Surat At-Takwir Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽุกูŽุงู‡ู ุจููฑู„ู’ุฃูููู‚ู ูฑู„ู’ู…ูุจููŠู†ู

Arab-Latin: Wa laqad ra`ฤhu bil-ufuqil-mubฤซn

Artinya: Dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang.

ยซ At-Takwir 22 โœต At-Takwir 24 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Surat At-Takwir Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat At-Takwir Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Terdapat beraneka penafsiran dari beragam mufassirun terhadap kandungan surat At-Takwir ayat 23, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22-25. Muhammad yang kalian kenal bukan orang gila. Muhammad telah melihat jibril yang datang dengan membawa wahyu kepadanya dalam wujud aslinya sebagaimana Allah menciptakannya,di ufuk besar dari arah timur di Makkah,itu adalah penglihatan nabi kepada jibril yang pertama di gua hira. Muhammad tidak kikir dalam menyampaikan wahyu. Al-qurโ€™an ini bukan ucapan setan yang terkutuk yang terusir dari rahmat Allah, sebaliknya ia adalah kalam dan wahyu Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

23-25. Sungguh Muhammad telah melihat Jibril di ufuk langit dengan jelas; dia sama sekali tidak pelit untuk menyampaikan wahyu sehingga dia tidak menyembunyikannya dari kalian. Dan al-Qurโ€™an bukanlah perkataan setan yang terkutuk dan dijauhkan dari rahmat Allah; akan tetapi al-Qurโ€™an merupakan firman Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Teman kalian ini telah melihat Jibril di ufuk langit yang jelas dalam bentuk asli sebagaimana ia diciptakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽุกูŽุงู‡ู ุจูุงู„ู’ุฃูููู‚ู ุงู„ู’ู…ูุจููŠู†ู (Dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang)
Yakni Muhammad telah melihat Jibril dengan rupa sebenarnya, ia memiliki enam ratus sayap.
Mujahid mengatakan: Rasulullah melihatnya di arah Ajyad yang terletak di timur kota Makkah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Sungguh, Muhammad SAW itu telah melihat secara langsung wujud asli Jibril di atas awang-awang, dia memliki 600 sayap


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh, dia benar-benar telah melihatnya} sunggun nabi Muhammad SAW benar-benar melihat Jibril AS, dengan bentuk sebenarnya ketika dia diciptakan {di ufuk yang terang


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 23
โ€œDan sesungguhnya Muhammad itu pernah melihat Jibril di ufuk yang terang,โ€ yakni Muhammad itu pernah melihat Jibril di ufuk yang terang, yaitu tempat yang paling tinggi yang terlihat pandangan.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Sungguh Muhammad ๏ทบ telah melihat Jibril pada bentuknya yang asli di sebelah ufuk, entah itu di ufuk timur atau di ufuk barat, selain itu Jibril pun kerap mendatangi Rasulullah ๏ทบ dengan wujud seorang laki-laki, Dan Rasulullah melihat Jibril pada bentuknya yang asli sebanyak dua kali, yang pertama ketika Nabi Muhammad ๏ทบ sedang berada disuatu tempat di kota Makkah beliau melihat Jibril dengan jelas diantara langit dan bumi yang besarnya menutupi semua ufuk.

Dan kali yang kedua : Yaitu ketika Rasulullah ๏ทบ melakukan perjalanan malam ( Isra' Mi'raj ) , Dalam Al-Qur'an Allah mengatakan tentang hal itu : { ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽู†ูŽุง ููŽุชูŽุฏูŽู„ู‘ูŽู‰ูฐ } ( Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi. ) Yakni : Jibril , { ููŽูƒูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุงุจูŽ ู‚ูŽูˆู’ุณูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุฏู’ู†ูŽู‰ูฐ , ููŽุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ุฅูู„ูŽู‰ูฐ ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ู…ูŽุง ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ , ู…ูŽุง ูƒูŽุฐูŽุจูŽ ุงู„ู’ููุคูŽุงุฏู ู…ูŽุง ุฑูŽุฃูŽู‰ูฐ , ุฃูŽููŽุชูู…ูŽุงุฑููˆู†ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ู…ูŽุง ูŠูŽุฑูŽู‰ูฐ , ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽุขู‡ู ู†ูŽุฒู’ู„ูŽุฉู‹ ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ูฐ , ุนูู†ู’ุฏูŽ ุณูุฏู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุชูŽู‡ูŽู‰ูฐ } ( Maka jadilah dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). , Lalu dia menyampaikan kepada hamba-Nya (Muhammad) apa yang telah Allah wahyukan , Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya , Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain , (yaitu) di Sidratil Muntaha. ) [ An Najm : 8-14 ]

Nabi Muhammad telah melihat Jibril dalam rupanya yang asli di langit pada malam mi'raj, dan beliau ๏ทบ juga telah melihat jibril di bumi ketika kaumnya yang pada saat itu mempersempit kegiatan dakwah Rasulullah ๏ทบ , maka muncullah Jibril 'alaihissalam di ufuk, kemudian Jibril mengajak Rasulullah berbicara dan menenangkannya dari keburukan kaumnya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽุขู‡ู Dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril " Maknanya: Muhammad melihat Jibril ุจูุงู„ู’ุฃูููู‚ู ุงู„ู’ู…ูุจููŠู†ู " di ufuk yang terang " Ufuk adalah sisi langit, jelas lagi tinggi, Maka Rasul โ€˜alaissholaatu wassalaam pernah melihat Jibril dengan wujud aslinya dua kali, pertama di gua hira, kedua di langit yang ketujuh saat isra miโ€™raj. Yang dimaksud pada ayat ini adalah melihat di gua hiro (1), karena Allah berfirman: ุจูุงู„ู’ุฃูููู‚ู ุงู„ู’ู…ูุจููŠู†ู Maka di sini jelas bahwa Muhammad berada di bumi

(1) Dikeluarkan Bukhari (4) dan Muslim (161) dari hadits Aisyah radhiyallaahu 'anha


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Takwir ayat 23: 23-25. Kemudian Allah bersumpah bahwa Nabi ๏ทบ melihat Jibril dalam bentuk aslinya yang Allah ciptakan atasnya. Ia (Jibril) nampak di ufuk timur ketika terbitnya matahari. Dan Allah bersumpah bawasanya Muhammad ๏ทบ bukanlah orang yang bakhil (pelit) dengan apa yang mestinya ia sampaikan (kepada umat) dan tidak juga orang yang dicurigai atau selainnya. Ketahuilah olehmu ! Bahwa apa yang diucapkan oleh Muhammad ๏ทบ adalah Al Qurโ€™an Al Karim, bukan ucapan yang dilemparkan oleh setan atas lisan Muhammad ๏ทบ sebagaimana kalian klaim dan tuduh.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dalam bentuk aslinya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Takwir Ayat 23

Ayat ini menegaskan pertemuan antara jibril dalam wujudnya yang asli dengan nabi Muhammad sesaat setelah nabi menerima wahyu pertama di gua hira. Kaum musyrik mendustakan hal tersebut. Dan sungguh, dia telah melihatnya, yakni melihat jibril, di ufuk yang terang, sehingga tidak dapat diragukan bahwa sosok yang datang itu adalah jibril. 24. Dan dia bukanlah orang yang kikir untuk menerangkan ihwal perkara yang gaib, seperti Allah, malaikat, dan hari kiamat. Nabi dengan senang hati memberi penjelasan demi kemaslahatan banyak orang. Hal ini berbeda dari para dukun yang hanya mau membeberkan hal yang rahasia jika diberi imbalan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari berbagai mufassir berkaitan kandungan dan arti surat At-Takwir ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dibaca

Kaji berbagai konten yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Hadid 20, Al-Jin, Tentang Al-Quran, Ad-Dukhan, Al-Ma’idah 8, Al-Isra 25. Serta At-Thalaq, Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 43, Al-Qamar 49, Al-Baqarah 45, Ali ‘Imran 97.

  1. Al-Hadid 20
  2. Al-Jin
  3. Tentang Al-Quran
  4. Ad-Dukhan
  5. Al-Ma’idah 8
  6. Al-Isra 25
  7. At-Thalaq
  8. Ali ‘Imran 139
  9. Al-Baqarah 43
  10. Al-Qamar 49
  11. Al-Baqarah 45
  12. Ali ‘Imran 97

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: