Daftar Isi > Al-Waqi'ah > Al-Waqi’ah 56

Surat Al-Waqi’ah Ayat 56

هَٰذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ ٱلدِّينِ

Arab-Latin: Hāżā nuzuluhum yaumad-dīn

Artinya: Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan".

« Al-Waqi'ah 55Al-Waqi'ah 57 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 56 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Waqi’ah Ayat 56 dengan text arab, latin dan artinya. Tersedia beraneka penafsiran dari banyak mufassir berkaitan makna surat Al-Waqi’ah ayat 56, di antaranya sebagaimana termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56. Apa yang mereka terima, yaitu azab ini, adalah apa yang disiapkan bagi mereka berupa makanan. Ini adalah celaan dan hinaan bagi mereka.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

56. Yang telah disebutkan ini, yaitu makanan yang pahit dan minuman dari air yang panas, adalah jamuan yang dengannya kalian disambut pada hari Kiamat.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. هٰذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ (Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan”)
Makna (النرل) adalah hidangan yang disiapkan untuk tamu yang menjadi pembuka makanannya.
Yakni pohon Zaqqum dan air panas itu memang disiapkan bagi mereka untuk mereka santap di hari kiamat.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Makanan dan minuman itu semua adalah adalah balasan bagi mereka pada hari pembalasan. Adapun nuzul adalah hidangan untuk memuliakan tamu


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Inilah hidangan mereka} hidangan untuk mereka {pada hari pembalasan”} hari pembalasan


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

54-56. Dan minuman mereka juga adalah seburuk-buruk minuman, yaitu bahwa mereka minum (untuk mendorong) makanan tersebut dengan air yang sangat panas yang mendidih di dalam perut, “seperti unta yang sangat haus minum,” yakni, unta kehausan yang rasa hausnya telah memuncak, atau (bisa juga bermakna) bahwa ‘alhiimi’ adalah penyakit yang menyerang unta sehingga ia akan selalu kehausan meskipun telah minum air.
“ini” Yakni makanan dan minuman tersebut merupakan “hidangan untuk mereka” maksudnya jamuan bagi mereka “pada Hari Pembalasan”, yaitu jamuan yang telah mereka persembahkan untuk diri mereka sendiri dan mengutamakannya daripada jamuan Allah dan para waliNya. Allah berfirman,
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya.” -Al-Kahfi:108-


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Waqi’ah ayat 56: 51-56. Katakanlah wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang musyrik : Sesungguhnya kalian wahai orang-orang yang tersesat dari jalan tauhid dan hidyah, serta mengingkari hari kebangkitan, kalian akan diberikan makanan dari pohon zaqum, dan ia adalah pohon yang dilaknat, yang tidak enak dilihat dan dimakan. Kalian akan memakannya sampai memenuhi perut-perut kalian. Kemudian kalian akan minum air yang mendidih dengan sebab haus yang sangat yang kalian rasakan, akan tetapi minuman itu tidak menghilangkan dahaga; Kalian minum akan tetapi tidak menghilangkan haus, sebagaimana unta yang sangat haus yang tidak menumukan minuman air. Kemudian ketahuilah bahwa makanan dan minuman ini adalah sajian bagi kalian yang disiapkan di hari kiamat.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Waqi’ah Ayat 56

54-56. Wahai orang yang sesat, sesudah memenuhi perut dengan buah zaqqum yang sangat tidak enak itu, kamu akan meminum air yang sangat panas dan membakar lidah. Meski demikian, karena dahaga yang sangat mencekik maka kamu minum air panas itu seperti unta yang sangat haus minum. Itulah beragam hidangan menyakitkan yang kami sediakan untuk mereka yang selalu ingkar dan berbuat maksiat, pada hari pembalasan'. 57. Setelah menjelaskan azab bagi orang yang mengingkari hari kebangkitan, pada ayat-ayat ini Allah menguraikan tanda-tanda kekuasaan-Nya yang terkait kiamat tersebut. Wahai manusia, kami yang mahakuasa telah menciptakan kamu, maka saat kamu mengetahui hal itu, mengapa kamu tidak membenarkan adanya penciptaan dan kebangkitan'.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah beraneka penjelasan dari banyak ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Waqi’ah ayat 56 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk ummat. Sokonglah usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Al-Isra 1
  2. ‘Abasa
  3. Yasin
  4. Al-Baqarah 83
  5. Ar-Ra’d 11
  6. Al-Mujadalah 11
  7. Luqman 13
  8. Yusuf 4
  9. Al-Ma’idah 32
  10. al-Ma’un
  11. al-Kahfi
  12. Al-Isra 32
  13. al-Fatihah
  14. ar-Rahman
  15. Al-Hujurat 12
  16. Inna Lillahi
  17. al-Balad
  18. Al-Hujurat 13
  19. al-Kautsar
  20. al-A’la
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: