Daftar Isi > Al-Qamar > Al-Qamar 23

Surat Al-Qamar Ayat 23

كَذَّبَتْ ثَمُودُ بِٱلنُّذُرِ

Arab-Latin: Każżabaṡ ṡamụdu bin-nużur

Artinya: Kaum Tsamudpun telah mendustakan ancaman-ancaman (itu).

« Al-Qamar 22Al-Qamar 24 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Qamar Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan beragam penjabaran dari para ulama berkaitan makna surat Al-Qamar ayat 23, di antaranya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

23-24. Kaum Tsamud (yaitu kaum Shaleh) mendustakan ayat-ayat yang dengannya mereka diperingatkan. Mereka berkata, “Apakah kami mengikuti seorang manusia sedangkan kami adalah jamaah yang berjumlah besar? Bila demikian, maka sesungguhnya kami benar-benar jauh dari kebenaran dan kami benar-benar dalam kegilaan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

23. Kaum Ṡamūd mendustakan apa yang diperingatkan oleh nabi mereka, Ṣāleḥ -'alaihissalām-.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

23-27. Kaum Tsamud telah mendustakan Nabi mereka, Shalih yang memperingatkan mereka dengan berbagai ayat. Mereka mengingkarinya dengan berkata: “Mengapa kami harus mengikuti manusia seperti kami? Jika kami melakukan itu maka kami berada dalam kesesatan dan kegilaan. Apakah dia mendapat wahyu dan dipilih menjadi rasul, dan bukan kami yang dipilih? Sungguh dia hanya seorang pembohong dan angkuh.”

Maka Allah mengancam dan mengolok mereka: “Di akhirat mereka akan mengetahui siapa yang pembohong dan angkuh. Sungguh Kami akan mengeluarkan unta betina dari batu, sebagai ujian bagi mereka. Hai Shalih, tunggu saja akibat dari kekafiran mereka dan bersabarlah dalam menghadapi gangguan dari mereka.”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. كَذَّبَتْ ثَمُودُ بِالنُّذُرِ (Kaum Tsamudpun telah mendustakan ancaman-ancaman (itu))
Yakni mendustakan Nabi Shalih, dan barangsiapa yang mendustakan satu rasul maka ia sama saja dengan mendustakan seluruh rasul, sebab mereka menyeru kepada asas-asas syariat yang sama.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Kabilah Tsamud mendustakan nabi mereka Shalih AS dengan ancaman-ancaman dan nasehat yang didatangkan untuk mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kaum Tsamud juga telah mendustakan peringatan-peringatan


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23. “Kaum Tsamud pun telah mendustakan.” Mereka adalah kabilah terkenal yang berada di daratan al-Hijr, nabi mereka bernama Shaleh. Mereka mendustakan beliau ketika menyeru mereka untuk menyembah Allah semata, yang tidak ada sekutu bagiNya, dan Nabi Shaleh menyampaikan ancaman dengan siksaan jika mereka membangkang.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 23: Allah mengabarkan bahwa kaum Tsamud mendustakan Nabi mereka Shalih, dan tidak beriman kepadanya, dan tidak mengambil pelajaran dari peringatan Shalih.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kaum Tsamud adalah sebuah kabilah yang terkenal di daerah Hijr. Nabi yang Allah utus kepada mereka adalah Shalih ‘alaihis salam, dia mengajak mereka beribadah kepada Allah saja serta memperingatkan mereka dengan azab Allah jika mereka mendurhakai-Nya, namun mereka malah mendustakannya dan bersikap sombong terhadapnya sambil berkata, “"Bagaimana kita akan mengikuti seorang manusia (biasa) di antara kita?"


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 23

23-24. Seperti kaum nabi nuh dan kaum 'ad, kaum samud pun mengingkari dakwah nabi mereka, nabi saleh. Kaum samud pun telah mendustakan rasul Allah dan peringatan itu. Maka mereka berkata, 'bagaimana kita akan mengikuti seorang manusia biasa di antara kita yang tidak memiliki keistimewaan dan pengikut, sedang dia mengajarkan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinan nenek moyang kita' sungguh, kalau begitu kita benar-benar telah sesat dan gila


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah bermacam penjelasan dari berbagai mufassirun berkaitan kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Support dakwah kami dengan memberikan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: