Surat Al-Infitar Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูƒูุฑูŽุงู…ู‹ุง ูƒูŽูฐุชูุจููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Kirฤmang kฤtibฤซn

Artinya: Yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu),

ยซ Al-Infitar 10 โœต Al-Infitar 12 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Mengenai Surat Al-Infitar Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Infitar Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir mendalam dari ayat ini. Didapati bermacam penjabaran dari berbagai mufassir mengenai makna surat Al-Infitar ayat 11, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9-12. Perkaranya bukan sebagaimana yang kalian ucapkan,bahwa kalian berhak menyembah selain Allah,sebaliknya kalian mendustakan hisab dan pembalasan. Sesungguhnya terhadap kalian ada para malaikat pengawas, Malaikat yang mulia disisi Allah yang mencatat apa yang mereka ditugaskan untuk mencatatnya, tidak ada sedikitpun dari amal amal kalian yang terlewat kan bagi mereka,mereka mengetahui apa yang kalian lakukan,yang baik maupun yang buruk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Yang mulia di sisi Allah, menulis segala amal perbuatan kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11-12. Mereka mulia di sisi Allah. Mereka mencatat semuanya baik yang kecil maupun besar, dan mengetahui segala perbuatanmu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{yang mulia dan mencatat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 9-12
Allah berfirman, โ€œBukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan Hari Pembalasan,โ€ maksudnya, meski dengan nasihat dan peringatan ini, kalian tetap saja mendustakan Hari Pembalasan dan kalian pasti akan dihisab atas apa pun yang kalian lakukan. Allah menugaskan para malaikat mulia untukmu, mereka mencatat perkataan dan perbuatanmu dan mereka mengetahuinya. Termasuk dalam hal ini adalah aktivitas hati dan anggota badan. Selayaknya kalian memuliakan dan menghormati mereka.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Mereka adalah Malaikat yang sangat mulia disisi Tuhannya yang mencatat semua perbuatan kalian yang baik maupun yang buruk, mereka mengawasi kalian kemanapun kalian pergi, tapi lagi-lagi kalian meremehkan hal itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูŽุญูŽุงููุธููŠู†ูŽ (10) ูƒูุฑูŽุงู…ู‹ุง ูƒูŽุงุชูุจููŠู†ูŽ (11) ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู†ูŽ " Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." ditegaskan dengan dua penegasan yaitu: huruf ุฅูู†ู‘ูŽ dan huruf lam, ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูŽุญูŽุงููุธููŠู†ูŽ " Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),"Seorang insan ada yang menjaganya dan yang mencatat perbuatannya, Allah Taโ€™ala berfirman: ู…ูŽุง ูŠูŽู„ู’ููุธู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽู‚ููŠุจูŒ ุนูŽุชููŠุฏูŒ โ€œTiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.โ€(QS. Qaf: 18) Setiap manusia ada malaikat hafadzah (penjaga) yang senantiasa mencatat segala yang diucapkan dan segala yang dilakukan. Al-Hafadzah adalah malaikat mulia dan tidak tercela, bahkan kemuliaan mereka itu menafikan berbuat zalim kepada siapa pun. Mereka menulis apapun yang tidak dilakukan atau tidak membiarkan yang telah dilakukan setiap manusia, karena mereka mereka semua diberikan sifat mulia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Infitar ayat 11: 10-12. Ketahuilah oleh kalian bahwasanya amal-amal kalian seperti dicatat, dan sungguh setiap dari kalian ada malaikat-malaikat penjaga yang senantiasa mencatat (amalan), ia mencatat apa yang kalian kerjakan dari kebaikan maupun kejelekan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Infitar Ayat 11

Mereka adalah makhluk yang mulia di sisi Allah karena kepatuhan dan ketaatan mereka, dan yang tidak pernah luput mencatat amal perbuatanmu, dari yang baik hingga yang buruk, dari yang kecil hingga yang besar. 12. Para malaikat itu mencatat perbuatanmu dengan rinci dan mereka mengetahui apa saja yang kamu kerjakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penafsiran dari banyak ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-Infitar ayat 11 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita. Support kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dikunjungi

Nikmati ratusan materi yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 8, Al-Jin, Al-Hadid 20, Ad-Dukhan, Al-Isra 25, Al-Baqarah 43. Termasuk At-Thalaq, Ali ‘Imran 97, Al-Baqarah 45, Al-Qamar 49, Ali ‘Imran 139, Tentang Al-Quran.

  1. Al-Ma’idah 8
  2. Al-Jin
  3. Al-Hadid 20
  4. Ad-Dukhan
  5. Al-Isra 25
  6. Al-Baqarah 43
  7. At-Thalaq
  8. Ali ‘Imran 97
  9. Al-Baqarah 45
  10. Al-Qamar 49
  11. Ali ‘Imran 139
  12. Tentang Al-Quran

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: