Daftar Isi > Al-Muddatstsir > Al-Muddatstsir 8

Surat Al-Muddatstsir Ayat 8

فَإِذَا نُقِرَ فِى ٱلنَّاقُورِ

Arab-Latin: Fa iżā nuqira fin-nāqụr

Artinya: Apabila ditiup sangkakala,

« Al-Muddatstsir 7Al-Muddatstsir 9 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Muddatstsir Ayat 8

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muddatstsir Ayat 8 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Ada aneka ragam penjabaran dari para pakar tafsir berkaitan isi surat Al-Muddatstsir ayat 8, di antaranya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-10. Ketika sangkakala telah ditiup dengan tiupan kebangkitan, hari itu adalah waktu yang sulit bagi orang-orang kafir, tidak mudah bagi mereka untuk menghadapi perhitungan amal dan kengerian lainnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

8. Dan jika sangkakala telah ditiup kedua kalinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

8-10. Dan jika sangkakala telah ditiup sebagai tiupan tanda kebangkitan, maka seluruh makhluk akan bangkit dan keluar dari kubur mereka. Itu akan menjadi hari yang berat bagi orang-orang kafir yang tidak menerima seruan Allah ketika di dunia. Sedangkan bagi orang-orang beriman, itu akan menjadi hari yang mudah untuk dilalui.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8. فَإِذَا نُقِرَ فِى النَّاقُورِ (Apabila ditiup sangkakala)
Yang dimaksud adalah tiupan sangkakala. Seakan-akan Allah berfirman: bersabarlah atas gangguan mereka, sebab di hadapan mereka terdapat hari yang mengerikan yang akan mempertemukan mereka dengan akibat dari perbuatan mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

8. Apabila sangkakala telah ditiup, yaitu tiupan sangkakala yang kedua dimana pada waktu itu semua dibangkitkan dari kubur


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apabila sangkakala ditiup} Sangkakala ditiup untuk membangkitkan


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-10. Yaitu bila sangkakala ditiup untuk bangkit dari kubur, semua manusia dikumpulkan untuk dibangkitkan, “maka waktu itu adalah waktu (datangnya) hari yang sulit,” karena banyaknya huru hara dan kedahsyatannya, “bagi orang-orang kafir lagi tidak mudah,” karena mereka telah putus asa dari berbagai kebaikan dan yakin akan binasa. Kontekstualnya, hari itu mudah bagi orang-orang yang beriman sebagaimana yang difirmankan Allah, “Orang-orang kafir berkata, ‘Ini adalah hari yang sulit’.”


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muddatstsir ayat 8: 8-10. Allah menyebutkan dari sisi hari kiamat, Allah berkata : Maka jika telah ditiup wahai Nabi Allah, yaitu ditiupnya sangkakala, yaitu tiupan kebangkitan, maka ia termasuk tiupan yang kedua, dimana setelahnya akan ada pembalasan dan hisab. Ketahuilah, pada hari itu akan menjadi hari yang sulit bagi orang-orang kafir dan para pengingkar agama Allah, tidaklah mudah bagi mereka dan apa yang setelahnya, dan sebagian dari rahmat Allah kepada hambanya yang beriman, Allah berkata : عَلَى ٱلْكَـٰفِرِينَ غَيْرُ يَسِيرٍۢ, artinya : Bagi orang-orang kafir tidaklah mudah; Pada ayat ini terdapat kelembutan dan keramahan dengan sebab kondisi hari kiamat akan dimudahkan bagi orang-orang beriman.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu tiupan yang kedua; tiupan dimana manusia bangkit dari kuburnya dan dikumpulkan di padang mahsyar.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muddatstsir Ayat 8

8-10. Kesulitan dalam dakwah tidaklah seberapa, akan ada saat yang lebih sulit lagi, maka apabila sangkakala ditiup yaitu hari kiamat telah tiba, maka itulah hari yang serba sulit, bagi siapa saja. Terlebih bagi orang-orang kafir yaitu yang keras kepala mengingkari kebenaran, pada hari itu tidak mudah, keadaannya akan diliputi kesulitan yang dahsyat


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian pelbagai penjelasan dari berbagai mufassirin berkaitan makna dan arti surat Al-Muddatstsir ayat 8 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita bersama. Sokong syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: