Surat Al-Mursalat Ayat 16

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَلَمْ نُهْلِكِ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab-Latin: A lam nuhlikil-awwalīn

Artinya: Bukankah Kami telah membinasakan orang-orang yang dahulu?

« Al-Mursalat 15Al-Mursalat 17 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Dengan Surat Al-Mursalat Ayat 16

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 16 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai hikmah penting dari ayat ini. Terdapat pelbagai penafsiran dari beragam mufassirin terhadap isi surat Al-Mursalat ayat 16, antara lain sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16-18. Bukankah Kami telah membinasakan umat-umat yang telah berlalu karena mereka mendustakan para rasul, seperti kaum Nuh, Ad dan Tsamud? Kemudian Kami menyusulkan orang-orang yang datang kemudian yang berbuat seperti yang mereka perbuat, yaitu mendustakan dan mendurhakai para rasul. Pembinasaan seperti ini yang telah Kami timpakan kepada orang-orang tersebut, Kami juga akan menimpakannya kepada orang-orang kafir Makkah, karena mereka juga mendustakan Rasul.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

16-19. Allah menegaskan bahwa Dia telah membinasakan umat-umat terdahulu, seperti kaum Nabi Nuh, dan kaum ‘Ad; dan membinasakan kaum-kaum setelahnya yang sama-sama kafir dan mendustakan, seperti kaum Nabi Luth dan kaum Nabi Syuaib. Demikianlah Allah membinasakan seluruh orang yang kafir dan mengikuti jalan orang-orang yang jahat dan menentang kebenaran; mereka akan mendapat azab yang berat pada hari kiamat sebagai balasan atas kekafiran dan kejahatan mereka. Pada ayat ini terdapat ancaman dan peringatan dari azab Allah di dunia dan di akhirat bagi orang yang kafir dan tidak mengikuti kebenaran dan petunjuk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

16. Bukankah Kami telah membinasakan umat-umat terdahulu saat mereka kafir terhadap Allah dan mendustakan Rasul-rasul-Nya?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

16. أَلَمْ نُهْلِكِ الْأَوَّلِينَ (Bukankah Kami telah membinasakan orang-orang yang dahulu?)
Yakni orang-orang kafir dari umat-umat terdahulu sejak Nabi Adam sampai sebelum Nabi Muhammad.
Yang dimaksud adalah dengan mengazab mereka di dunia saat mereka mendustakan para Rasul.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16. Bukankah umat terdahulu sudah Kami binasakan, sebab mendustakan para rasul? Seperti kaum Nuh, Tsamud dan ‘Ad


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bukankah Kami telah membinasakan orang-orang yang dahulu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

16-19. Maknanya, bukankah Kami telah membinasakan para pendusta terdahulu kemudian Kami teruskan dengan membinasakan orang yang berdusta selanjutnya? Ini adalah ketetapan Allah dahulu dan selanjutnya bagi setiap pendosa. Orang berdosa pasti disiksa Allah, lantas mengapa kalian tidak mengambil pelajaran dari apa yang kalian lihat dan kalian dengar? “Kecelakaan besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan,” yakni setelah mereka menyaksikan tanda-tanda kebesaran Allah yang jelas, siksaan-siksaan, dan hukuman.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 16: 16-17. Kemudian Allah menujukan perkataannya kepada orang-orang musyrik yang mendustakan hari kebangkitan, Allah berkata : Bukankah kami telah membinasakan atas kaum yang terdahulu, yang mereka mendustakan Rasu-Rasul mereka, seperti kaum Nuh, Ad dan Tsamud. Kami juga akan menyertakan kaum yang belakangan dimana mereka mengikuti jalan orang-orang sebelum mereka dalam pendustaan dan maksiat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Karena mereka mendustakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 16

16-17. Dahsyatnya kiamat yang dilukiskan pada ayat di atas mungkin belum bisa menyadarkan para pendurhaka, kini ditunjukkan kuasa Allah yang lebih konkrit. Bukankah telah kami binasakan generasi orang-orang yang dahulu karena keingkaran mereka' lalu kami juga akan susulkan azab kami terhadap orang-orang yang datang kemudian seperti terhadap kamu wahai kaum musyrik mekah, dan juga generasi pembangkang yang datang setelah kamu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari beragam ulama terhadap kandungan dan arti surat Al-Mursalat ayat 16 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dilihat

Terdapat berbagai halaman yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: An-Nur 31, Al-Baqarah 165, Al-‘Ashr 2, Az-Zalzalah 7, Al-Mukminun 1-11, Al-‘Ankabut 45. Serta An-Nisa 1, Ali ‘Imran 185, Al-Ahzab 59, An-Nur, Al-Anbiya, Al-Isra 24.

  1. An-Nur 31
  2. Al-Baqarah 165
  3. Al-‘Ashr 2
  4. Az-Zalzalah 7
  5. Al-Mukminun 1-11
  6. Al-‘Ankabut 45
  7. An-Nisa 1
  8. Ali ‘Imran 185
  9. Al-Ahzab 59
  10. An-Nur
  11. Al-Anbiya
  12. Al-Isra 24

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: