Surat Al-Muzzammil Ayat 6

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุฅูู†ู‘ูŽ ู†ูŽุงุดูุฆูŽุฉูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ู‡ูู‰ูŽ ุฃูŽุดูŽุฏู‘ู ูˆูŽุทู’ู€ู”ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู…ู ู‚ููŠู„ู‹ุง

Arab-Latin: Inna nฤsyi`atal-laili hiya asyaddu waแนญ`aw wa aqwamu qฤซlฤ

Artinya: Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.

ยซ Al-Muzzammil 5 โœต Al-Muzzammil 7 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Mengenai Surat Al-Muzzammil Ayat 6

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muzzammil Ayat 6 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran menarik dari ayat ini. Terdapat bermacam penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan kandungan surat Al-Muzzammil ayat 6, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

6. Sesungguhnya ibadah yang dilakukan di tengah malam lebih berefek terhadap hati dan lebih jelas bacaannya, karena kosongnya hati dari kesibukan dunia.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

6. Sungguh waktu malam lebih sesuai untuk menjalankan ketaatan dan ibadah, lebih mudah untuk meraih kekhusyuโ€™an, lebih jauh dari sifat riyaโ€™, dan lebih mendatangkan keberkahan dan pahala, karena waktu malam memiliki ketenangan, dan jauh dari kesibukan, serta hati lebih condong kepada Allah; meski juga berat bagi jiwa untuk meninggalkan tempat tidur dan bangkit dari tidur.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

6. Sesungguhnya waktu-waktu malam itu lebih menyentuh hati (khusyuk) dengan bacaan dan lebih tepat pengucapannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

6. ุฅูู†ูŽู‘ ู†ูŽุงุดูุฆูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู (Sesungguhnya bangun di waktu malam)
Disebut shalat malam itu dengan tahajjud jika dilaksanakan setelah bangun tidur.

ู‡ูู‰ูŽ ุฃูŽุดูŽุฏูู‘ ูˆูŽุทู’ู€ู‹ู”ุง(lebih tepat (untuk khusyuโ€™))
Yakni lebih berat untuk dilakukan daripada shalat di siang hari, sebab malam hari adalah waktu tidur.

ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู…ู ู‚ููŠู„ู‹ุง(dan bacaan di waktu itu lebih berkesan)
Yakni bacaannya lebih merasuk, lebih mudah diingat dan lebih mudah untuk khusyuโ€™ sebab ketika itu keadaan sangat sunyi dan tenang.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). Pengajaran Jibril kepada Nabi dilakukan pada malam hari, hal ini menandakan perlunya banyak membaca Al-Qir'an pada malam Ramadhan; karena pada malam hari kesibukan berkurang, dan terkumpulnya niat yang kuat, hati dan lisan berkolaborasi dalam perenungan, sebagaiman firman Allah ta'ala: { ุฅูู†ู‘ูŽ ู†ูŽุงุดูุฆูŽุฉูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ู‡ูู‰ูŽ ุฃูŽุดูŽุฏู‘ู ูˆูŽุทู’ู€ู”ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู…ู ู‚ููŠู„ู‹ุง } "Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan".

2). Sholat malam lebih membantu dalam menguatkan hafalan Al-Qur'an dan menghindari kelupaan, banyak membantu dalam perenungan, oleh karena itu Allah ta'ala berfirman: { ุฅูู†ู‘ูŽ ู†ูŽุงุดูุฆูŽุฉูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ู‡ูู‰ูŽ ุฃูŽุดูŽุฏู‘ู ูˆูŽุทู’ู€ู”ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู…ู ู‚ููŠู„ู‹ุง } "Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan" Ibnu Abbas berkata: { ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู…ู ู‚ููŠู„ู‹ุง } "dan bacaan di waktu itu lebih berkesan" Minimal mereka bisa memahami isi Al-Qurโ€™an, Qotada berkata: lebih menjaga bacaan.

3). Pada awal surat Al-Muzzammil, Allah memerintahkan Nabi-Nya untuk membacakan Al-Qurโ€™an dengan tartil pada saat mendirikan salat malam, dan merupakan ajakan untuk merenungi Al-Qurโ€™an, bukan rahasia lagi bahwa pengaruh besar dari bacaan tartil dalam mendorong perenungan terbukti, khususnya pada malam hari yang gelap, adanya ketenangan, dan kehadiran hati.

4). Ramadhan dengan penampakannya yang penuh berkah merupakan kesempatan sekaligus anugerah bagi seorang muslim untuk menyucikan dirinya di siang hari. Untuk mempersiapkannya menerima anugerah Al-Qur'an pada qiyamullail: { ุฅูู†ู‘ูŽ ู†ูŽุงุดูุฆูŽุฉูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ู‡ูู‰ูŽ ุฃูŽุดูŽุฏู‘ู ูˆูŽุทู’ู€ู”ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู…ู ู‚ููŠู„ู‹ุง } "Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan" waktu malam memberikan ketenangan hati ketika membaca Al-Qur'an, seolah-olah puasa di siang hari adalah pembersihannya, dan membaca Al-Qur'an di malam hari penghiasnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. Sesungguhnya ibadah malam hari itu lebih bisa menyentuh jiwa dari pada ibadah pada siang hari. Juga lebih bisa menggerakkan hati, karena suasana tenang akan membantu untuk menghayati makna


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya bangun malam itu} waktu malam itu {lebih kuat dalam memberi ketenangan (hati)} lebih bisa selaras dengan hati {dan lebih mantap ucapannya} lebih benar bacaannya untuk menenangkan orang dan mengheningkan suara


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

6. Kemudian Allah menyebutkan hikmah dalam perintah qiyamul lail seraya berfirman, โ€œSesungguhnya bangun di waktu malam,โ€ yakni, shalat pada waktu malam setelah tidur, โ€œadalah lebih tepat (untuk khusyuโ€™) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan,โ€ yakni, lebih dekat mencapai maksud al-Quran sehingga sesuai dengan hati dan lisan, beban menjadi ringan, apa yang diucapkan bisa dipahami, dan urusannya menjadi lurus.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muzzammil ayat 6: 6-7. Ketahuilah wahai Nabi Allah, bahwa shalat yang engkau bangun di malam hari setelah tidurmu menjadikanmu berkesan di dalam hati, dan lebih mendekatkan akan maksud Al Qurโ€™an; Karena hati lebih jernih dari kesibukan keduniaan. Adapun di waktu siang maka engkau sibuk dengan urusan kehidupanmu, sibuk dengan mencari rezeki dan menyampaikan dakwah seingga membuatmu tidak sanggup untuk menyempatkan untuk ibadah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan hikmah diperintahkan melakukan qiyamullail.

Setelah tidur.

Yakni lebih dekat untuk mencapai maksud Al Qurโ€™an. Ketika itu, lisan dan hati sejalan, kesibukan berkurang, ia dapat memahami apa yang dia ucapkan dan urusannya sedang fokus. Berbeda dengan di siang hari, maka hal itu tidak dapat tercapai.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muzzammil Ayat 6

Diperintahkannya ibadah di waktu malam adalah mengandung hikmah yang sangat besar di antaranya seperti yang disebut pada ayat ini. Sungguh, bangun untuk beribadah di waktu malam itu lebih kuat mengisi jiwa. Dan bacaan di waktu itu lebih berkesan serta lebih mudah untuk dipahami dan dihayati. 7. Sebaliknya, sesungguhnya pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan-urusan yang panjang dan melelahkan. Karena itu bangunlah di malam hari agar pekerjaanmu di siang hari yang banyak itu dapat sukses dengan pertolongan Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjelasan dari para ulama berkaitan isi dan arti surat Al-Muzzammil ayat 6 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita bersama. Sokong usaha kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dikunjungi

Tersedia ratusan topik yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: An-Nur, Al-Anbiya, Al-Ahzab 59, An-Nur 31, Al-Baqarah 165, An-Nisa 1. Termasuk Al-‘Ankabut 45, Al-Isra 24, Az-Zalzalah 7, Al-‘Ashr 2, Ali ‘Imran 185, Al-Mukminun 1-11.

  1. An-Nur
  2. Al-Anbiya
  3. Al-Ahzab 59
  4. An-Nur 31
  5. Al-Baqarah 165
  6. An-Nisa 1
  7. Al-‘Ankabut 45
  8. Al-Isra 24
  9. Az-Zalzalah 7
  10. Al-‘Ashr 2
  11. Ali ‘Imran 185
  12. Al-Mukminun 1-11

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: