Daftar Isi > Al-Qalam > Al-Qalam 22

Surat Al-Qalam Ayat 22

أَنِ ٱغْدُوا۟ عَلَىٰ حَرْثِكُمْ إِن كُنتُمْ صَٰرِمِينَ

Arab-Latin: Anigdụ 'alā ḥarṡikum ing kuntum ṣārimīn

Artinya: "Pergilah diwaktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya".

« Al-Qalam 21Al-Qalam 23 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 22 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 22 dengan text arab, latin dan artinya. Didapatkan variasi penafsiran dari berbagai ulama mengenai kandungan surat Al-Qalam ayat 22, misalnya sebagaimana di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

21-22. Karena itu sebagian memanggil sebagian yang lain saat pagi, “Pergilah segera ke kebun kalian, bila kalian memang hendak memanen buah.”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

22. Sambil berkata, “Keluarlah segera menuju kebun kalian sebelum kedatangan orang-orang fakir jika kalian ingin memetik hasil kebun kalian.”


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

22-23. Pada saat pagi tiba, para pemilik kebun itu saling berseru agar mereka bergegas menuju kebun. Maka mereka pergi ke kebun di pagi buta untuk memanen buah-buahannya sebagaimana yang mereka sepakati pada malam hari.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

22. أَنِ اغْدُوا۟ عَلَىٰ حَرْثِكُمْ (“Pergilah diwaktu pagi (ini) ke kebunmu)
Yakni pergilah di waktu pagi buta menuju kebun sebelum orang-orang miskin datang.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

22. Maka sebaiknya mereka cepat-cepat keluar di pagi hari melihat buah-buahan dan tanaman mereka, jika menginginkan hasil buah yang hitam, memanen dan memetik buah-buah itu. Pergilah kalian di waktu yang kalian tentukan, yaitu waktu pagi. Al-Hirtsu adalah sesuatu yang dihasilkan bumi, berupa buah-buahan yang tumbuh dari pohon-pohon dan tanaman kebun


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

“Pergilah pagi-pagi} keluarlah pagi-pagi {ke kebun kalian} ke kebun kalian {jika kalian hendak memetik hasil.”} hendak memetik buahnya


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

21-22. Begitulah, namun mereka tidak merasakan kenyataan pahit ini. Karena itu mereka saling memanggil satu sama lain di pagi harinya, mereka saling berkata satu sama lain, “Pergilah di waktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya.”


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 22: 21-22. Maka ketika muncul matahari, maka sebagian dari mereka menyeru kepada sebagian yang lain : Mari kita pergi pagi-pagi sekali ke kebun untuk mengambil buah-buahan sebelum datang orang-orang miskin (faqir) jika memang kalian orang-orang yang bersemangat.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 22

21-24. Mereka belum mengetahui bahwa kebun sudah hancur. Sesuai dengan rencana mereka, lalu dengan penuh rahasia pada pagi hari mereka saling memanggil, 'pergilah pagi-pagi ke kebunmu jika kamu hendak memetik hasil sesuai dengan yang telah kita rencanakan. " maka mereka pun berangkat dengan diam-diam sambil berbisik-bisik dengan meng-ingatkan, 'pada hari ini jangan sampai ada seorang miskin pun masuk ke dalam kebunmu. ' khususnya pada saat sedang memetik hasilnya. Kalau sampai ada, itu akan merusak rencana


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari para pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Qalam ayat 22 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Fatihah
  2. Luqman 13-14
  3. Al-Ma’idah 32
  4. al-‘Ashr
  5. al-Balad
  6. At-Taubah 122
  7. Al-Ma’idah 2
  8. Al-Hujurat 13
  9. Ar-Ra’d 11
  10. ‘Abasa
  11. ar-Rahman
  12. Al-Ma’idah 3
  13. Al-Baqarah 83
  14. Al-Hujurat 12
  15. An-Nur 2
  16. Ali ‘Imran 159
  17. al-Ma’un
  18. al-Mulk
  19. Al-Isra 23
  20. al-Fil
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: