Daftar Isi > Al-Qalam > Al-Qalam 8

Surat Al-Qalam Ayat 8

فَلَا تُطِعِ ٱلْمُكَذِّبِينَ

Arab-Latin: Fa lā tuṭi'il-mukażżibīn

Artinya: Maka janganlah kamu ikuti orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah).

« Al-Qalam 7Al-Qalam 9 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 8 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 8 dengan text arab, latin dan artinya. Tersedia berbagai penjabaran dari beragam mufassirin berkaitan kandungan surat Al-Qalam ayat 8, sebagiannya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8. Maka teguhlah kamu (wahai Rasul) di atas apa yang kamu pegang, berupa menyelisihi orang-orang yang mendustakan itu dan jangan taati mereka.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

8. Maka janganlah kamu -wahai Rasul- mengikuti orang-orang yang mendustakan apa yang kamu bawa.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

8. Ayat ini melarang Rasulullah menuruti orang-orang musyrik yang telah mendustakan dirinya dan risalahnya. Mereka meminta Rasulullah untuk menyembah tuhan-tuhan mereka beberapa waktu, dan kemudian mereka akan menyembah Allah pada waktu lainnya.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

7-8. Wahai Rasulallah! Sesungguhnya Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang yang menyimpang dari agamaNya. Dia lebih tahu tentang orang-orang yang ditunjukkan ke jalanNya yang menuju kepada kebahagiaan. Mereka adalah para pemenang. Maknanya: Mereka (orang-orang musyrik) adalah orang-orang-orang yang tersesat, menyimpang dan membangkang (kepadaNya). Maka janganlah engkau taat kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan risalahmu.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka janganlah mematuhi orang-orang yang mendustakan


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8. Allah berfirman pada Nabi Muhammad, “Maka janganlah kamu ikuti orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah),” yakni, orang-orang yang mendustakanmu dan menentang kebenaran, karena mereka adalah orang-orang yang tidak patut untuk diikuti, karena mereka hanya memerintah sesuai kehendak hawa nafsu mereka. Yang mereka inginkan hanyalah kebatilan. Orang yang menaati mereka adalah orang mempersembahkan marabahaya pada dirinya sendiri. Hal ini bersifat umum pada setiap pendusta dan dalam setiap ketaatan yang bersumber dari kebohongan, meski tekstual ayat berlaku pada masalah khusus, yaitu ketika orang-orang musyrik meminta Nabi agar tidak mencela tuhan-tuhan dan agama mereka.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 8: Janganlah engkau taati wahai Nabi, mereka orang-orang kafir yang mendustakan ayat-ayat Allah dan Rasul-Nya. Dan tetaplah atas apa yang engkau di atas kebenaran yang nyata dan jelas. Rasul adalah maksum (terjaga dari dosa), Allah mengatakan demikian sebagai pembelajaran bagi umat dan bagi para dai di antara manusia.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Hal itu, karena mereka tidak layak diikuti, karena mereka tidaklah menyuruh kecuali yang sesuai hawa nafsu mereka, dan mereka tidak menginginkan selain kebatilan. Oleh karena itu, menaati mereka sama saja mempersiapkan dirinya kepada sesuatu yang membahayakannya, dan hal ini umum kepada setiap orang yang mendustakan dan pada setiap ketaatan yang timbul dari mendustakan, meskipun susunan ayatnya untuk sesuatu yang khusus, yaitu kaum musyrikin meminta kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam untuk diam tidak mencela sesembahan dan agama mereka sehingga mereka pun akan diam terhadap Beliau. Oleh karena itu, Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Mereka menginginkan agar engkau bersikap lunak lalu mereka bersikap lunak (pula).”


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 8

8-9. Karena sudah jelas siapa yang sesat dan siapa yang lurus, maka janganlah engkau patuhi orang-orang kafir yang menuduhmu gila, yaitu orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah. Mereka sangat menginginkan dengan keinginan yang kuat agar engkau bersikap lunak terhadap tuhan-tuhan mereka, maka dengan sikap lunakmu itu mereka akan bersikap lunak pula kepadamu


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Itulah aneka ragam penjelasan dari beragam mufassirun berkaitan isi dan arti surat Al-Qalam ayat 8 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita. Bantulah dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Al-Isra 32
  2. Al-Jumu’ah 9
  3. Luqman 14
  4. Al-Ma’idah 32
  5. al-Baqarah
  6. al-Ma’un
  7. al-A’la
  8. Al-Baqarah 83
  9. al-‘Ashr
  10. Al-Hujurat 13
  11. Al-Isra 23
  12. Luqman 13
  13. ‘Abasa
  14. At-Taubah 122
  15. al-Fatihah
  16. al-Insyirah
  17. Ali ‘Imran 159
  18. Luqman 13-14
  19. Inna Lillahi
  20. Yusuf 4
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: