Daftar Isi > Al-Muddatstsir > Al-Muddatstsir 49

Surat Al-Muddatstsir Ayat 49

فَمَا لَهُمْ عَنِ ٱلتَّذْكِرَةِ مُعْرِضِينَ

Arab-Latin: Fa mā lahum 'anit-tażkirati mu'riḍīn

Artinya: Maka mengapa mereka (orang-orang kafir) berpaling dari peringatan (Allah)?,

« Al-Muddatstsir 48Al-Muddatstsir 50 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Muddatstsir Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muddatstsir Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan beragam penjelasan dari berbagai ulama tafsir terkait makna surat Al-Muddatstsir ayat 49, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

49-51. Mengapa orang-orang musyrik itu berpaling dari al-Quran yang berisi nasihat-nasihat? Mereka seperti keledai liar yang memberontak dan berlari dari singa buas.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

49. Apa yang menjadi penyebab orang-orang musyrik itu berpaling dari Al-Qur`ān?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

49-51. Dan hal yang mengherankan adalah mereka menjauh dan berpaling dari al-Qur’an; padahal ketika di dunia mereka telah diajak untuk beriman kepadanya, namun mereka sangat menolak, seperti keledai-keledai liar yang lari ketika melihat singa yang datang untuk memangsanya sehingga mereka berlari ke segala arah tanpa tujuan selain menyelamatkan diri.

Dan keberpalingan orang-orang musyrik itu dari kebenaran merupakan hal yang mengherankan, karena sesungguhnya mereka diajak menuju hidayah dan petunjuk, bukan kepada kebinasaan dan kesesatan; namun anggapan salah yang ada dalam diri mereka dan kekafiran yang melekat di dalam hati mereka telah menjadikan mereka berpaling seperti itu.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. فَمَا لَهُمْ عَنِ التَّذْكِرَةِ مُعْرِضِينَ (Maka mengapa mereka (orang-orang kafir) berpaling dari peringatan (Allah)?
Yakni apa yang terjadi pada mereka sehingga mereka berpaling dari al-Qur’an yang mengandung peringatan besar dan pelajaran yang agung.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48-49. Maka setelah itu, tidak ada yang dapat memberi pertolongan kepada mereka, sekalipun malaikat, nabi ataupun orang shaleh. Bukankah mereka adalah orang-orang yang menolak dan membangkan terhadap petunjuk dan peringatan Al-quran?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Lalu mengapa mereka berpaling dari peringatan } Al-Qur'an


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49-53. Saat Allah menjelaskan akibat orang-orang yang menentang dan menjelaskan apa yang Allah lakukan pada mereka, Allah melanjutkannya dengan celaan terhadap orang-orang yang ada seraya berfirman, “Maka mengapa mereka (orang-orang kafir) berpaling dari peringatan (Allah),” menghalangi dan melalaikannya, “seakan-akan mereka itu,” karena amat kencangnya lari dari kebenaran “keledai liar yang lari terkejut,” yakni keledai liar lari, yang masing-masing membuat lari yang lain sehingga lari mereka semakin kencang, “lari dari singa,” yakni dari pemburu, pemanah yang menginginkannya atau dari singa dan lainnya. Ini adalah cara berpaling dari kebenaran yang paling dahsyat. Di samping lari dan berpaling seperti ini, mereka mengklaim beberapa hal besar, “masing-masing” dari mereka “berkehendak supaya diberikan kepadanya lembaran-lembaran yang terbuka,” turun dari langit padanya dan mengklaim bahwa tidak akan ada yang tunduk kepada kebenaran kecuali dengan lembaran-lembaran itu. Mereka berdusta. Andai pun seluruh tanda-tanda kebesaran Allah tiba, niscaya mereka tidak akan beriman hingga mereka mendapatkan siksaan yang pedih. Sebab mereka telah kedatangan tanda-tanda kebesaran Allah yang jelas yang menjelaskan kebenaran. Andai pada diri mereka terdapat kebaikan, pasti mereka beriman, karena itu Allah berfirman, “Sekali-kali tidak,” yakni Kami tidak memberi apa yang mereka inginkan, mereka hanya ingin memperlemah dengan permintaan itu, “bahkan sebenarnya mereka tidak takut kepada negeri akhirat,” sebab andai mereka takut pada Hari Akhirat, tentu apa yang menimpa mereka tidak berlaku.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muddatstsir ayat 49: 49-51. Allah berkata dengan takjub akan kegigihannya di atas kekafiran mereka : Kenapa kalian berpaling dari Al Qur’an wahai orang-orang musyrik dan yang terkandung di dalamnya dari nasihat-nasihat dan peringatan yang terpapar (jelas). Kemudian Allah menjelaskan sifat keras kepalanya mereka dan kekafiran mereka atas kebenaran, serta berpalingnya mereka dari Muhammad ﷺ dan agamanya, mereka mirip dengan keledai yang terkejut ketika melihat singa, ia lari dan ketakutan. Dan qaswaroh adalah nama di antara nama-nama singa.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menerangkan tentang tempat kembali orang-orang yang menyimpang dan menakut-nakuti manusia dengan tindakan-Nya terhadap mereka yang menyimpang, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyambung dengan celaan kepada mereka yang masih hidup yang belum mendapatkan seperti yang mereka dapatkan.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muddatstsir Ayat 49

49-51. Konsekuensi yang akan dialami di akhirat sudah mereka ketahui, maka ayat ini mengecam para pendurhaka tersebut. Lalu mengapa mereka orang-orang kafir, berpaling dari peringatan Allah yakni Al-Qur'an dan juga tuntunan yang disampaikan rasulullah, seakan-akan mereka keledai liar yang lari terkejut, lari dari singa


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah sekumpulan penjabaran dari kalangan ahli tafsir terkait makna dan arti surat Al-Muddatstsir ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: