Surat Al-Mulk Ayat 7

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِذَآ أُلْقُوا۟ فِيهَا سَمِعُوا۟ لَهَا شَهِيقًا وَهِىَ تَفُورُ

Arab-Latin: Iżā ulqụ fīhā sami'ụ lahā syahīqaw wa hiya tafụr

Artinya: Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak,

« Al-Mulk 6Al-Mulk 8 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Dengan Surat Al-Mulk Ayat 7

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 7 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasi pelbagai penjelasan dari kalangan ulama tafsir mengenai makna surat Al-Mulk ayat 7, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Bila orang-orang kafir itu dicampakkan ke dalam Jahanam, mereka mendengar darinya suara keras lagi buruk, ia mendidih dan bergejolak.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

7. Ketika orang kafir dilempar ke dalam neraka Jahannam maka akan menimbulkan suara yang sangat buruk dan mengerikan; dan ketika para penghuninya mendengar suara itu, azab dan ketakutan mereka semakin bertambah, dan neraka Jahannam ketika itu sangat bergejolak.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

7. Jika mereka dilemparkan ke dalam Neraka mereka mendengar suara yang mengerikan, dan Neraka itu mendidih seperti mendidihnya tungku.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

7. إِذَآ أُلْقُوا۟ فِيهَا (Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya)
Yakni jika mereka dilempar ke neraka seperti kayu yang dilempar ke dalam kobaran api.

سَمِعُوا۟ لَهَا شَهِيقًا(mereka mendengar suara neraka yang mengerikan)
Yakni suara yang mirip suara keledai ketika pertama bersuara.

وَهِىَ تَفُورُ(sedang neraka itu menggelegak)
Yakni neraka mendidih bersama mereka seperti periuk yang mendidih.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

7. Ketika mereka dilemparkan ke dalam neraka Jahanam. Di dalamnya mereka mendengar suara yang sangat mengerikan seperti suara keledai saat meringkik. Neraka itu menggodok mereka seperti panci penggodokan yang mendidih. Sebagian mereka berkata: “Yang dimaksud dengan Asy-Syahiq adalah sesuatu yang bergemirisik (suara misterius) yang disebutkan dalam ayat 1-2 surah Al-Anbiya’”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apabila mereka dilemparkan} mereka dilemparkan {ke dalamnya mereka pasti mendengar suaranya yang mengerikan} suara yang keras dan tidak menyenangkan {ketika membara} yang mendidih seperti mendidihnya tembaga dengan sesuatu yang ada di dalamnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

7. “Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya,” dengan cara dihina dan direndahkan, “mereka mendengar suara neraka yang mengerikan,” yaitu suara (jeritan) keras yang menakutkan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 6-11
Allah SWT berfirman: (Dan) Kami sediakan bagi (bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhannya, memperoleh azab neraka Jahanam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali) yaitu seburuk-buruk tempat kembali (Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya, mereka mendengar suara neraka yang mengerikan) Ibnu Jarir berkata bahwa makna yang dimaksud adalah jeritan.
(sedangkan neraka itu menggelegak) Ats-Tsauri berkata bahwa neraka itu mendidih membakar mereka, sebagaimana sedikit biji-bijian dalam air yang banyak.
Firman Allah: (hampir-hampir (neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah) yaitu hampir-hampir neraka itu sebagian darinya terpisah dengan sebagian lainnya karena kemarahan dan dendamnya yang dahsyat terhadap mereka (Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir) penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka, "Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?" (8) Mereka menjawab, "Benar ada," sesungguhnya telah datang kepada kami seorang pemberi peringatan, tetapi kami mendustakan(nya) dan kami katakan, "Allah tidak menurunkan sesuatu pun; kamu tidak lain hanyalah di dalam kesesatan yang besar” (9)) Allah SWT menyebutkan tentang keadilan yang Dia tetapkan terhadap makhlukNya, bahwa Dia tidak mengazab seseorang melainkan setelah menegakkan alasan terhadapnya dan mengutus seorang rasul kepadanya, sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan Kami tidak mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul) (Surah Al-Isra: 15) Demikian pula mereka menyalahkan diri mereka sendiri dan menyesali perbuatannya, di saat tidak ada gunanya lagi penyesalan bagi mereka. Mereka berkata: (Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu), niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala) yaitu sekiranya dahulu kami menggunakan akal kami dengan sebenarnya atau mendengarkan kebenaran yang diturunkan Allah, niscaya kami tidak akan terjerumus ke dalam kekafiran kepada Allah dan tidak teperdaya oleh kekafiran. Akan tetapi, kami tidak menggunakan pemahaman untuk menyadari apa yang disampaikan para rasul, dan tidak pula kami menggunakan akal yang memberi petunjuk kepada kami untuk mengikuti para rasul. Maka Allah SWT berfirman: (Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala (11))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 7: Allah mengabarkan bahwa mereka orang-orang kafir jika bertemu dengan neraka ini (dengan wajah mereka yang tertunduk dan pasrah); Mereka akan mendengar suara yang keras, dahsyat dan mengerikan. Dan suara tersebut mengguncangkan mereka, sebagaimana ketetapan bagi mereka yang juga diberikan makanan dari api.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni dengan dihinakan dan direndahkan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 7

7-8. Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, karena kerasnya kobaran api, sedang neraka itu membara, dengan sangat dahsyatnya, hampir saja neraka meledak karena marah. Setiap kali ada sekumpulan orang-orang kafir dilemparkan ke dalamnya, para malaikat penjaga-penjaga neraka itu bertanya kepada mereka, 'apakah belum pernah ada orang yang datang memberi peringatan kepadamu di dunia tentang ancaman Allah''7-8


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari para pakar tafsir terkait kandungan dan arti surat Al-Mulk ayat 7 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi ummat. Bantulah syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dikaji

Baca ratusan materi yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Jatsiyah, Al-Anfal, Ali ‘Imran 110, Al-Baqarah 168, Al-Insyirah 6, Thaha. Termasuk Al-Ahzab 56, An-Nur 26, Al-Jumu’ah 10, An-Nisa 29, An-Nisa 146, Al-Baqarah 152.

  1. Al-Jatsiyah
  2. Al-Anfal
  3. Ali ‘Imran 110
  4. Al-Baqarah 168
  5. Al-Insyirah 6
  6. Thaha
  7. Al-Ahzab 56
  8. An-Nur 26
  9. Al-Jumu’ah 10
  10. An-Nisa 29
  11. An-Nisa 146
  12. Al-Baqarah 152

Pencarian: surat alam taro kaifa, watawa saubil haq watawa saubis, surah walasri, bacaan surat al jin, arti dari wasyawirhum fil amri

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: