Surat Al-Infitar Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَصْلَوْنَهَا يَوْمَ ٱلدِّينِ

Arab-Latin: Yaṣlaunahā yaumad-dīn

Artinya: Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan.

« Al-Infitar 14Al-Infitar 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Berkaitan Surat Al-Infitar Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Infitar Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah penting dari ayat ini. Diketemukan beberapa penjabaran dari beragam ahli tafsir terhadap isi surat Al-Infitar ayat 15, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14-16. Dan sesungguhnya orang orang durhaka yang melalaikan hak-hak Allah dan hak-hak para hamba NYA berada di neraka jahim, Apinya membakar mereka dihari pembalasan. Mereka tidak akan lolos dari azab neraka jahanam,baik dengan keluar atau dengan kematian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Mereka memasuki Neraka itu pada Hari Pembalasan, mereka merasa tersiksa karena panasnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. يَصْلَوْنَهَا يَوْمَ الدِّينِ (Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan)
Yakni hari pembalasan yang dulu mereka dustakan, mereka akan merasakan panas yang luar biasa di hari itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15-16. Pada hari itu mereka memasuki tempat mereka. Mereka tidak akan mungkin keluar dari neraka, mereka kekal di dalamnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka memasukinya pada hari pembalasan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 13-19

Yang dimaksud dengan orang-orang baik adalah mereka yang menunaikan hak-hak Allah dan hak-hak hambaNya, yang selalu konsisten dengan kebaikan dalam aktivitas hati maupun anggota badan. Balasan mereka adalah kenikmatan di hati, ruh, dan badan di dunia, di alam barzakh, dan di negeri keabadian.
“Dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka,” yang tidak menunaikan hak-hak Allah dan hak-hak hamba secara sempurna, mereka yang hati dan amalnya berdosa, “benar-benar berada dalam neraka,” yaitu dalam azab yang pedih di dunia, di alam barzakh dan di negeri keabadian. “Mereka masuk ke dalamnya,” dan disiksa dengan sekeras-kerasnya, “pada Hari Pembalasan,” yaitu pada hari Hari Pembalasan amal perbuatan. “Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka itu,” yaitu mereka tetap berada di dalamnya dan tidak bisa keluar. “Tahukah kamu apakah Hari Pembalasan itu? Sekali lagi, tahukah kamu apakah Hari Pembalasan itu?” dalam ayat ini terdapat pemberitahuan yang memperbesar huru-hara hari yang sulit yang membuat akal risau, “(yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun untuk menolong orang lain,” meski dekat dan berteman tulus, masing-masing disibukkan oleh diri sendiri dan tidak ingin meminta tolong dari yang lain. “Dan segala urusan pada hari itu dalam kekusaan Allah,” Dia-lah yang menghukumi antara manusia dan mengambilkan hak orang yang dizhalimi dari orang yang menzhalimi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Mereka akan masuk ke neraka itu pada hari pembalasan, pada hari dihitungnya amalan mereka, yaitu pada hari dibalasanya semua amalan manusia ketika didunia.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

يَصْلَوْنَهَا “Mereka masuk ke dalamnya” maknanya mereka akan dibakar di dalamnya يَوْمَ الدِّينِ Maknanya: hari pembalasan yaitu hari kiamat


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Infitar ayat 15: 15-16. Kemudian Allah jelaskan bahwa neraka ini akan memakan mereka dengan api yang sangat panas dan menjadikan mereka menderita dengan lautan api pada hari perhitungan dan pembalasan dimana mereka (para pendusta) mendustakan ketika di dunia. Allah menjelaskan bahwasanya mereka tidak akan musnah setelah di panggang dengan api sekejap pun, bahkan mereka akan kekal dengan sebenar-benarnya kekekalan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Infitar Ayat 15

Mereka yang durhaka itu masuk ke dalamnya pada hari pembalasan, di mana semua manusia harus mempertanggungjawabkan tiap detail perbuatannya. 16. Dan mereka yang ingkar dan durhaka kepada Allah itu tidak mungkin keluar dari neraka itu dan tidak pula mati di dalamnya. Mereka menetap dan hidup di dalamnya selama-lamanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjelasan dari beragam ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Infitar ayat 15 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dibaca

Kami memiliki ratusan topik yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 139, Al-Qamar 49, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 97, Ad-Dukhan, Al-Baqarah 43. Ada juga Al-Jin, Al-Hadid 20, Al-Isra 25, At-Thalaq, Al-Baqarah 45, Al-Ma’idah 8.

  1. Ali ‘Imran 139
  2. Al-Qamar 49
  3. Tentang Al-Quran
  4. Ali ‘Imran 97
  5. Ad-Dukhan
  6. Al-Baqarah 43
  7. Al-Jin
  8. Al-Hadid 20
  9. Al-Isra 25
  10. At-Thalaq
  11. Al-Baqarah 45
  12. Al-Ma’idah 8

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: