Daftar Isi > Al-Qamar > Al-Qamar 29

Surat Al-Qamar Ayat 29

فَنَادَوْا۟ صَاحِبَهُمْ فَتَعَاطَىٰ فَعَقَرَ

Arab-Latin: Fa nādau ṣāḥibahum fa ta'āṭā fa 'aqar

Artinya: Maka mereka memanggil kawannya, lalu kawannya menangkap (unta itu) dan membunuhnya.

« Al-Qamar 28Al-Qamar 30 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Qamar Ayat 29

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 29 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Tersedia variasi penafsiran dari berbagai ahli tafsir berkaitan makna surat Al-Qamar ayat 29, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

29-30. Tetapi mereka memangil teman mereka agar segera menyembelih unta itu, maka orang itu pun mendekatinya, mengganggunya dengan tangannya lalu menyembelihnya, maka Kami menghukum mereka. Bagaimana azabKu atas mereka karena kekafiran mereka dan hukumanku terhadap siapa yang mendustakan utusanKu? Sesungguhnya azabKu itu besar lagi menyakitkan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

29. Lalu mereka memanggil kawan mereka untuk membunuh unta betina itu, maka ia mengambil pedang dan membunuhnya sebagai bentuk kepatuhan terhadap perintah kaumnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

29. فَنَادَوْا۟ صَاحِبَهُمْ (Maka mereka memanggil kawannya)
Yakni kaum Tsamud memanggil kawan mereka yang bernama Qaddar bin Salif, yaitu orang yang menyembelih unta betina itu. mereka memanggilnya untuk mendorongnya agar mau menyembelih unta betina tersebut.

فَتَعَاطَىٰ فَعَقَرَ(lalu kawannya menangkap (unta itu) dan membunuhnya)
Yakni ia kemudian mengambil pedang atau semacamnya, lalu ia menyembelih unta betina itu.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

29. Lalu kaum Tsamud memanggil kawannya yaitu seorang laki-laki yang tak punya hati bernama Qudar bin Salif, laki-laki Tsamud yang paling menyala-nyala. Mereka menghasutnya untuk membunuh unta itu. Lalu dia mengambil pedang dari kawanannya tanpa memperhatikan akibatnya. Kemudian dia membunuh unta itu dengan menyabet kakinya dengan pedang lalu membunuhnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka memanggil sahabatnya, lalu dia menangkapnya} lalu mengambil pedang {dan menyembelihnya} lalu membunuh unta betina itu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

29. “Maka mereka memanggil kawannya,” yang menyembelih unta itu, dia adalah orang yang paling celaka di kabilah itu, “lalu kawannya menangkap (unta itu),” ia mematuhi perintah kawan-kawannya untuk menyembelih unta, “dan membunuhnya.”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 29: 28-29. Allah berkata kepada Nabi-Nya Shalih dengan maksud memberi petunjuk dan pelajaran : Kabarkan wahai Shalih kepada kaummu, bahwa air itu terbagi antara mereka dan unta betina itu. Bagian mereka sehari, dan bagian unta betina sehari. Akan tetapi kaum Shalih tidak melaksanakan perintah Allah, dengannya mereka menyeru kepada teman-temannya meminum (air itu) bersama-sama dan membunuh unta betina, mereka menangkap unta tersebut dan membunuhnya dengan pedang, mereka tidak memperdulikan akan musibah dari urusan yang besar ini.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dia adalah orang yang paling celaka di antara mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 29

29-30. Mereka merasa kecewa dengan pembagian jatah air itu. Maka mereka memanggil kawannya yang dikenal kuat dan kejam untuk membunuh unta itu, lalu dia menangkap unta itu dan memotongnya. Akibat kedurhakaan ini, maka lihatlah betapa dahsyatnya azab-ku dan peringatan-ku kepada mereka


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah aneka ragam penjabaran dari kalangan mufassirun terkait kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 29 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi ummat. Sokong dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: