Surat Al-Muthaffifin Ayat 19

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا عِلِّيُّونَ

Arab-Latin: Wa mā adrāka mā 'illiyyụn

Artinya: Tahukah kamu apakah 'Illiyyin itu?

« Al-Muthaffifin 18Al-Muthaffifin 20 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Surat Al-Muthaffifin Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muthaffifin Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Terdapat beraneka penjabaran dari beragam mufassirun terkait isi surat Al-Muthaffifin ayat 19, misalnya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

18-21. Benar, sesungguhnya perkara yang telah ditetapkan bagi orang orang yang berbakti, (yaitu orang orang yang bertakwa),adalah bahwa mereka berada di derajat yang tinggi di dalam surga. Tahukah kamu (wahai rasul) apa derajat yang tinggi itu? Ketetapan bagi orang-orang baik itu sudah tercatat dan sudah selesai,tidak ditambah dan tidak dikurangi. Para malaikat di setiap langit yang didekatkan (kepada Allah) melihatnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Tahukah kamu -wahai Rasul- apa 'illiyyin itu?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا عِلِّيُّونَ (Tahukah kamu apakah ‘Illiyyin itu?)
Yakni hai Muhammad, apakah kamu mengetahui apakah illiyyin itu?
Pertanyaan ini adalah sebagai pengagunggan bagi illiyyin.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19-20. Apakah engkau tahu apa ‘illiyyin itu? Ungkapan ini adalah ungkapan untuk mengagungkan, bahwa buku catatan itu adalah catatan orang-orang yang taat. Buku catatan itu adalah catatan yang tersusun dengan jelas sehingga bisa diketahui


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apakah kamu mengetahui apa itu ‘Illiyyīn


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 18-21
Setelah menyebutkan bahwa catatan amal orang-orang berdosa berada di tempat paling bawah dan sempit, selanjutnya Allah menyebutkan bahwa catatan amal orang-orang baik berada di tempat yang paling atas dan luas. Catatan amal mereka tertulis dan “disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan (kepada Allah),” dari kalangan malaikat mulia, ruh para nabi, orang-orang jujur dalam beriman dan para syuhada’. Allah menyebutkan mereka di kalangan malaikat tertinggi. Dan illiyyun nama surga tertinggi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Penyebutan " العليون " kembali diulang dengan maksud mengangungkannya, yakni dia memiliki kedudukan yang tinggi, juga menjadi pertanyaan : tahukah kamu apa itu " العليون " ? , tidak siapapun yang mengetahui bentuknya bagaimana atau seperti apakah ciri-ciri tepatnya melainkan hanya Allah ﷻ lah yang mengetahuinya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

وَمَا أَدْرَاكَ مَا عِلِّيُّونَ Maknanya: Apa yang memberitahumu apa itu ‘illiyuun? Kalimat tanya disini dalam rangka pembesaran dan pengagungan. Yaitu sesuatu apakah yang mengenalkanmu kepadanya? Sungguh ia itu agung.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muthaffifin ayat 19: 18-19. Allah kabarkan bahwa urusannya tidak sebagaimana yang mereka para pendusta klaim, akan tetapi (ketahuilah oleh kalian) kitab orang-orang yang berhasil itu mengikuti apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya ﷺ tersimpan di illiyyin diletakkan (di tempatkan) di tempat yang tinggi. Apakah engkau tahu wahai Nabi apa itu tingkatan tempat yang tinggi ?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muthaffifin Ayat 19

Untuk menggugah perhatian manusia, Allah bertanya, 'dan tahukah engkau apakah 'illiyyin itu'20. 'illiyyin adalah kitab yang berisi catatan perbuatan yang tertulis dengan jelas sehingga mudah dibaca oleh mereka yang berhak mendapatkannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjabaran dari berbagai mufassirin terhadap makna dan arti surat Al-Muthaffifin ayat 19 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita semua. Sokong dakwah kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dibaca

Baca ratusan konten yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Hadid 20, Ali ‘Imran 97, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 43, Al-Jin. Juga Al-Ma’idah 8, Al-Baqarah 45, Al-Qamar 49, Ad-Dukhan, Al-Isra 25, At-Thalaq.

  1. Al-Hadid 20
  2. Ali ‘Imran 97
  3. Tentang Al-Quran
  4. Ali ‘Imran 139
  5. Al-Baqarah 43
  6. Al-Jin
  7. Al-Ma’idah 8
  8. Al-Baqarah 45
  9. Al-Qamar 49
  10. Ad-Dukhan
  11. Al-Isra 25
  12. At-Thalaq

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: