Daftar Isi > Al-Munafiqun > Al-Munafiqun 3

Surat Al-Munafiqun Ayat 3

ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ ءَامَنُوا۟ ثُمَّ كَفَرُوا۟ فَطُبِعَ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ فَهُمْ لَا يَفْقَهُونَ

Arab-Latin: żālika bi`annahum āmanụ ṡumma kafarụ fa ṭubi'a 'alā qulụbihim fa hum lā yafqahụn

Artinya: Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka dikunci mati; karena itu mereka tidak dapat mengerti.

« Al-Munafiqun 2Al-Munafiqun 4 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Munafiqun Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Munafiqun Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan aneka ragam penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan isi surat Al-Munafiqun ayat 3, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2-3. Orang-orang munafik itu menjadikan sumpah yang mereka ucapkan sebagai tameng dan pelindung bagi mereka dari hukuman dan siksa dunia, mereka menghalang-halangi diri mereka dan orang-orang dari jalan Allah yang lurus. Sesungguhnya apa yang mereka lakukan itu sungguhlah buruk.
Hal itu karena mereka mengaku beriman secara lahir kemudian kafir secara batin, maka Allah menutup hati mereka disebabkan kekafiran mereka; sehingga mereka tidak mengerti apa yang mengandung kemaslahatan bagi mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

3. Hal itu karena mereka beriman dengan cara kemunafikan sementara keimanan tidak sampai ke hati mereka, kemudian mereka kafir kepada Allah secara diam-diam. Maka Allah menutup hati mereka karena kekufuran mereka, sehingga iman tidak bisa menembus ke dalam hati mereka. Lalu mereka -dengan tertutupnya hatinya- tidak dapat memahami apa yang baik dan benar bagi mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. ذٰلِكَ بِأَنَّهُمْ ءَامَنُوا۟( Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka telah beriman)
Yakni menampakkan keimanan.

ثُمَّ كَفَرُوا۟( kemudian menjadi kafir)
Dalam hati mereka menyimpan kekafiran.
Pendapat lain mengatakan bahwa ayat ini diturunkan bagi orang-orang yang beriman kemudian kembali murtad.

فَطُبِعَ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ(maka hati mereka dikunci)
Yakni hati mereka ditutup karena kekafiran mereka, sehingga keimanan tidak dapat masuk ke hati mereka lagi setelah itu.

فَهُمْ لَا يَفْقَهُونَ (sehingga mereka tidak dapat mengerti)
Yakni tidak mengerti apa yang bermanfaat dan baik bagi mereka.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Perbuatan buruk mereka itu karena mereka pura-pura beriman dengan lisan, melakukan kekufuran dalam hati, dan kembali berlaku kufur lagi di dalam hati. Maka hati mereka dikunci akibat kekufuran mereka. Al-Khotmu adalah bentuk perumpamaan dari ketidaksiapan mereka menerima iman. Mereka tidak mengetahui tentang hakikat iman


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian ingkar. Maka hati mereka dikunci} dikunci {sehingga tidak dapat mengerti} mereka tidak memahami sesuatu yang mengandung kebaikan bagi mereka


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. “Yang demikian itu,” yang dihiasi oleh kemunafikan, “adalah karena sesungguhnya mereka,” tidak tetap dalam keimanan, namun “telah beriman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka dikunci mati,” di mana hatinya tidak bisa dimasuki kebaikan selamanya. “Karena itu mereka tidak dapat mengerti.” Tidak mengerti apa yang bisa membawa manfaat bagi mereka dan tidak memahami apa yang bisa mendatangkan maslahat bagi mereka.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Munafiqun ayat 3: Allah menjelaskan bahwa itulah yang dikabarkan Allah dari kedustaan, kelicikan dan pengingkaran mereka dalam menghalangi manusia dari jalan Allah; Sebab mereka mengucapkan dengan syahadat secara dzahir kemudian kafir dengan hati mereka, maka Allah kunci hati mereka; Menjadi tidak dapat dimasuki keimanan, sebagai balasan kemunafikan mereka dan keras kepalanya mereka yang terpendam dalam diri-diri mereka dan yang nampak adalah berpalingnya mereka, kemudian Allah pertegas bahwa mereka tidak akan paham kebaikan dan keimanan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan lisan mereka, atau maksudnya mereka tidak tetap di atas keimanan.

Dengan hati mereka, yakni mereka tetap terus di atas kekafiran.

Sehingga tidak dapat dimasuki kebaikan lagi untuk selamanya.

Hal yang bermanfaat bagi mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Munafiqun Ayat 3

Orang-orang munafik melakukan perbuatan keji yang demikian itu karena sesungguhnya mereka telah mengaku beriman secara lisan, kemudian menjadi kafir, karena iman mereka hanya di mulut; maka hati mereka dikunci oleh diri mereka sendiri sehingga mereka tidak dapat mengerti pentingnya iman dan iman pun tidak akan pernah masuk ke dalam hati mereka karena terkunci. 4. Dan apabila engkau, nabi Muhammad, melihat mereka secara lahiriah, tubuh mereka akan mengagumkanmu, karena penampilan mereka menarik. Dan jika mereka berkata tentang agama dan kemasyarakatan, engkau akan mendengarkan tutur-katanya baik dan benar seperti orang bijak. Mereka seakan-akan kayu yang tersandar, benda yang memiliki bentuk, tetapi tak bernyawa, penampilan mereka menarik dan pandai berorasi, tetapi otak mereka kosong tidak dapat memahami kebenaran. Mereka mengira bahwa setiap teriakan, yakni ungkapan amar makruf dan nahi mungkar yang diucapkan rasulullah dan para sahabat, ditujukan kepada mereka, karena hati kecil mereka merasa dan menyadari kesalahan mereka. Mereka itulah musuh yang sebenarnya, jika topeng mereka dibuka. Maka waspadalah terhadap mereka, wahai nabi dan orang-orang beriman; Allah membinasakan mereka di dunia melalui tanganmu dan di akhirat dengan dimasukkan ke dalam neraka. Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan dari iman, padahal mereka menyaksikan turunnya Al-Qur'an kepada nabi'.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah sekumpulan penjabaran dari kalangan ulama tafsir terhadap isi dan arti surat Al-Munafiqun ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita semua. Bantulah syi'ar kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: