Surat Al-Haqqah Ayat 26

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ

Arab-Latin: Wa lam adri mā ḥisābiyah

Artinya: Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku.

« Al-Haqqah 25Al-Haqqah 27 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Surat Al-Haqqah Ayat 26

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Haqqah Ayat 26 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Tersedia beraneka penafsiran dari beragam ulama terhadap makna surat Al-Haqqah ayat 26, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-29. Adapun orang yang diberi kitab catatan amalnya dengan tangan kirinya, dia berkata dengan penuh kesedihan dan penyesalan, “Celaka diriku, seandainya aku tidak diberi kitabku,seandainya aku tidak tahu balasanku. Seandainya kematian yang aku alami di dunia adalah akhir segala urusanku dan aku tidak dibangkitkan sesudahnya. Harta yang aku kumpulkan di dunia tidak berguna bagiku, alasanku lenyap menghilang dan aku tidak punya alasan apa pun.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. Seandainya saja aku tidak mengetahui bagaimana hisab terhadap diriku.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ (Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku)
Yakni aku tidak tau apa yang akan aku dapatkan, sebab semua isinya memberatkanku.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. Aku tidak mengetahui apapun tentang hisabku


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan aku tidak mengetahui bagaimana perhitunganku} apa balasanku


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25-29. Mereka adalah orang-orang yang celaka. Catatan amal mereka yang mencakup amalan-amalan buruk diterima dengan tangan kiri sebagai tanda yang membedakan mereka dengan yang lain dan sebagai tanda kehinaan,aib, dan dipermalukan. Salah satu dari mereka berkata dengan bersedih dan berduka, “Aduhai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini),” karena ia diberi kabar gembira akan masuk neraka dan kerugian abadi, “dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku,” alangkah baiknya aku terlupakan dan tidak dibangkitkan serta amalku tidak diperhitungkan. Karena itu ia berkata, “Aduhai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu,” maksudnya, alangkah baiknya (jika) kematianku itu adalah kematian yang tidak lagi dibangkitkan.
Kemudian ia menengok harta dan kekuasaannya. Itulah yang mengundang bencana baginya dan sama sekali tidak membawa guna untuk hari akhirnya andai dijadikan tebusan dari siksaan. Ia berkata, “Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku.” Maksudnya, tidak berguna bagiku, tidak di dunia karena tidak aku gunakan untuk amal baik sama sekali dan tidak pula di akhirat. Waktu memanfaatkan harta telah habis. “Telah hilang kekuasaan dariku,” yakni lenyap dan sirna. Bala tentara tidak lagi berguna,tidak pula banyaknya segala sesuatu, tidak jumlah maupun persiapan dan tidak pula wibawa. Semua itu lenyap bagai diterbangkan angin. Karenanya, pedagang kehilangan laba. Yang datang adalah penggantinya berupa kesedihan dan duka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Haqqah ayat 26: 25-29. Kemudian Allah mengabarkan barangsiapa yang diberikan kitab dengan tangan kiri (dan) jika ia melihat amalan buruknya, maka ia berkata : Seandainya aku tidak diberikan kitabku, sebab ini bukti bahwasanya aku berhak untuk diadzab dan dimasukkan neraka. Ia melanjutkan perkataannya : Seandainya aku tidak tahu sesuatupun dari hisabku, dan tidak tahu apa balasanku, dan seandainya kematian di dunia adalah kematian terakhir dan kematian yang tak akan pernah dibangkitkan kembali. Kemudian ia berkata dengan penyesalan : Apa yang dapat aku gunakan dari hartaku, yang telah aku kumpulkan di dunia ? Sungguh ia tak bermanfaat bagiku, dan tak dapat menjagaku dari suatu adzab Allah. Sungguh aku telah tersungkur di hadapannya (harta), sedangkan ia pergi tanpa mampu memenuhi keinginanku, hartaku tak bermanfaat bagiku pada hari ini, tak ada kekuasaan, tak ada kedudukan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni alangkah baiknya aku menjadi sesuatu yang dilupakan, tidak dibangkitkan dan tidak dihisab.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Haqqah Ayat 26

25-26. Setelah uraian tentang balasan yang diterima oleh orang-orang yang taat kini giliran diuraikan keadaan orang-orang yang durhaka. Dan adapun orang yang kitabnya diberikan di tangan kirinya, maka dia berkata dengan penuh kesedihan dan penyesalan, 'alangkah baiknya jika kitab catatan amalku ini tidak diberikan kepadaku. Sehingga aku tidak mengetahui bagaimana perhitungan terhadap diriku. 27-29. Wahai, kiranya kematian yang telah kualami di dunia itulah yang menyudahi segala sesuatu yaitu yang mengakhiri hidupku sehingga tidak perlu mengalami kehidupan seperti ini di akhirat. Ternyata hartaku yang dengan susah payah kukumpulkan sama sekali tidak berguna bagiku. Demikian juga dengan kekuasaanku yang dahulu kubanggakan di dunia kini telah hilang dariku. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penafsiran dari banyak mufassirin mengenai kandungan dan arti surat Al-Haqqah ayat 26 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita semua. Dukunglah syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dibaca

Ada banyak konten yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 152, An-Nisa 146, An-Nisa 29, Al-Insyirah 6, Al-Ahzab 56, Al-Baqarah 168. Serta Thaha, Al-Jumu’ah 10, Al-Anfal, An-Nur 26, Ali ‘Imran 110, Al-Jatsiyah.

  1. Al-Baqarah 152
  2. An-Nisa 146
  3. An-Nisa 29
  4. Al-Insyirah 6
  5. Al-Ahzab 56
  6. Al-Baqarah 168
  7. Thaha
  8. Al-Jumu’ah 10
  9. Al-Anfal
  10. An-Nur 26
  11. Ali ‘Imran 110
  12. Al-Jatsiyah

Pencarian: fidinillahi artinya, surah al kahfi ayat 47, ayat yusuf 31, al araf 7, surah al-baqarah ayat 61

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: