Surat Al-Mursalat Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيْلٌ يَوْمَئِذٍ لِّلْمُكَذِّبِينَ

Arab-Latin: Wailuy yauma`iżil lil-mukażżibīn

Artinya: Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan.

« Al-Mursalat 14Al-Mursalat 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Mengenai Surat Al-Mursalat Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran mendalam dari ayat ini. Ditemukan aneka ragam penafsiran dari beragam ulama berkaitan kandungan surat Al-Mursalat ayat 15, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-15. Manakala bintang-bintang dihapus dan cahayanya menghilang. Manakala langit terbelah. Manakala gunung-gunung terbang dan hancur sehingga ia seperti debu yang diterbangkan angin. Manakala waktu penetapan keputusan antara para rasul dengan umat-umat mereka ditetapkan, lalu dikatakan, “Hingga hari besar apakah para rasul itu ditunda?” ditunda hingga hari ditetapkannya keputusan di antara para makhluk. Adakah yang memberitahumu (wahai manusia) apa itu hari penetapan keputusan, berikut kesulitan dan kengeriannya? Kebinasaan besar pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan hari yang dijanjikan ini.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Kehancuran, siksa dan kerugian pada hari itu bagi para pendusta yang mendustakan apa yang dibawa oleh para Rasul dari sisi Allah.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). Tidak ada yang lebih baik daripada pengulangan ini di tempat ini, dan tidak ada yang lebih hebat dari pengulangan ini di dari segi tempat, karena pengulangan ini sepuluh kali, dan hanya disebutkan setelah ada bukti atau makna yang mengikutinya, yang memerlukan pembenaran terhadapnya, jadi pertimbangkan!

2). Dan diantara kecelakaan bagi mereka; Pintu taufiq tertutup bagi mereka, dan mereka kehilangan semua kebaikan. Maka sesungguhnya jika mereka mendustakan Al-Qur’an ini, yang merupakan tingkat kebenaran dan kepastian tertinggi { فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَهُ يُؤْمِنُونَ } "Maka kepada perkataan apakah selain Al Quran ini mereka akan beriman?".


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Celaka dan azab bagi mereka pada hari itu. Al wailu adalah ancaman terhadap kebinasaan bagi mereka yang mendustakan hari kiamat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Celakalah} kecelakaan dan azab {pada hari itu bagi mereka yang mendustakan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

15. Kemudian Allah mengancam orang yang mendustakan hari ini seraya berfirman, “Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan,” yakni alangkah celakanya mereka, alangkah besar siksaan mereka dan alangkah buruknya tempat kembali mereka. Allah memberitahu mereka dan bersumpah pada mereka, tapi mereka tidak membenarkannya. Karena itulah mereka berhak mendapatkan siksaan berat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 15: Allah mengabarkan bahwasanya kecelakaanlah dan merugi serta sengsara pada hari kiamat ini bagi orang-orang kafir yang mendustakan Allah, Rasul-Nya dan kitab suci-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni sungguh kecewa, rugi dan sangat besar azab serta sangat buruk tempat kembali mereka.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah memberitahukan mereka dan bersumpah untuk mereka, namun mereka tetap tidak mau membenarkan beritanya sehingga mereka berhak mendapatkan hukuman yang besar.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 15

Ketika hari keputusan itu telah tiba maka celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan kebenaran. 16-17. Dahsyatnya kiamat yang dilukiskan pada ayat di atas mungkin belum bisa menyadarkan para pendurhaka, kini ditunjukkan kuasa Allah yang lebih konkrit. Bukankah telah kami binasakan generasi orang-orang yang dahulu karena keingkaran mereka' lalu kami juga akan susulkan azab kami terhadap orang-orang yang datang kemudian seperti terhadap kamu wahai kaum musyrik mekah, dan juga generasi pembangkang yang datang setelah kamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjabaran dari kalangan mufassirun berkaitan kandungan dan arti surat Al-Mursalat ayat 15 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk ummat. Sokonglah kemajuan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dibaca

Kami memiliki ratusan topik yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Isra 24, Al-Baqarah 165, Az-Zalzalah 7, Al-Mukminun 1-11, An-Nur 31, Al-‘Ashr 2. Ada pula Ali ‘Imran 185, Al-Ahzab 59, Al-‘Ankabut 45, Al-Anbiya, An-Nur, An-Nisa 1.

  1. Al-Isra 24
  2. Al-Baqarah 165
  3. Az-Zalzalah 7
  4. Al-Mukminun 1-11
  5. An-Nur 31
  6. Al-‘Ashr 2
  7. Ali ‘Imran 185
  8. Al-Ahzab 59
  9. Al-‘Ankabut 45
  10. Al-Anbiya
  11. An-Nur
  12. An-Nisa 1

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: