Surat Al-Insan Ayat 26

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَٱسْجُدْ لَهُۥ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

Arab-Latin: Wa minal-laili fasjud lahụ wa sabbiḥ-hu lailan ṭawīlā

Artinya: Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.

« Al-Insan 25Al-Insan 27 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Terkait Dengan Surat Al-Insan Ayat 26

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Insan Ayat 26 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah berharga dari ayat ini. Ada beragam penafsiran dari kalangan ulama tafsir mengenai kandungan surat Al-Insan ayat 26, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

26. Dan dari sebagian malam hari tunduklah kepada Tuhanmu dan shalatlah untukNya, bertahajudlah untukNya dalam waktu yang lama.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. Dan ingatlah Allah pada dua salat malam, yaitu salat Magrib dan Isya, lalu salatlah tahajjud setelah keduanya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

26-27

1). Siapa yang berlama-lama dalam shalatnya siang dan malam untuk Allah, dan betah menanggung kesukaran demi Dia ﷻ; maka akan mudah baginya untuk berdiri hari itu (kiamat). Dan sesungguhnya pengaruh kenyamanan di sini, dan bersantai dengan kemalasan, dia akan berdiri di sana untuk waktu yang lama, dan Kesulitannya menjadi berat baginya, dan Allah ﷻ menunjukkan hal ini dalam firman-Nya: { وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَٱسْجُدْ لَهُۥ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا } "Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari" [26], { إِنَّ هَٰٓؤُلَآءِ يُحِبُّونَ ٱلْعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَآءَهُمْ يَوْمًا ثَقِيلًا } "Sesungguhnya mereka (orang kafir) menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat (hari akhirat)".

2). Hari Kiamat adalah hari yang berat, dan tidak ada seorang pun yang akan terselamatkan -dengan rahmat Allah- kecuali orang-orang yang tekun beramal pada malam yang panjang: { وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَٱسْجُدْ لَهُۥ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا } "Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari" [26], { إِنَّ هَٰٓؤُلَآءِ يُحِبُّونَ ٱلْعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَآءَهُمْ يَوْمًا ثَقِيلًا } "Sesungguhnya mereka (orang kafir) menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat (hari akhirat)" Dan qiyam di bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk membiasakan diri untuk itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. Dari separoh malam, shalatlah kamu wahai Nabi bersama umatmu maghrib dan isya’. Adapun sisa malam yang panjang gunakanlah untuk shalat tahajjud


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Pada sebagian malam bersujudlah kepadaNya} shalatlah kepadaNya shalat maghrib dan isya' {dan bertasbihlah kepadaNya} dan shalat tahajjudlah kepadaNya {pada malam yang panjang


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

26. “Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepadaNya,” yakni perbanyaklah bersujud padaNya, dan ini mencakup banyaknya shalat, “dan bertasbihlah kepadaNya pada malam yang panjang.” Telah disebutkan sebelumnya pembatasan terhadap kemutlakan ayat ini, “Hai orang yang berselimut (Muhammad),bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. -Al-Muzammil:1-4 –


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Insan ayat 26: Allah memerintahkan kepada Nabi-Nya ﷺ agar shalat malam, dan agar mensucikan Allah dan shalat tahajjud dengan waktu yang panjang.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ada yang menafsirkan dengan melaksanakan shalat Maghrib dan Isya.

Yaitu mengerjakan shalat malam.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Insan Ayat 26

25-26. Dan untuk lebih menguatkan hatimu menghadapi kesulitan dakwah, maka ingatlah selalu serta sebutlah nama tuhanmu di antaranya dengan melaksanakan salat pada waktu pagi yaitu subuh dan petang yaitu zuhur dan asar. Dan pada sebagian dari malam yaitu maghrib dan isya', maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya yaitu dengan melaksanakan salat tahajud pada bagian yang panjang di malam hari. 27. Di antara alasan utama mengapa manusia menolak dakwah karena sesungguhnya mereka, orang kafir, itu mencintai kehidupan dunia yang memang kasat mata dan cepat diraih, meskipun juga cepat musnahnya, dan meninggalkan hari yang berat yaitu hari akhirat di belakangnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penafsiran dari para ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-Insan ayat 26 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Sokong kemajuan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikaji

Kami memiliki banyak konten yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 165, An-Nur 31, Al-‘Ashr 2, Az-Zalzalah 7, Al-Mukminun 1-11, Ali ‘Imran 185. Termasuk An-Nur, Al-Ahzab 59, Al-Isra 24, Al-Anbiya, Al-‘Ankabut 45, An-Nisa 1.

  1. Al-Baqarah 165
  2. An-Nur 31
  3. Al-‘Ashr 2
  4. Az-Zalzalah 7
  5. Al-Mukminun 1-11
  6. Ali ‘Imran 185
  7. An-Nur
  8. Al-Ahzab 59
  9. Al-Isra 24
  10. Al-Anbiya
  11. Al-‘Ankabut 45
  12. An-Nisa 1

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: