Surat Nuh Ayat 19

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ بِسَاطًا

Arab-Latin: Wallāhu ja'ala lakumul-arḍa bisāṭā

Artinya: Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan,

« Nuh 18Nuh 20 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Nuh Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Nuh Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan mendalam dari ayat ini. Tersedia berbagai penafsiran dari berbagai mufassirun berkaitan kandungan surat Nuh ayat 19, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17-20. Allah menciptakan bapak kalian dari tanah, kemudian mengembalikan kalian ke tanah saat kalian mati, dan mengeluarkan kalian darinya pada hari kebangkitan secara pasti. Allah menjadikan bumi bagi kalian terbentang seperti tikar agar kalian dapat menelusuri jalan-jalan yang lapang padanya’.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

19-20. Nabi Nuh menarik perhatian kaumnya kepada salah satu tanda kekuasaan Allah yang jelas dan ada di dekat mereka, yaitu bumi yang menjadi tempat kita hidup, ia terbentang luas bagi manusia agar mereka dapat berjalan di berbagai penjurunya untuk memenuhi kebutuhan dan penghidupan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Dan Allah menjadikan bumi terbentang untuk kalian, siap untuk dihuni.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Allah menjadikan bumi membentang luas agar kalian dapat menempatinya dan beradaptasi di dalamnya dengan melakukan pergerakan di tanah yang membentang itu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah menjadikan bumi untuk kalian sebagai hamparan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19-20. “Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan,” yakni, terbentang dan siap untuk dimanfaatkan, “supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di bumi itu,” andai Allah tidak membentangkannya, niscaya tidak dapat dimanfaatkan, bahkan tidak mungkin bisa ditanami, didirikan bangunan dan ditempati di atasnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Nuh ayat 19: 17-20. Berkata Nuh : Ketahuilah oleh kalian, bahwa Allah lah yang mencipatakan dan menjadikan bapak moyang kalian Adam dari tanah. Kemudian Allah kembalikan kalian menjadi tanah ketika kalian semua mati dan kalian dikuburkan di dalam bumi, kemudian Allah keluarkan kami darinya pada kalia yang lain di hari kebangkitan sebagai balasan atas amalan-amalan kalian. Ketahuilah bahwa hanya Allah saja yang menghamparkan bumi dan meluaskannya dan sebagia tempat tinggal kalian yang kondisi (di atasnya) menjadikan bermanfaat bagi kalian; Agar supaya kalian bisa menyusuri, berjalan mengelilingi (bumi) yang luas, dan ini tidak menafikan bahwasanya bumi itu bulat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni terhampar dan siap untuk dimanfaatkan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Nuh Ayat 19

19-20. Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, supaya kamu dapat menetap di sana dengan nyaman, dan agar kamu dapat pergi kian kemari di jalan-jalan yang luas, sehingga dapat memenuhi kebutuhanmu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari beragam ulama mengenai isi dan arti surat Nuh ayat 19 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita. Bantu perjuangan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikunjungi

Telaah ratusan materi yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: An-Nisa 1, An-Nur, Az-Zalzalah 7, Al-Baqarah 165, Al-‘Ankabut 45, Ali ‘Imran 185. Ada juga Al-Mukminun 1-11, Al-‘Ashr 2, Al-Ahzab 59, An-Nur 31, Al-Anbiya, Al-Isra 24.

  1. An-Nisa 1
  2. An-Nur
  3. Az-Zalzalah 7
  4. Al-Baqarah 165
  5. Al-‘Ankabut 45
  6. Ali ‘Imran 185
  7. Al-Mukminun 1-11
  8. Al-‘Ashr 2
  9. Al-Ahzab 59
  10. An-Nur 31
  11. Al-Anbiya
  12. Al-Isra 24

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: