Surat Al-Mursalat Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لِيَوْمِ ٱلْفَصْلِ

Arab-Latin: Liyaumil-faṣl

Artinya: Sampai hari keputusan.

« Al-Mursalat 12Al-Mursalat 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Mursalat Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia variasi penjabaran dari kalangan ahli tafsir terhadap isi surat Al-Mursalat ayat 13, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-15. Manakala bintang-bintang dihapus dan cahayanya menghilang. Manakala langit terbelah. Manakala gunung-gunung terbang dan hancur sehingga ia seperti debu yang diterbangkan angin. Manakala waktu penetapan keputusan antara para rasul dengan umat-umat mereka ditetapkan, lalu dikatakan, “Hingga hari besar apakah para rasul itu ditunda?” ditunda hingga hari ditetapkannya keputusan di antara para makhluk. Adakah yang memberitahumu (wahai manusia) apa itu hari penetapan keputusan, berikut kesulitan dan kengeriannya? Kebinasaan besar pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan hari yang dijanjikan ini.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Pada hari keputusan di antara para hamba, sehingga jelas siapa yang benar dari siapa yang salah, siapa yang bahagia dan siapa yang sengsara.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. لِيَوْمِ الْفَصْلِ (Sampai hari keputusan)
Yakni manusia akan mendapat keputusan sesuai amalan mereka, sehingga mereka akan dipisahkan, antara ke surga atau ke neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Tentu saja, tidak semua masalah akan terselesaikan di sini, banyak yang masih belum terselesaikan hingga hari pembalasan!


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13. Sampai hari keputusan, hari dimana keputusan tentang makhluk dan amal-amal mereka ditetapkan. Akan masuk surga atau neraka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sampai hari keputusan} hari pemberian keputusan di antara para makhluk


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-14. Bila sudah terjadi, terjadilah perubahan pada alam dan huru hara hebat yang menakutkan hati dan memperbesar bencana. Bintang-bintang lenyap bertaburan dan hilang dari tempatnya. Gunung bertebangan seperti debu yang ditaburkan. Gunung dan bumi menjadi datar sama sekali, tidak terlihat adanya gundukan dan tidak ada bukit. Itulah hari dimana “Rasul-rasul telah ditetapkan waktu (mereka),” dan disegerakan putusan antara mereka dan kaum mereka. Karena itu Allah berfirman, “Sampai hari apakah ditangguhkan (mengazab orang-orang kafir itu?” kata tanya ini untuk memperbesar, mengagungkan, dan membuat takut. Selanjutnya dijawab dengan FirmanNya, “Sampai hari keputusan,” antara manusia satu sama lain dan perhitungan amal mereka satu persatu.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 13: 13-14. Maka Allah menjawab dengan berkata : Ditangguhkan sampai hari yang agung ini, yaitu hari kiamat yang memisahkan di anatar makhluk-Nya. Kemudian Allah berkata : Apakah kalian tahu wahai manusia tentang hari yang memisahkan dan sangat keras dan agung keadaannya ?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Antara semua makhluk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 13

12-14. Dan ketika itu terjadilah awal masa jatuhnya siksa, dan ketika itu dikatakan juga kepada para rasul itu, 'sampai hari apakah ditangguhkan azab orang-orang kafir itu'' sampai hari keputusan. Dan tahukah kamu apakah hari keputusan itu' sungguh dahsyat hari keputusan itu, tidak terjangkau nalar dan tidak juga terbayangkan oleh khayalan manusia


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait makna dan arti surat Al-Mursalat ayat 13 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita. Bantu perjuangan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dilihat

Tersedia ratusan materi yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 185, Al-Isra 24, An-Nur, Al-Ahzab 59, Al-‘Ankabut 45, An-Nur 31. Juga Al-Mukminun 1-11, Az-Zalzalah 7, An-Nisa 1, Al-Baqarah 165, Al-Anbiya, Al-‘Ashr 2.

  1. Ali ‘Imran 185
  2. Al-Isra 24
  3. An-Nur
  4. Al-Ahzab 59
  5. Al-‘Ankabut 45
  6. An-Nur 31
  7. Al-Mukminun 1-11
  8. Az-Zalzalah 7
  9. An-Nisa 1
  10. Al-Baqarah 165
  11. Al-Anbiya
  12. Al-‘Ashr 2

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: