Surat Al-Mulk Ayat 16

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ءَأَمِنتُم مَّن فِى ٱلسَّمَآءِ أَن يَخْسِفَ بِكُمُ ٱلْأَرْضَ فَإِذَا هِىَ تَمُورُ

Arab-Latin: A amintum man fis-samā`i ay yakhsifa bikumul-arḍa fa iżā hiya tamụr

Artinya: Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?,

« Al-Mulk 15Al-Mulk 17 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Mengenai Surat Al-Mulk Ayat 16

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 16 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah penting dari ayat ini. Terdokumentasikan aneka ragam penjelasan dari beragam pakar tafsir terkait kandungan surat Al-Mulk ayat 16, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16-17. Apakah kalian (wahai orang-orang kafir Makkah) merasa aman dari Allah yang di atas langit yang bisa membenamkan kalian ke dalam bumi, di mana tiba-tiba bumi berguncang lalu membinasakan kalian?
Apakah kalian merasa aman dari Allah yang bisa mengirimkan angin kepada kalian yang melempari kalian dengan batu-batu kecil? Kalian akan tahu, wahai orang-orang kafir, bagaimana peringatanKu kepada kalian manakala kalian menyaksikan azab. Saat itu ilmu kalian tentangnya tidak bermanfaat.
Ayat ini menetapkan sifat uluw (ketinggian) bagi Allah sesuai dengan keagunganNYa.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

16. Ayat ini ditujukan bagi orang-orang kafir, setelah ayat sebelumnya ditujukan bagi seluruh manusia. Hai orang-orang kafir, apakah kalian merasa aman dari siksaan Allah atas kekafiran kalian, dan dari kekuasaan-Nya untuk mengoncangkan bumi dan memporak-porandakannya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

16. Apakah kalian merasa aman terhadap Allah yang berada di langit bahwa Dia akan membelah bumi dari bawah kalian sebagaimana Dia membelahnya dari bawah Qārūn, setelah tadinya (bumi itu) mudah dan terhampar untuk ditinggali, lalu tiba-tiba bumi bergoncang setelah stabil?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

16. ءَأَمِنتُم مَّن فِى السَّمَآءِ (Apakah kamu merasa aman terhadap yang (berkuasa) di langit)
Yaitu Allah.

أَن يَخْسِفَ بِكُمُ الْأَرْضَ(bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu)
Yakni menenggelamkan kalian ke dalam tanah sebagaimana yang Allah lakukan kepada Qarun, padahal sebelumnya Allah menjadikan bumi itu mudah untuk kalian berjalan di atasnya.

فَإِذَا هِىَ تَمُورُ(sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?)
Yakni bergoncang, berbeda dengan biasanya yang tenang dan mudah di lewati.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16. Apakah kalian tidak akan mengimani Allah yang memiliki kekuasaan di langit (kalian harus beriman). Dzat yang menurunkan kalian di bumi dan mengubur kalian di dalamnya, sebagaimana yang dilakukan kepada Qarun saat bumi diguncangkan?!


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apakah kalian sudah merasa aman} apakah kalian merasa aman {dari Dzat yang di langit} Allah yang ada di atas langit {yaitu membenamkan bumi bersama kalian ketika tiba-tiba terguncang} terguncang bersama kalian sehingga kalian binasa


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

16. Ini adalah peringatan dan ancaman bagi orang yang terus menerus melampaui batas dan durhaka, yang mengharuskan mereka mendapatkan siksaan dan mengundang azab. Allah berfirman, “Apakah kamu merasa aman terhadap Yang di langit,” Yaitu Allah Mahatinggi di atas makhlukNya, “bahwa Dia menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang,” menggoncangkan kalian hingga kalian binasa dan lenyap.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 16-19
Ini juga termasuk di antara kelembutan dan rahmat Allah kepada makhlukNya, padahal Dia mampu mengazab mereka karena kekafiran sebagian dari mereka kepadaNya karena mereka menyembah kepada selainNya bersama Dia. Tetapi sekalipun demikian, Dia penyantun terhadap mereka dan memberi masa tangguh kepada mereka serta tidak menyegerakan azabNya terhadap mereka, sebagaimana Allah berfirman: (Dan sekiranya Allah menghukum manusia disebabkan apa yang telah mereka perbuat, niscaya Dia tidak akan menyisakan satupun makhluk bergerak yang bernyawa di bumi ini, tetapi Dia menangguhkan (hukuman)nya, sampai waktu yang sudah ditentukan. Nanti apabila ajal mereka tiba, maka Allah Maha Melihat (keadaan) hamba-hambaNya (45)) (Surah Fathir)
Allah berfirman di sini: (Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkirbalikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang? (16)) yaitu lenyap, berguncang, dan bergetar (Atau apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu) yaitu angin yang menerbangkan batu-batu yang menghantam kalian, sebagaimana Allah berfirman: (Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkirbalikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? Dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagi kamu (68)) (Surah Al-Isra’) Demikian juga di aini Allah mengancam mereka melalui firmanNya: (Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku?) yaitu bagaimana peringatanku dan akibat yang menimpa orang yang menentang dan mendustakannya.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul-Nya)) yaitu umat-umat terdahulu dan generasi-generasi yang lalu (Maka alangkah hebatnya kemurkaan-Ku) yaitu, keingkaran dan hukumanKu bagi mereka, yaitu yang besar dan pedih.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka?) yaitu, terkadang burung itu mengembangkan sayapnya di udara dan adakalanya mengatupkannya (Tidak ada yang menahannya) di udara (selain Tuhan Yang Maha Pemurah) yaitu melalui apa yang Dia tundukkan di udara bagi burung sebagai rahmat dan kelembutanNya (Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu) yaitu hal-hal yang baik bagi segala sesuatu dari makhluk-makhlukNya. Ini sebagaimana firmanNya: (Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain dari Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman (79)) (Surah An-Nahl)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 16: Allah menegur orang-orang kafir, Allah berkata : Apakah kalian beriman wahai orang-orang kafir, akan kemarahan Allah yang besar dan mulia, dimana Allah ada di atas langit dan akan menimpakan bagi kalian bumi, maka kalian akan terhantam dan terhimpit, dengan kuasa Allah dan engkau akan binasa ? Atau apakah kalian beriman terhadap siapa yang ada di langit, yang akan menimpakan kepada kalian angin dahsyat yang mebawa kerikil batu, kemudian kalian akan binasa dan teradzab ? Sebagaimana binasanya kaum Luth, Ad dan pasukan bergajah yang sebelum kalian, kalian juga akan mengetahui adzab yang sudah Allah peringatkan dengan mata-mata kalian sendiri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini merupakan ancaman terhadap orang yang tetap melampaui batas dan mendurhakai Allah dimana yang demikian mendatangkan azab Allah dan hukuman-Nya.

Yaitu Allah Subhaanahu wa Ta'aala Yang Mahatinggi di atas seluruh makhluk-Nya. Imam Malik rahimahullah berkata, “Sesungguhnya Allah di (atas) langit dan ilmu-Nya di semua tempat.”


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 16

16-17. Bukti kekuasaan dan keluasan ilmu-Nya sudah dipaparkan, kalau manusia tetap durhaka maka Allah menegaskan dalam ayat ini: sudah merasa amankah kamu, bahwa dia Allah yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang'. Mestinya kamu tidak merasa aman dengan tetap durhaka. Karena orang sebelum kamu seperti karun karena kedurhakaannya dia ditelan bumi. Atau sudah merasa amankah kamu, bahwa dia Allah yang di langit yang mengendalikan sepenuhya semua makhluk, tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu yang dapat membinasakan kamu' namun kalau kamu tetap durhaka, kelak kamu akan mengetahui bagaimana akibat mendustakan peringatan-ku


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penafsiran dari berbagai mufassir mengenai kandungan dan arti surat Al-Mulk ayat 16 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita. Sokonglah perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dikunjungi

Telaah banyak topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Alhamdulillah, Al-Bayyinah, Ali ‘Imran 159, At-Tin, Yusuf 4, Inna Lillahi. Ada juga Al-Baqarah 183, Al-Fath, Al-Insyirah, Al-‘Alaq, Al-Ma’un, Al-Fil.

  1. Alhamdulillah
  2. Al-Bayyinah
  3. Ali ‘Imran 159
  4. At-Tin
  5. Yusuf 4
  6. Inna Lillahi
  7. Al-Baqarah 183
  8. Al-Fath
  9. Al-Insyirah
  10. Al-‘Alaq
  11. Al-Ma’un
  12. Al-Fil

Pencarian: al isra ayat 27 latin, doa sehabis adzan, surat al, surat yusuf ayat 111, maryam ayat 58

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: