Surat Al-Ghasyiyah Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ู‡ูŽู„ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ูฐูƒูŽ ุญูŽุฏููŠุซู ูฑู„ู’ุบูŽูฐุดููŠูŽุฉู

Arab-Latin: Hal atฤka แธฅadฤซแนกul-gฤsyiyah

Artinya: Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?

ยซ Al-A'la 19 โœต Al-Ghasyiyah 2 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Berkaitan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran berharga dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penjabaran dari banyak ahli ilmu terkait isi surat Al-Ghasyiyah ayat 1, antara lain sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apakah sudah datang kepadamu (wahai rasul) ,kabar hari kiamat yang ketakutannya mencekap seluruh manusia?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1-2. Hai Rasulullah, apakah telah sampai kepadamu berita tentang huru-hara yang mengepung manusia pada hari kiamat? Pada hari itu terdapat manusia yang wajahnya diselimuti kehinaan.

Kalimat (ุงู„ุฎุดูˆุน) juga dapat diartikan kehinaan, seperti dalam firman Allah:
ูˆูŽุชูŽุฑูŽู‰ูฐู‡ูู…ู’ ูŠูุนู’ุฑูŽุถููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุฎูŽูฐุดูุนููŠู†ูŽ ู…ูู†ูŽ ูฑู„ุฐู‘ูู„ู‘ู

Dan kamu akan melihat mereka dihadapkan ke neraka dalam keadaan tunduk terhina. (asy-Syura: 45).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Apakah telah datangkah kepadamu -wahai Rasul- berita tentang hari Kiamat yang menjadikan manusia pingsan karena huru-haranya?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. ู‡ูŽู„ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ูฐูƒูŽ ุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ุบูฐุดููŠูŽุฉู (Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?)
Hai Muhammad, telah datang kepadamu berita tentang hari kiamat.
Hari kiamat disebut dengan (ุงู„ุบุงุดูŠุฉ) karena ia meliputi seluruh makhluk dengan kengeriannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan: Diriwayatkan dari Muslim dan lainnya, dari Nuโ€™man bin Basyir, bahwa Rasul SAW membaca sabbih isma rabbika al aโ€™la dan Alghasyiyah pada saat shoalt Jumโ€™at dan dua hari raya.

1. Wahai Nabi, apakah kabar tentang hari kiamat sudah sampai kepadamu? Hari dimana manusia menjadi pucat karena kedahsyatan hiruk pikuknya? Al ghasyiyah : bencana


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah sudah sampai kepadamu berita tentang hari kiamat} hari kiamat yang menutupi manusia dengan kengeriannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1. Allah menyebutkan kondisi-kondisi pada Hari Kiamat serta berbagai huru-hara dahsyat yang akan terjadi pada hari itu. Huru-hara itu akan mengitari seluruh manusia dengan berbagai kedahsyatannya. Manusia diberi balasan atas amal perbuatan mereka dan mereka terbagi menjadi dua golongan; satu golongan berada di surga dan golongan lain berada di neraka. Allah memberitahukan sifat masing-masing kedua golongan tersebut.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-8
(Al-Ghasyiyah) salah satu nama hari kiamat. Pendapat ini dikatakan Ibnu Abbas dan Qatadah karena hari kiamat menutupi semua manusia dan meliputi mereka semuanya.
Firman Allah SWT: (Banyak muka pada hari itu tunduk terhina (2)) yaitu terhina. Pendapat ini dikatakan Qatadah.
Firman Allah SWT: (bekerja keras lagi kepayahan (3)) yaitu banyak melakukan kerja keras yang memayahkan diri, tetapi pada akhirnya di hari kiamat dimasukkan ke dalam neraka yang amat panas.
Imam Bukhari berkata bahwa Ibnu Abbas berkata tentang firmanNya: (bekerja keras lagi kepayahan (3)) yaitu orang-orang Nasrani.
Diriwayatkan dari Ikrimah dan As-Suddi, bahwa makna yang dimaksud adalah bekerja keras di dunia melakukan kemaksiatan, dan kepayahan di dalam neraka karena azab dan siksaan yang membinasakan.
Al-Hasan, dan Qatadah berkata tentang firmanNya: (memasuki api yang sangat panas (neraka) (4)) yaitu, yang amat sangat panasnya (diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas (5)) yaitu panasnya mencapai ujung titik didihnya. Pendapat ini dikatakan Ibnu Abbas, Mujahid, Al-Hasan, dan As-Suddi.
Firman Allah SWT: (Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri (6) Ibnu Abbas berkata bahwa maknannya adalah pohon dari api.
Imam Bukhari berkata bahwa Mujahid berkata bahwa โ€œAdh-dhari'โ€ adalah nama tumbuhan yang dikenal dengan nama lain โ€œAsy-syabraqโ€ yang mana orang-orang Hijaz menamainya โ€œAdh-dhari'โ€ jika sudah kering, pohon ini mengandung racun.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri (6)) yaitu tumbuhan โ€œAsy-syabraqโ€ yang jika kering dinamakan โ€œAdh-dhari'โ€.
Ini merupakan makanan paling buruk, paling kotor, dan paling menjijikkan.
Firman Allah SWT: (yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar (7)) yaitu tidak dapat memenuhi tujuan dan tidak dapat pula menolak hal yang tidak diinginkan


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Surah inilah yang telah dikabarkan bahwasanya Rasulullah ๏ทบ kerap membaca surah ini bersama surah sebelumnya yaitu surah Al-A'la di dua rakaat shalat Jum'at da Shalat Ied.

{ ู‡ูŽู„ู’ ุฃูŽุชูŽุงูƒูŽ } Sungguh telah datang kepadamu, { ุญูŽุฏููŠุซู } kabar { ุงู„ู’ุบูŽุงุดููŠูŽุฉู } tentang hari kiamat beserta peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari itu, surah ini dinamakan surah " ุงู„ุบุงุดูŠุฉ " karena pada hari itu ( ุชุบุดู‘ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ู„ู‡ูˆู„ู‡ุง ) manusia menutupi diri mereka dari dahsyatnya peristiwa pada hari itu,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ู‡ูŽู„ู’ ุฃูŽุชูŽุงูƒูŽ ุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ุบูŽุงุดููŠูŽุฉู " Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?" Pembicaran disini boleh ditujukan kepada Rasul shallallaahu 'alaihi wa sallam saja, dan ummatnya sebagai pengikutnya, dan boleh juga lebih luas bagi setiap orang yang bisa diajak bicara, istifham (kalimat tanya) di sini untuk menarik perhatian, ini serupa dengan firman Allah Ta'ala: ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู‡ูŽู„ู’ ุฃูŽุฏูู„ู‘ููƒูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุชูุฌูŽุงุฑูŽุฉู ุชูู†ู’ุฌููŠูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุฃูŽู„ููŠู… " Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?"(QS. Ash-Shaff: 10) boleh juga difungsikan sebagai pengagungan karena besarnya berita tentang hari pembalasan.

ุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ุบูŽุงุดููŠูŽุฉู " berita (tentang) hari pembalasan?" Maknanya: Berita dan kabar tentangnya, al-Ghasyiyah: Kejadian dahsyat yang besar yang mengagetkan manusia, itu adalah hari kiamat yang banyak Allah ceritakan dalam al-Quran, Allah mensifatinya dengan sifat-sifat yang besar, seperti dalam firman-Nya Ta'ala: ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุฒูŽู„ู’ุฒูŽู„ูŽุฉูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุนูŽุธููŠู…ูŒ (1) ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽู‡ูŽุง ุชูŽุฐู’ู‡ูŽู„ู ูƒูู„ู‘ู ู…ูุฑู’ุถูุนูŽุฉู ุนูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุฑู’ุถูŽุนูŽุชู’ ูˆูŽุชูŽุถูŽุนู ูƒูู„ู‘ู ุฐูŽุงุชู ุญูŽู…ู’ู„ู ุญูŽู…ู’ู„ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุณููƒูŽุงุฑูŽู‰ ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ูู…ู’ ุจูุณููƒูŽุงุฑูŽู‰ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุดูŽุฏููŠุฏูŒ " Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat keguncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat keras."(QS. Al-Hajj: 1-2)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ghasyiyah ayat 1: 1-7. Surat ini dimulai dengan keadaan-keadaan hari kiamat, Allah berkata : Apakah telah sampai padamu (wahai Nabi ๏ทบ) tentang kabar hari (yang di dalamnya) terdapat musibah yang besar yaitu hari kiamat, dimana semua makhluk ketakutan dengan kondisinya yang mengerikan ?. Kemudian Allah menjelaskan bahwa manusia pada hari itu terbagi menjadi dua kelompok, kelompok yang wajahnya tertunduk kebawah terhina dan ia adalah wajah orang kafir dan musyrik, karena mereka melihat akibat (amalan mereka) dengan ketakutan. Wajah orang-orang ini adalah wajah yang sudah keterlaluan dalam kesesatan, pada saat di dunia beramal dengan amalan yang buruk dan merasa tidak betah (dengan amalan yang baik). Mereka mengira bahwa mereka telah berbuat kebaikan; Dimana setan telah menjadikan indah amalan-amalan kebathilan mereka. Kemudian Allah menejelaskan bahwa pemilik wajah ini tempat kembalinya adalah neraka hamiyah yang telah disiapkan panas nyala apinya. Dan ketika mereka kehausan, mereka akan diberikan air dari mata air yang bersumer dari panas api neraka. Dan apabila mereka merasakan lapar, mereka makan dengan makanan yang namanya adalah dhariโ€™, dan ia adalah macam dari tumbuhan berduri yang buruk yang biasa dimakan oleh binatang liar, dan makanan ini tentut membahayakan mereka dan tidak menjadikan manfaat bagi mereka, tidak juga mengenyangkan tubuh, dan tidak pula mengobati rasa lapar mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan beberapa peristiwa pada hari Kiamat dan bahwa malapetakanya menimpa makhluk secara merata.

Hari Kiamat disebut Al Ghaasyiyah, karena malapetakanya merata menimpa makhluk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ghasyiyah Ayat 1

Hari kiamat adalah rahasia besar. Wahai nabi, sudahkah sampai kepadamu berita tentang hari kiamat yang penuh kengerian itu'2. Pada hari kiamat manusia terbagi menjadi dua, kelompok yang celaka dan kelompok yang berbahagia. Pada hari itu banyak wajah yang tertunduk hina. Mereka saat itu menyadari perilaku buruk mereka. Hati mereka terguncang dan sangat risau akan nasib mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjabaran dari kalangan mufassirun terkait kandungan dan arti surat Al-Ghasyiyah ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Bantulah syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Sering Dicari

Terdapat banyak materi yang paling sering dicari, seperti surat/ayat: Ad-Dukhan, Ali ‘Imran 97, Al-Jin, Al-Qamar 49, At-Thalaq, Tentang Al-Quran. Juga Al-Hadid 20, Al-Baqarah 43, Ali ‘Imran 139, Al-Isra 25, Al-Baqarah 45, Al-Ma’idah 8.

  1. Ad-Dukhan
  2. Ali ‘Imran 97
  3. Al-Jin
  4. Al-Qamar 49
  5. At-Thalaq
  6. Tentang Al-Quran
  7. Al-Hadid 20
  8. Al-Baqarah 43
  9. Ali ‘Imran 139
  10. Al-Isra 25
  11. Al-Baqarah 45
  12. Al-Ma’idah 8

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: