Surat Al-Insyiqaq Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّهُۥ كَانَ فِىٓ أَهْلِهِۦ مَسْرُورًا

Arab-Latin: Innahụ kāna fī ahlihī masrụrā

Artinya: Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir).

« Al-Insyiqaq 12Al-Insyiqaq 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Berkaitan Surat Al-Insyiqaq Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Insyiqaq Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran berharga dari ayat ini. Ditemukan beberapa penjabaran dari kalangan mufassirin terhadap isi surat Al-Insyiqaq ayat 13, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10-15. Dan barangsiapa diberi buku catatan amalnya dari balik punggungnya.yaitu orang yang kafir kepada Allah, Dia akan berseru celaka dan binasa, Masuk kedalam api neraka dan merasakan panasnya. Orang ini adalah semasa di dunia berbahagia ditengah keluarganya dan terpedaya,tidak memikirkan akibat yang diperbuatnya untuk perhitungan amal, Tentu Allah mengembalikanya sebagaimana Allah menciptakannya pertama kali dan membalas dengan amal amalnya. Sesungguhnya tuhannya maha melihat dan maha mengetahui keadaannya sejak dia menciptakannya hingga membangkitkannya kembali.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Sesungguhnya ia dahulu di dunia bersama kaumnya merasa gembira dengan kekufuran dan kemaksiatan yang dilakukannya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. إِنَّهُۥ كَانَ فِىٓ أَهْلِهِۦ مَسْرُورًا (Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya)
Yakni dengan menuruti hawa nafsu dan syahwatnya dengan penuh kesombongan, sebab ia sama sekali tidak memikirkan akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12-13. Mereka akan masuk ke dalam neraka yang menyala-nyala, itu semua sebagai balasan atas keteledoran mereka dan keluarganya terhadap kesenangan dunia dan mengikuti hawa nafsu mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya dia di kalangan keluarganya bergembira} senang, dengan mengikuti hawa nafsunya dan suka menuruti syahwatnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 10-15
“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang,” yakni dengan tangan kiri dari belakang punggung, “maka dia akan berteriak, ‘Celakalah aku’ .” karena kehinaan dan dipermalukan serta apa yang didapatkan dalam catatan amalnya yang telah dilakukan dan belum sempat bertaubat darinya, “dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka),” yakni diliputi oleh api neraka dari segala penjuru dan berbolak-balik di atas azabnya. Hal itu dikarenakan, “dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir),” dalam benaknya tidak terlintas adanya Hari Kebangkitan dan berbuat buruk. Dan tidak pernah menduga akan pulang kembali ke Rabbnya dan akan berdiri di hadapanNya. “(Bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Raabnya selalu melihatnya,” tentu tidak baik bila dibiarkan sia-sia, tidak diperintah, dilarang, diberi pahala, dan disiksa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Ketika didunia hidupnya bahagia dengan berbagai macam makanan dan minuman, puas memanjakan nafsunya dengan huru hara dunia, tapi dia lalai dari mempersiapkan dirinya untuk kenyataan kehidupan akhirat, tidak pernah membayangkan bagaimana hari kiamat ini akan tiba, tidak pernah memikirkan keadaan yang akan dia hadapi pada hari yang mengerikan itu, melainkan hanya sibuk dengan kehidupannya yang hina didunia, dia bahagia dengan dunianya yang penuh dengan kesenangan dan kenikmatan sementara, dan sedikitpun tidak pernah berbuat untuk akhiratnya yang kekal selamanya.

Manusia golongan pertama telah mengabiskan masa hidupnya didunia dengan melakukan kebaikan-kebaikan dan ketaatan kepada Allah ﷻ, mereka mengharap pertolongan Allah dengan amalan shalih.

Sedangkan manusia golongan kedua ini mengharapkan pertolongan dan perlindungan dari Allah ﷻ dengan kekafiran dan kemaksiatan mereka, maka perbedaan antara golongan pertama dan kedua adalah ketaatannya kepada Allah, itulah keadilan yang Allah berikan kepada hamba-Nya.

Allah tidak menyamakan kedudukan hamba-Nya diatas kemaksiatan atau ketaatan yang berlaku diantara mereka, tapi membedakan mereka tergantung keadaan catatan amalan setiap hamba, maka siapa yang berbuat kebaikan akan mendapat kebaikan pula dari Allah ﷻ, dan pelaku kemaksiatan akan mendapatkan azab dari kemaksiatan yang ia perbuat.

Allah tidak menimpakan azab kepada siapa yang berhak atas surga dan kenikةatannya, dan tidak pula menganugerahkan surga kepada siapa yang pantas menerima azab neraka, Allah memberikan ganjaran kepada hamba-Nya tergantung amalan yang mereka perbuat untuk diri mereka sendiri didunia.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

إِنَّهُ كَانَ فِي أَهْلِهِ مَسْرُورًا Sungguh dia dahulu ketika di dunia dalam keluarganya bergembira, namun kegembiraan ini diakhiri dengan penyesalan, kesedihan yang berkepanjangan lagi terus menerus. Kaitkanlah antara firman Allah yang menyebutkan orang-orang yang menerima kitabnya dengan tangan kanan وَيَنْقَلِبُ إِلَى أَهْلِهِ مَسْرُورًا “dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.” dengan ini إِنَّهُ كَانَ فِي أَهْلِهِ مَسْرُورًا “ Sungguh dia dahulu ketika di dunia dalam keluarganya bergembira” anda akan mendapatkan perbedaan antara dua jenis kegembiraan. Kegembiraan yang pertama adalah kegembiraan yang menetap –kita memohon kepada Allah agar kita menjadi golongan ini- sedangkan yang kedua adalah kegembiraan yang pergi menghilang كَانَ فِي أَهْلِهِ مَسْرُورًا “dahulu ketika di dunia pada keluarganya bergembira” Ada pun saat sekaram mereka tidak mempunyai kegembiraan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Insyiqaq ayat 13: 10-15. Adapun yang diberikan kitab catatan amalannya dari sebelah kiri melalui belakang punggunya, maka mereka akan diseur dengan kebinasaan bagi diri-diri mereka dan akan masuk ke dalam neraka yang menyala-nyala, tersiksa dengan panas (api) dan adzab di dalamnya. Karena mereka di dunia bersenang-senang bersama kaumnya dan lalai. Kemudian Allah jelaskan bahwasanya orang kafir menyangka tidak akan dikembalikan kepada Tuhannya dan tidak akan dihisab. Karena mereka termasuk orang yang angkuh dan fasiq. Maka Allah tegaskan bahwa mereka akan dikembalikan (kepada Rabbnya) dan dihisab atasa amalan mereka. Dimana akan nampak semua di hadapan Allah, dan tidak akan tersembunyi bagi Allah sesuatu apapun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Di dunia. Tidak terpikirkan dalam hatinya, bahwa dirinya akan dibangkitkan, ia pun tidak merasa akan kembali kepada Tuhannya dan berdiri di hadapan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Insyiqaq Ayat 13

Sungguh, dia yang menerima catatan amalnya dari arah belakang dahulu di dunia bergembira di kalangan keluarganya yang kafir. Mereka melampiaskan hawa nafsu dengan kufur dan berbuat maksiat, seakan mereka akan hidup selamanya. 14. Sesungguhnya dia menikmati kekafirannya, merasa leluasa berbuat maksiat, dan mengira bahwa dia tidak akan kembali kepada tuhan untuk dimintai pertanggungjawaban.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari banyak ulama terkait kandungan dan arti surat Al-Insyiqaq ayat 13 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita bersama. Support perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dicari

Kaji berbagai konten yang banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Thalaq, Al-Hadid 20, Al-Ma’idah 8, Al-Baqarah 45, Al-Jin, Al-Qamar 49. Ada pula Ali ‘Imran 139, Al-Isra 25, Ad-Dukhan, Al-Baqarah 43, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 97.

  1. At-Thalaq
  2. Al-Hadid 20
  3. Al-Ma’idah 8
  4. Al-Baqarah 45
  5. Al-Jin
  6. Al-Qamar 49
  7. Ali ‘Imran 139
  8. Al-Isra 25
  9. Ad-Dukhan
  10. Al-Baqarah 43
  11. Tentang Al-Quran
  12. Ali ‘Imran 97

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: