Daftar Isi > Al-Qalam > Al-Qalam 5

Surat Al-Qalam Ayat 5

فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ

Arab-Latin: Fa satubṣiru wa yubṣirụn

Artinya: Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir)pun akan melihat,

« Al-Qalam 4Al-Qalam 6 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 5 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 5 dengan text arab, latin dan artinya. Diketemukan beberapa penjelasan dari para pakar tafsir terkait makna surat Al-Qalam ayat 5, antara lain sebagaimana berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-6. Tidak lama lagi kamu (wahai Rasul) dan orang-orang kafir itu akan tahu siapa yang terfitnah dan gila di antara kalian?


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

5 Maka kamu akan melihat dan para pendusta juga akan melihat.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

5-7. Sungguh orang yang memiliki sifat-sifat yang mulia pasti bukan orang yang gila. Dan kamu pasti akan mengetahui -wahai Nabi yang mulia- dan orang-orang musyrik itu juga pasti akan mengetahui dengan pasti tentang siapa yang lebih layak dijuluki gila, ketika kebenaran telah tersingkap, dan ketika Allah telah menunjukkan kepada mereka dan seluruh makhluk apa yang Dia ketahui; Allah Maha Mengetahui siapa yang mengikuti jalan-Nya dan siapa yang berpaling darinya; dan Maha Mengetahui siapa yang gila dan siapa yang berakal.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5-6. فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ بِأَييِّكُمُ الْمَفْتُونُ (Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir)pun akan melihat siapa di antara kamu yang gila)
Yakni kamu dan orang-orang kafir itu akan mengetahui ketika kebenaran telah tersingkap di hari kiamat, bahwa siapa dari dua golongan itu yang terkena penyakit gila.
Ini merupakan bantahan terhadap ucapan mereka bahwa Muhammad adalah orang gila dan sesat, oleh sebab itu Allah berfirman:
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5-6. maka kamu dan orang-orang kafir itu akan melihat kejelasan dari kebenaran itu pada hari kiamat. Siapa di antara kalian yang gila, apakah kamu atau mereka?


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kelak kamu akan melihat dan mereka pun akan melihat


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5-6. Karena Allah menempatkan Rasulullah di posisi tertinggi dalam berbagai hal sedangkan para musuhnya menuduh sebagai orang gila dan sakit, maka Allah berfirman, “Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat, siapa di antara kamu yang gila,” jelas sudah, Rasulullah adalah orang yang paling lurus dan paling sempurna terhadap dirinya dan orang lain, sedangkan musuh-musuhnya adalah orang-orang yang paling sesat dan buruk. Mereka adalah orang-orang yang memfitnah dan menyesatkan hamba-hamba Allah dari jalanNya. Cukuplah Allah yang mengetahui tentang hal itu, karena Dia-lah yang akan memberi perhitungan dan membalas segala perbuatan.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 5: 5-6. Allah memberikan kabar baik kepada Nabi-Nya akan sesuatu yang dekat ﷺ bahwa mereka orang-orang musyrik Mekkah akan melihat dengan mata-mata mereka sendiri siapa di antara kalian yang gila ? Berkata Muqatil : Ini Adalah janji dan ancaman dengan adzab yang mereka dapatkan di perang Badr.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menempatkan Beliau pada posisi yang paling tinggi, sedangkan musuh-musuhnya menuduh Beliau sebagai orang yang gila, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Maka kelak engkau akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat,-- Siapa di antara kamu yang gila?”


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 5

5-6. Maka kelak engkau wahai nabi Muhammad akan melihat dan me-ngetahui, dan mereka yaitu orang-orang kafir itu pun akan melihat dan mengetahui ketika telah jelas kebenaran pada hari kiamat, siapa di antara kamu yang gila engkau atau mereka'5-6


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah beberapa penafsiran dari beragam mufassir terkait isi dan arti surat Al-Qalam ayat 5 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita semua. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Al-Isra 23
  2. Al-Baqarah 83
  3. Ar-Ra’d 11
  4. Al-Hujurat 12
  5. Al-Ma’idah 2
  6. Yusuf 4
  7. al-Fil
  8. an-Naba
  9. Inna Lillahi
  10. Luqman 13
  11. Al-Isra 32
  12. al-Waqi’ah
  13. al-Mulk
  14. al-Balad
  15. Al-Baqarah 153
  16. Al-Mujadalah 11
  17. al-Kahfi
  18. al-A’la
  19. Yasin
  20. Luqman 14
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: