Daftar Isi > Al-Qalam > Al-Qalam 23

Surat Al-Qalam Ayat 23

فَٱنطَلَقُوا۟ وَهُمْ يَتَخَٰفَتُونَ

Arab-Latin: Fanṭalaqụ wa hum yatakhāfatụn

Artinya: Maka pergilah mereka saling berbisik-bisik.

« Al-Qalam 22Al-Qalam 24 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 23 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 23 dengan text arab, latin dan artinya. Ditemukan sekumpulan penjelasan dari berbagai ulama tafsir terhadap makna surat Al-Qalam ayat 23, antara lain seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

23-24. Maka mereka berangkat dengan segera, mereka merahasiakan pembicaraan di antara mereka, “Jangan membiarkan siapa pun dari orang-orang yang membutuhkan masuk ke kebun kalian.”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

23. Lalu mereka berjalan menuju kebun mereka dengan cepat, sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain dengan suara yang rendah.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Kemudian mereka pergi menuju kebun mereka. Mereka berjalan dalam kelompok dan saling berbisik-bisik sehingga tidak ada satupun yang dapat mendengar (apa yang mereka bicarakan)


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka berangkat sambil berbisik-bisik} mereka saling berbisik satu sama lain


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23-24. “Maka pergilah mereka,” menuju perkebunan, “mereka saling berbisik-bisikan,” di antara mereka seraya menahan hak Allah dengan mengatakan, “Pada hari ini janganlah ada seorang miskin pun yang masuk ke dalam kebunmu.” Maksudnya, pergilah sesegera mungkin sebelum orang-orang berkeliaran. Mereka saling menasehati untuk menahan hak orang miskin dan saking Terlalu banyak dan pelitnya mereka hingga mereka mengutarakan pembicaraan itu secara berbisik-bisik agar tidak didengar oleh seorang pun, supaya berita itu tidak bocor pada orang-orang miskin.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 23: 23-24. Maka keluarlah mereka menuju kebunnya, dan mereka saling berucap dengan suara yang lirih, agar mereka saling mengetahui. Mereka saling mengatakan : Jangan kalian biarkan masuk ke dalam kebun ini (pada hari ini), tidak satupun bagi kalian membiarkan masuk ke dalamnya orang faqir dan miskin.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Agar tidak terdengar oleh seorang pun yang nantinya akan memberitahukan kepada orang-orang fakir-miskin.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 23

21-24. Mereka belum mengetahui bahwa kebun sudah hancur. Sesuai dengan rencana mereka, lalu dengan penuh rahasia pada pagi hari mereka saling memanggil, 'pergilah pagi-pagi ke kebunmu jika kamu hendak memetik hasil sesuai dengan yang telah kita rencanakan. " maka mereka pun berangkat dengan diam-diam sambil berbisik-bisik dengan meng-ingatkan, 'pada hari ini jangan sampai ada seorang miskin pun masuk ke dalam kebunmu. ' khususnya pada saat sedang memetik hasilnya. Kalau sampai ada, itu akan merusak rencana


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikian berbagai penjabaran dari banyak pakar tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Qalam ayat 23 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita bersama. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Yusuf 4
  2. An-Nahl 114
  3. Al-Ma’idah 32
  4. al-Waqi’ah
  5. Inna Lillahi
  6. Al-Ma’idah 2
  7. Al-Hujurat 12
  8. Luqman 13
  9. an-Naba
  10. al-Insyirah
  11. Yasin
  12. al-Kautsar
  13. Al-Jumu’ah 9
  14. al-Fatihah
  15. Al-Baqarah 83
  16. Ali ‘Imran 159
  17. Ar-Ra’d 11
  18. al-Mulk
  19. al-Balad
  20. At-Taubah 122
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: