Surat At-Taghabun Ayat 4

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ ۚ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

Arab-Latin: Ya'lamu mā fis-samāwāti wal-arḍi wa ya'lamu mā tusirrụna wa mā tu'linụn, wallāhu 'alīmum biżātiṣ-ṣudụr

Artinya: Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

« At-Taghabun 3At-Taghabun 5 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Surat At-Taghabun Ayat 4

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taghabun Ayat 4 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran menarik dari ayat ini. Ada bermacam penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait makna surat At-Taghabun ayat 4, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

4. Allah mengetahui segala apa yang ada di langit dan di bumi. Allah Mengetahui apa yang kalian (wahai manusia) sembunyikan dan apa yang kalian tampakkan. Allah Maha Mengetahui tentang apa yang disimpan oleh dada dan apa yang dirahasiakan oleh jiwa.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

4. Allah menjelaskan betapa luas ilmu-Nya tentang segala apa yang ada di tujuh langit dan bumi serta yang ada di antara keduanya; dan Dia Maha mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan kalian ungkapkan, Maha Mengetahui rahasia yang aklian simpan dalam dada.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

4. Dia mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, mengetahui apa yang kalian sembunyikan dari amal perbuatan kalian dan mengetahui apa yang kalian tampakkan. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati, yang baik maupun yang buruk, tidak ada sesuatu pun dari hal itu yang luput dari-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

4. Allah SWT mengetahui segala sesuatu di langit dan bumi. Tidak ada satupun sesuatu yang tersembunyi dariNya. Dia mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian tampakkan baik itu berupa ucapan maupun tindakan. Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui apa yang disembunyikan hati kalian berupa rahasia-rahasian dan sesuatu yang sangat penting


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi. Dia mengetahui apa yang kalian rahasiakan dan apa yang kalian tampakkan. Allah Maha Mengetahui segala isi hati


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4. Kemudian Allah menyebutkan ilmuNya yang luas seraya berfirman, “Dia mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi,” maksudnya, mengetahui segala yang rahasia dan yang nyata, yang ghaib dan yang nampak, “dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati.” Maksudnya, mengetahui segala rahasia baik, rahasia buruk, niat yang baik dan niat yang buruk yang ada di dalam hati, karena Allah Maha Mengetahui isi hati, maka sebagai orang yang berakal dan memiliki mata hati harus berusaha keras dan bersungguh-sungguh menjaga sisi batinnya dari berbagai akhlak tercela dan hendaknya berakhlak yang baik.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Taghabun ayat 4: Allah mengabarkan bahwa Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, tidak tersembunyi bagi-Nya dari sesuatupun. Allah mengabarkan bahwa Dia mengetahui segala niat dan keburukan. Tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya. Sungguh Allah Maha Mengetahui yang tersembunyi dan apa yang manusia sembunyikan dan rahasi-rahasia dan sesuatu yang tersembunyi.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan tentang meratanya pengetahuan-Nya.

Baik yang dirahasiakan maupun yang ditampakkan, yang gaib maupun yang nyata.

Baik rahasia yang baik maupun yang buruk, niat yang baik maupun yang buruk dan keyakinan. Jika apa yang tersembunyi dalam hati Allah mengetahuinya, maka orang yang berakal dan berpandangan tajam akan berusaha menjaga batinnya dari akhlak yang buruk serta menyifatinya dengan akhlak yang mulia.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taghabun Ayat 4

Manusia, menurut ayat ini, harus menyadari bahwa dia mengetahui apa yang di langit dengan pengetahuan yang menyeluruh; dan mengetahui segala yang ada di bumi, termasuk benda paling kecil yang tak terlihat mata dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan di dalam hati dan mengetahui apa yang kamu nyatakan secara lisan. Dan Allah maha mengetahui segala isi hati yang tersembunyi. 5. Ayat ini mengingatkan orang-orang kafir tentang nasib para pendahulu mereka yang harus dijadikan cermin. Allah berfirman, 'apakah belum sampai kepadamu, wahai orang-orang kafir, berita orang-orang kafir dahulu seperti umat nabi nuh, nabi lut, dan nabi musa' maka mereka telah merasakan akibat buruk dari perbuatannya dengan mendapat azab di dunia; dan mereka pun akan memperoleh azab yang pedih di akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari berbagai ahli tafsir berkaitan makna dan arti surat At-Taghabun ayat 4 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita. Bantulah syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dikaji

Nikmati berbagai konten yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 13, Al-Kafirun, An-Naba, Al-Fatihah, Adh-Dhuha, Yusuf 28. Juga Al-Isra 32, Al-Falaq, Do’a Setelah Adzan, Al-A’la, Seribu Dinar, Al-Qadr.

  1. Al-Hujurat 13
  2. Al-Kafirun
  3. An-Naba
  4. Al-Fatihah
  5. Adh-Dhuha
  6. Yusuf 28
  7. Al-Isra 32
  8. Al-Falaq
  9. Do’a Setelah Adzan
  10. Al-A’la
  11. Seribu Dinar
  12. Al-Qadr

Pencarian: arti surat al insyirah, al lahan, surat maryam ayat 14 latin, ayat tentang pendidikan, qs al imran ayat 159

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: