Surat Al-Qiyamah Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

Arab-Latin: Ilā rabbihā nāẓirah

Artinya: Kepada Tuhannyalah mereka melihat.

« Al-Qiyamah 22Al-Qiyamah 24 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Qiyamah Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qiyamah Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir mendalam dari ayat ini. Ditemukan variasi penafsiran dari beragam ulama tafsir terhadap makna surat Al-Qiyamah ayat 23, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22-23. Wajah orang-orang yang berbahagia pada Hari Kiamat akan berbinar, bersuka cita dan bergembira, wajah-wajah itu akan melihat Penciptanya dan pemegang urusannya, maka wajah-wajah itu mendapatkan kenikmatan karenanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Melihat kepada Rabb mereka, menikmati pemandangan itu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ (Kepada Tuhannyalah mereka melihat)
Yakni melihat Allah. Dan telah banyak hadits yang sampai pada derajat mutawatir yang menyatakan bahwa orang-orang shalih akan melihat Tuhan mereka pada hari kiamat, sebagaimana ketika mereka melihat bulan purnama.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). Ibnu Aqil berkata: Kamu mendengar: { وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ } "Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri" dan kamu akan bergembira karenanya seolah-olah ayat ini diturunkan kepadamu, dan kamu dengarkan ayat setelahnya: { وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍۭ بَاسِرَةٌ } "Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram" maka kamu merasa tenang karena ayat ini ditujukan kepada selainmu, buktinya dimana? Dari mana datangnya keserakahan? Allah.. Allah.. Ini tak lain hanyalah tipuan yang menghalangimu dari ketakwaan.

2). Jiwa manusia menikmati sekilas keindahan ciptaan Ilahi di alam semesta atau dirinya, lalu bagaimana ia ketika dia melihat –bukan pada keindahan ciptaan Allah– tetapi pada keindahan dzatnya Allah ﷻ?

3). Sesungguhnya pada hari akhir nanti akan ada suatu tempat yang penuh dengan sinar dan cahaya, suatu tempat yang telah diusahakan oleh para nabi dan orang-orang shaleh! sangat didambakan oleh orang-orang yang taat dari zaman pertama dan terakhir! sesungguhnya itu adalah melihat dzat wujudnya Allah ﷻ.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Mereka mendapat nikmat paling agung untuk melihat Dzat Tuhannya langsung tanpa penghalang apapun. Banyak riwayat hadis sahih yang meriwayatkan tentang nikmat ini


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(karena) memandang Tuhannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

22-23. Kemudian Allah menyebutkan apa-apa yang menumbuhkan semangat untuk lebih mementingkan akhirat dan menjelaskan kondisi penghuninya serta tingkatan-tingkatan mereka. Allah berfirman tentang balasan orang-orang yang lebih mementingkan akhirat daripada dunia, “wajah-wajah (orang-orang Mukmin) pada hari itu berseri-seri,” yakni berseri, cerah dan bercahaya, karena dalam diri mereka terdapat kenikmatan hati, kebahagiaan jiwa, serta kenikmatan ruhani. “Kepada Rabbnyalah mereka melihat,” yakni mereka memandang Rabb mereka berdasarkan tingkatan mereka. Ada di antara mereka yang memandang setiap hari, di pagi dan di sore hari. Ada di antara mereka yang memandang pada hari Jumat saja, mereka bersenang-senang dengan melihat Wajah Allah Yang Mahamulia dan keindahanNya yang jelas yang tidak ada sesuatu pun menyerupaiNya. Ketika para penghuni surga melihatNya, mereka lupa akan kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Wajah-wajah mereka kian berseri dan indah. Kita memohon kepada Allah agar menjadikan kita bersama mereka.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qiyamah ayat 23: 22-23. Allah mengabarkan bahwa wajah orang-orang yang gembira pada hari kiamat berseri-seri, mereka melihat kepada Tuhan mereka dengan mata kepala mereka tanpa penghalang, dengan pandangan senang dan suka-cita, inilah sebesar-besar nikmat yang Allah berikan kenikmatan ini kepada penghuni surga pada hari kiamat. Kami memohon kepada Allah Al Karim dari karunia-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mereka merasakan nikmat melihat Allah yang tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya. Ketika mereka melihatnya, maka mereka lupa terhadap semua kenikmatan dan mereka mendapatkan kenikmatan dan kegembiraan yang tidak dapat diungkapkan oleh lisan, wajah mereka pun semakin berseri dan bertambah indah, maka kita meminta kepada Allah Yang Mahamulia agar Dia menjadikan kita bersama mereka, Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qiyamah Ayat 23

22-23. Setelah mengecam orang yang durhaka, ayat ini menjelaskan tentang keadaan manusia di akhirat sesuai dengan amalnya ketika di dunia. Wajah-wajah orang mukmin pada hari itu di akhirat berseri-seri karena rasa bahagia yang ada padanya ketika memandang tuhannya. 24-25. Dan ada juga wajah-wajah orang kafir pada hari itu muram karena mereka lengah terhadap akhirat. Mereka merasa yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang sangat dahsyat. Dimana mereka tidak dapat mengelak sama sekali.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjelasan dari para ahli tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Qiyamah ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita. Sokong syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Sering Dikunjungi

Kaji banyak konten yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Falaq, Al-A’la, Do’a Setelah Adzan, An-Naba, Seribu Dinar, Yusuf 28. Serta Al-Hujurat 13, Al-Fatihah, Al-Kafirun, Adh-Dhuha, Al-Qadr, Al-Isra 32.

  1. Al-Falaq
  2. Al-A’la
  3. Do’a Setelah Adzan
  4. An-Naba
  5. Seribu Dinar
  6. Yusuf 28
  7. Al-Hujurat 13
  8. Al-Fatihah
  9. Al-Kafirun
  10. Adh-Dhuha
  11. Al-Qadr
  12. Al-Isra 32

Pencarian: al ahzab ayat 40, surah alam tarakai, al imran ayat, an nur ayat 3, surat al qariah dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: