Surat Al-Haqqah Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحَآقَّةُ

Arab-Latin: Wa mā adrāka mal-ḥāqqah

Artinya: Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?

« Al-Haqqah 2Al-Haqqah 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Al-Haqqah Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Haqqah Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran berharga dari ayat ini. Terdapat variasi penafsiran dari berbagai mufassir terkait makna surat Al-Haqqah ayat 3, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-3. Hari Kiamat adalah hari yang pasti terjadi, padanya janji dan ancaman akan terbukti
Apakah Hari Kiamat yang pasti terjadi itu? Bagaimana sifat dan keadaannya?
Apakah ada yang memberitahumu (wahai Rasul) dan mengenalkanmu tentang hakikat Hari KIamat, dan menjelaskan untukmu ketakutan dan kedahsyatannya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Tahukah kamu, apa hari Kiamat itu?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Apakah kamu mengetahui tentang kiamat? Tidak ada jalan bagimu untuk mengetahui waktunya dan kejadiannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Tahukah kamu} tahukan kamu {apakah al-Ḥāqqah itu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-3. “Hari KIamat.” Ini adalah salah satu nama lain Hari Kiamat. (disebut demikian) karena kiamat terwujud, menempatkan seluruh manusia dan menampakkan berbagai hakikat masalah dan rahasia-rahasia hati. Allah membesar-besarkan perihalnya dengan menyebutnya berulang-ulang dengan berfirman, “Hari Kiamat, apakah Hari KIamat itu?” dan tahukah kamu apa Hari Kiamat itu?” Hari Kiamat adalah hari besar dan huru-hara yang dahsyat. Di antara dahsyatnya kiamat; Allah membinasakan umat-umat yang mendustakannya dengan siksaan yang disegerakan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Haqqah ayat 3: 1-3. Al Haqah adalah nama di anatara nama-nama hari kiamat. Dinamakan dengannya karena kedatangan hari kiamat adalah pasti benarnya. Di ulang-ulang lafadz Al Haqah dengan sebab kengerian keadaannya, kedahsyatannya dan kehebatannya. Kemudian Allah mengarahkan perkataan-Nya kepada Nabi ﷺ, Allah berkata : Apakah engkau wahai Nabi, tahu dengan keadaan pada hari kiamat (yang meskipun engkau berkhayal atau membayangkan hari kiamat, maka keadaannya masih jauh di atas khayalan itu) ?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni sesungguhnya urusannya begitu besar dan dahsyat, dimana di antara kedahsyatannya adalah bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala membinasakan umat-umat yang yang mendustakan hari Kiamat dengan azab yang segera. Selanjutnya, Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan salah satu contohnya yang terjadi dan dapat disaksikan di dunia, yaitu azab yang Allah timpakan kepada umat-umat yang melampaui batas.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Haqqah Ayat 3

1- 3. Pada surah sebelumnya disinggung sekilas tentang hari kiamat, pada awal surah ini dimulai dengan kata al-h'qqah yang secara kebahasaan berarti yang pasti kehadirannya yaitu hari kiamat, apakah hari kiamat yang sungguh dahsyat itu' dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu'4-5. Telah banyak generasi di masa lalu yang mengingkari hari kiamat. Kelompok ayat ini mengungkap sekelumit tentang kaum yang mengingkari hari kiamat dan sanksi yang mereka terima. Kaum samud, dan 'ad telah mendustakan hari kiamat. Maka adapun kaum samud, mereka telah dibinasakan dengan suara yang sangat keras yaitu suara guntur yang menggelegar bercampur dengan kilat, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjabaran dari beragam mufassirun terkait kandungan dan arti surat Al-Haqqah ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dikunjungi

Ada ratusan materi yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Insyirah 6, An-Nisa 146, An-Nisa 29, Ali ‘Imran 110, Al-Baqarah 152, Al-Ahzab 56. Ada pula Thaha, Al-Anfal, An-Nur 26, Al-Jumu’ah 10, Al-Jatsiyah, Al-Baqarah 168.

  1. Al-Insyirah 6
  2. An-Nisa 146
  3. An-Nisa 29
  4. Ali ‘Imran 110
  5. Al-Baqarah 152
  6. Al-Ahzab 56
  7. Thaha
  8. Al-Anfal
  9. An-Nur 26
  10. Al-Jumu’ah 10
  11. Al-Jatsiyah
  12. Al-Baqarah 168

Pencarian: surah al baqarah dan latinnya, surah al hasyr ayat 9, surah al kahfi arab dan latin, wasariu ila magfirotim mirrobbikum ayat diatas berisi tentang perintah, surat al a'raf beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: