Surat An-Naba Ayat 35

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَّا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا كِذَّٰبًا

Arab-Latin: Lā yasma'ụna fīhā lagwaw wa lā kiżżābā

Artinya: Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta.

« An-Naba 34An-Naba 36 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat An-Naba Ayat 35

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naba Ayat 35 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari para mufassir berkaitan makna surat An-Naba ayat 35, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

31-35. Sesungguhnya orang orang yang takut kepada tuhan mereka dan beramal shalih mendapatkan keberuntungan dengan masuk surga. Mereka mendapatkan kebun-kebun besar dan buah anggur. Mereka mendapatkan istri-istri yang berusia muda,buah dada mereka montok,usia mereka sebaya, Dan mereka punya gelas gelas yang penuh dengan khamar, Mereka tidak mendengar kata kata batil di dalam surge,sebagian tidak dusta kepada sebagian lainnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

35. Di dalam Surga mereka tidak mendengarkan ucapan-ucapan yang batil serta tidak ada dusta di antara mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

35. لَّا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا كِذّٰبًا (Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta)
Yakni mereka di surga tidak mendengar suara yang tidak bermanfaat atau ucapan yang batil, serta mereka tidak saling berdusta.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Barangsiapa yang meninggalkan perkataan yang sia-sia dan menjauh darinya, maka dia telah mensegerakan dirinya mencicipi sesuatu dari kenikmatan surga.

[ Dr.Abdul Muhsin al-Muthiri ]


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

35. Di surga tidak akan terdengar kata-kata yang tidak bermanfaat, juga tidak ada dusta di antara para penghuni surga


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia} perkataan yang sia-sia {dan tidak pula dusta} mereka tidak mendengar dusta, mereka juga tidak saling berdusta


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Setelah Allah menjelaskan kondisi orang-orang yanag berdosa, selanjutnya Allah menjelaskan tempat kembali orang-orang yang bertakwa seraya berfirman ,”Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapatkan kemenangan,” yakni orang-orang yang menjaga diri dari murka Rabb mereka dengan berpegang teguh pada ketaatan kepadaNya dan menjaga diri dari kemaksiatan. Mereka mendapatkan kemenangan, keselamatan, dan jauh dari neraka. Dalam kemenangan ini mereka mendapatkan, “kebun-kebun,” yaitu kebun-kebun yang mengumpulkanb berbagai jenis pohon rindang dengan buah yang di sela-sealnya terpancar sungai. Allah menyebutkan anggur secara khusus karena sangat diinginkan hati dan banyak di kebun itu. Mereka mendapatkan istri-istri sesuai keinginan diri mereka,”dan gadis-gadis remaja,” yaitu gadis-gadis remaja yang buah dada mereka belum menurun lantaran meraka masih remaja , kuat, dan elok, “yang sebaya,” yakni usia mereka hampir sama. Di antara kebiasaan gadis remaja sebaya adalah saling bergaul dan berteman. Itulah kala mereka berusia tiga puluh tiga tahun yang merupakan usia wanita paling sempurna, “dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman),” yakni, penuh berisi minuman yang lezat untuk para peminumnya,”didalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia,” yakni perkataan yang tidak berguna ,”dan tidak (pula perkataan ) dusta,” yaitu dosa sebagaimana disebutkan dalam firman Allah,
“Mereka tidak mendengar didalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulakn dosa, akan tetapi mereka mendengar ucapan salam .”(Al-Waqi’ah:25-26).
Allah memberi pahala besar bagi mereka ini adalah murni karena karunia dan kebaikanNya,”sebagai balasan dari Rabbmu dan pemberian yang cukup banyak,” karena amal perbuatan yang dituntunkan Allah pada merekan dan dijadikannya sebagai sebab menggapai kemulaiaanNya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Mereka yang ada didalam surga tidak akan mendengarkan perkataan-perkataan ( لَغْوًا ) yaitu perkataan yang mengandung kebathilan, dan juga perbuatan yang ada kebathilan didalamnya, didalam surga tidak akan ditemukan segala macam keburukan dan juga kebohongan, perkataan yang tidak bernilai kebaikan serta tidak memberikan manfaat sama sekali tidak akan ada di surga. Segala perkataan dan juga perbuatan yang ditemui di surga adalah bernilai kebaikan dan semuanya adalah kebenaran.

Karena sesungguhnya surga itu bersih dari segala macam keburukan.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Namun yang dirajihkan adalah khamer saja.
Firman Allah: لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا “Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia” Mereka tidak mendengarkan ucapan sia-sia di surga. Maknanya: ucapan batil yang tidak ada kebaikan padanya, وَلَا كِذَّابًا " dan tidak (pula perkataan) dusta.": dusta, mereka tidak akan berbohong dan tidak akan saling berbohong, karena mereka berada di atas dipan-dipan saling berhadapan, Allah telah mengangkat rasa dengki pada hati-hati mereka dan Allah jadikan mereka bersaudara.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naba ayat 35: 31-35. Kemudian Allah mulai menjelaskan balasan bagi hambanya yang bertakwa. Allah mengkabarkan bahwasanya orang-orang yang bertakwa yaitu mereka yang taat kepada Rabb nya di dunia akan menang dengan kemuliaan dan balasan yang besar di surga yang penuh nikmat. Dan bagi mereka kebun-kebun yang terkumpul di dalamnya, yang terdapat buah-buahan yang lezat, begitu juga baginya pohon-pohon anggur. Bagi mereka istri-istri yang jelita, yang memiliki buah dada yang montok, yang tidak kendor. Dan wanita-wanita tersebut umurnya sama merata, yaitu berumur remaja, begiu juga istri dari hamba yang bertakwa dimana Allah ciptakan mereka dalam sebaik-baik rupa dari bidadari. Dan mereka (ahli surga) memiliki gelas yang berisi khamr lezat untuk mereka minum. Dan mereka tidaklah mendengar suara di surga kecuali dari yang baik-baik saja, dan tidak mendengar ucapan-ucapan bathil. Tidak juga ucapan-ucapan yang mengandung dosa dan juga tidaklah mereka mendengar ucapan-ucapan yang tidak bermanfaat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Bisa juga diartikan dengan perkataan yang mengandung dosa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naba Ayat 35

Suasana di surga itu amat damai dan menyenangkan. Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia, tidak bermanfaat, maupun perkataan dusta. 36. Semua kenikmatan itu disediakan sebagai balasan dan pemberian yang cukup banyak dari tuhanmu yang telah menuntunmu menuju jalan ketakwaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penafsiran dari para mufassirun terkait kandungan dan arti surat An-Naba ayat 35 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi ummat. Dukung syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Banyak Dikunjungi

Baca banyak halaman yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-‘Ankabut 45, An-Nisa 1, An-Nur 31, Ali ‘Imran 185, Al-Ahzab 59, An-Nur. Serta Al-‘Ashr 2, Al-Anbiya, Az-Zalzalah 7, Al-Baqarah 165, Al-Mukminun 1-11, Al-Isra 24.

  1. Al-‘Ankabut 45
  2. An-Nisa 1
  3. An-Nur 31
  4. Ali ‘Imran 185
  5. Al-Ahzab 59
  6. An-Nur
  7. Al-‘Ashr 2
  8. Al-Anbiya
  9. Az-Zalzalah 7
  10. Al-Baqarah 165
  11. Al-Mukminun 1-11
  12. Al-Isra 24

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: