemudian meluluh lantahkan leher-leher mereka dan membinasakan mereka, mereka menjadi mayat hidup setelah binasa sebgaimana batang pohon kurma yang ditimpa angin besar sehingga tercaput dari akarnya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sungguh lemah keadaan mereka, padahal sebelumnya mereka (kaum ‘Aad) mengatakan, “Siapakah yang lebih kuat daripada kami?” Mereka tidak menyadari, bahwa Allah yang menciptakan mereka tentu lebih kuat dari mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 20

20-21. Allah mengembuskan angin mahadahsyat yang membuat manusia durhaka itu bergelimpangan seakan-akan mereka bagaikan pohon-pohon kurma yang tumbang dengan akar-akarnya. Maka perhatikanlah betapa dahsyatnya azab-ku dan peringatan-ku kepada orang-orang yang ingkar dan durhaka


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah pelbagai penjelasan dari para ulama tafsir terkait makna dan arti surat Al-Qamar ayat 20 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita bersama. Bantu dakwah kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: