Surat Ali ‘Imran Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَخْفَىٰ عَلَيْهِ شَىْءٌ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَا فِى ٱلسَّمَآءِ

Arab-Latin: Innallāha lā yakhfā 'alaihi syai`un fil-arḍi wa lā fis-samā`

Artinya: Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak (pula) di langit.

« Ali 'Imran 4Ali 'Imran 6 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Berkaitan Dengan Surat Ali ‘Imran Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Ali ‘Imran Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Ditemukan sekumpulan penafsiran dari banyak mufassir terkait kandungan surat Ali ‘Imran ayat 5, antara lain seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya Allah itu pengetahuannya meliputi seluruh makhlukNYA, tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagiNYA, baik di bumi maupun di langit, sedikit ataupun banyak.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5-6. Allah Maha Mengetahui segalanya, baik itu yang nampak maupun yang tersembunyi, yang di bumi maupun yang di langit. Hanya Dialah yang menciptakan kalian dalam rahim sesuai kehendak-Nya, baik itu menjadikan kalian laki-laki atau perempuan, bahagia maupun sengsara. Tidak ada Tuhan yang hak selain-Nya, Dia Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Sesungguhnya tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik di bumi maupun di langit. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu, baik lahir maupun batin.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Sesungguhnya tidak ada yang luput dari Allah baik sesuatu yang kecil atau yang besar, yang tampak atau yang tersembunyi di bumi dan langit.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5-6. Dan di antara kesempurnaan pengurusan-Nya terhadap hamba-hamba-Nya bahwa ilmuNya meliputi seluruh makhluk, ”bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit, ” hingga apa yang ada di dalam perut wanita-wanita hamil Allah-lah ”yang membentuk kamu dalam Rahim sebagaimana kehendaknya, ’ berupa laki-laki, wanita, bentuk yang sempurna, bentuk yang cacat, yang selalu berganti tahapan pembentukanya dan keindahan hikmahnya. Oleh karena Dia-lah Dzat yang seperti ini terhadap hamba-hambanya dan perhatiannya yang besar terhadap kondisi mereka dari pemulaan dia sekutu baginya dalam semua itu, maka menjadi jelaslah tidak ada yang diibadahi kecuali dia, ”tidak ada tuhan yang berhak di sembah melainkan dia yang maha perkasa, ”yang menguasai segala makhluk dengan kekuatanya, dan perkasa dari sipat kekurangan atau dari sipat tercela, ”lagi maha bijaksana, ” dalam penciptaan dan syari’atNya,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 5-6
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia mengetahui yang ghaib di langit dan di bumi; tidak ada apapun yang tersembunyi dariNya. (Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya) yaitu Dia menciptakan kalian dalam rahim sesuai kehendakNya baik laki-laki dan perempuan, yang baik dan yang buruk, yang menderita dan bahagia. (Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana) yaitu Dialah Dzat yang menciptakan, Dialah yang berhak atas keilahian, hanya Dia semata, tidak ada sekutu bagiNya. MilikNyalah keperkasaan yang tak tertandingi, hikmah serta hukum.
Ayat ini menunjukkan dengan tegas bahwa nabi Isa putera Maryam, adalah seorang hamba ciptaan Allah, sebagaimana Allah menciptakan seluruh manusia, karena Allah menciptakannya dalam rahim dan membentuknya sesuai dengan kehendakNya. Bagaimana mungkin dia bisa menjadi tuhan, seperti yang diklaim oleh orang-orang Nasrani (bagi mereka itu laknat Allah) sedangkan nabi Isa sendiri dalam rahim mengalami perubahan dari satu keadaan kepada keadaan lain? Sebagaimana Allah berfirman: (Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?) (Surah Az-Zumar: 6)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ali ‘Imran ayat 5: Sesungguhnya Allah itu, tidak tersembunyi atas-Nya sesuatu apapun (tidak) di bumi dan tidak di langit.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Disebutkan hanya bumi dan langit, karena penglihatan manusia tidak dapat melebihinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ali ‘Imran Ayat 5

Dia mengurus semua makhluk-Nya, maka bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi, baik makhluk yang berada di bumi dan yang di langit, baik kecil maupun besar. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu. Hanya dialah yang membentuk kamu dalam rahim ibumu menurut yang dia kehendaki; laki-laki atau perempuan, baik atau buruk, bahagia atau sengsara. Tidak ada tuhan yang pantas disembah selain dia, yang mahaperkasa dan tidak terkalahkan, mahabijaksana dalam menetapkan dan mengelola segala sesuatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penjelasan dari para ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat Ali ‘Imran ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Dukung perjuangan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dibaca

Terdapat banyak materi yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Bismillah, Yusuf, Al-Kahfi 1-10, Al-‘Ashr, An-Nashr, An-Naziat. Juga An-Nisa 59, Al-Qari’ah, Az-Zumar 53, Al-Ma’idah 3, Quraisy, Al-Lahab.

  1. Bismillah
  2. Yusuf
  3. Al-Kahfi 1-10
  4. Al-‘Ashr
  5. An-Nashr
  6. An-Naziat
  7. An-Nisa 59
  8. Al-Qari’ah
  9. Az-Zumar 53
  10. Al-Ma’idah 3
  11. Quraisy
  12. Al-Lahab

Pencarian: alif lam mim zalikal kitabu la raiba, al baqarah 133, al luqman 13 14, idgham menurut bahasa artinya, surat almaidah ayat 32

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: