Surat Al-Ghasyiyah Ayat 6

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ู„ู‘ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุทูŽุนูŽุงู…ูŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูู† ุถูŽุฑููŠุนู

Arab-Latin: Laisa lahum แนญa'ฤmun illฤ min แธarฤซ'

Artinya: Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri,

ยซ Al-Ghasyiyah 5 โœต Al-Ghasyiyah 7 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Berkaitan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 6

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 6 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah menarik dari ayat ini. Didapati bermacam penafsiran dari para ulama tafsir mengenai isi surat Al-Ghasyiyah ayat 6, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2-7. Pada hari itu,wajah orang orang kafir terhina oleh azab, Lelah dan cape karena bekerja, Di bakar api yang bergejolak, Diberi minum dengan mata air yang panas, Penduduk neraka tidak diberi makan kecuali dari tumbuhan berduri yang merayap dibumi, ia termasuk makanan paling buruk dan jelek, Tidak menggemukkan badan pemakannya dan tidak menutupi rasa lapar dan kepayahan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

6. Mereka tidak mendapatkan makanan melainkan tanaman kering yang berduri; tanaman ini tidak dapat menggemukkan orang yang memakannya dan tidak dapat mengobati tubuh mereka dari luka bakar, tidak pula dapat menghilangkan rasa lapar.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

6. Mereka tidak mendapatkan makanan yang bisa mereka makan selain makanan yang paling buruk dan tanaman yang sangat busuk yang bernama Syibriq, jika tanaman ini kering maka ia menjadi beracun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

6. ู„ูŽู‘ูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุทูŽุนูŽุงู…ูŒ ุฅูู„ูŽู‘ุง ู…ูู† ุถูŽุฑููŠุนู (Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri)
Yaitu sejenis pohon berduri yang dalam bahasa orang Quraisy disebut dengan (ุงู„ุดุจุฑู‚) jika masih basah, dan jika telah kering disebut dengan (ุงู„ุถุฑูŠุน).


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. Mereka tidak diberi makanan apapun kecuali makanan yang pahit, menyedihkan, dan penuh duri. Adl dlariโ€™ bermakna makanan berduri yang kering, yang dimakan unta bila tidak ada makanan lagi. Makanan ini tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Namun bila makanan ini basah disebut asy syabra


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri} tanaman yang buruk, berduri dan melekat di tanah, disebut tanaman Syibriq


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

2-7. Allah berfirman tentang sifat penghuni neraka, โ€œbanyak muka pada hari itu,โ€ yakni pada Hari Kiamat, โ€œtunduk terhina,โ€ yakni karena terhina, tercela, dan nista. โ€œbekerja keras lagi kepayahan,โ€ yakni lelah dalam siksaan, dan diseret di atas wajahnya.
Kemungkinan lain maksud firman Allah, โ€œBanyak muka pada hari itu tunduk terhina. Bekerja keras lagi kepayahan,โ€ adalah di dunia, karena mereka adalah ahli ibadah dan amal ketika berada di dunia, tapi karena syaratnya tidak dipenuhi, yaitu iman, maka ibadah dan amalan tersebut menjadi debu yang beterbangan (sia-sia).
Meski kemungkinan maksud tersebut benar dari segi makna tapi tidak ditunjukkan oleh konteks ayat. Yang benar dan pasti adalah makna pertama karena teks tersebut di batasi dengan kata keterangan waktu, yaitu Hari KIamat, karena maksud dari ayat tersebut adalah penjelasan tentang penghuni neraka secara umum dan karena konteks ayat menjelaskan kondisi manusia pada saat diliputi oleh Hari Kiamat sehingga tidak mencakup kondisi mereka ketika berada di dunia.
Firman Allah, โ€œMemasuki api yang sangat panas (neraka),โ€ yaitu amat panas dan meliputi mereka dari segala penjuru. โ€œDiberi minum dengan air dari sumber yang sangat panas,โ€ yakni benar-benar panas.
Itulah minuman mereka. Dan makanan mereka, โ€œmereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.โ€ Hal itu karena tujuan makan adalah satu dari dua hal berikut; menghilangkan lapar dan rasa sakitnya lapar atau menggemukkan badan. Sedangkan makanan neraka tersebut sama sekali tidak memiliki kedua tujuan itu. Lebih dari itu, makanan ini amat sangat pahit, berbau busuk dan menjijikkan. Kita memohon semoga Allah menganugerahkan keselamatan bagi kita.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุทูŽุนูŽุงู…ูŒ } Mereka tidak diberi makan { ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูู†ู’ ุถูŽุฑููŠุนู } kecuali dari pohon yang berduri.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Sedangkan makanan mereka, Allah berfirman: ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุทูŽุนูŽุงู…ูŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูู†ู’ ุถูŽุฑููŠุนู (6) ู„ูŽุง ูŠูุณู’ู…ูู†ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุบู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ ุฌููˆุนู " Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." Dharii', mereka mengatakan: Itu adalah pohon berduri besar, jika mongering tidak dapat diberikan ke hewan ternak, jika masih hijau maka dapat dimakan unta, kita biasa menyebutnya dengan syibriq. Penduduk neraka โ€“wal'iyaadzu billaah- di neraka nanti tidak mendapatkan mekanan kecuali dari pohon berduri tersebut, tapi jangan anda kira pohon berduri yang berada di neraka sama seperti yang ada dunia, ia jauh berbeda, oleh karenanya Allah berfirman ู„ูŽุง ูŠูุณู’ู…ูู†ู " tidak menggemukkan " secara lahirnya ia tidak memberikan manfaat kepada tubuh ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุบู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ ุฌููˆุนู " dan tidak pula menghilangkan lapar." Tidak bermanfaat juga secara batinnya, pohon itu tidak ada baiknya sama sekali, tidak ada kecuali duri dan berat saat ditelan, pahit, dan berbau busuk yang tidak bisa diambil manfaatnya sama sekali.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ghasyiyah ayat 6: 1-7. Surat ini dimulai dengan keadaan-keadaan hari kiamat, Allah berkata : Apakah telah sampai padamu (wahai Nabi ๏ทบ) tentang kabar hari (yang di dalamnya) terdapat musibah yang besar yaitu hari kiamat, dimana semua makhluk ketakutan dengan kondisinya yang mengerikan ?. Kemudian Allah menjelaskan bahwa manusia pada hari itu terbagi menjadi dua kelompok, kelompok yang wajahnya tertunduk kebawah terhina dan ia adalah wajah orang kafir dan musyrik, karena mereka melihat akibat (amalan mereka) dengan ketakutan. Wajah orang-orang ini adalah wajah yang sudah keterlaluan dalam kesesatan, pada saat di dunia beramal dengan amalan yang buruk dan merasa tidak betah (dengan amalan yang baik). Mereka mengira bahwa mereka telah berbuat kebaikan; Dimana setan telah menjadikan indah amalan-amalan kebathilan mereka. Kemudian Allah menejelaskan bahwa pemilik wajah ini tempat kembalinya adalah neraka hamiyah yang telah disiapkan panas nyala apinya. Dan ketika mereka kehausan, mereka akan diberikan air dari mata air yang bersumer dari panas api neraka. Dan apabila mereka merasakan lapar, mereka makan dengan makanan yang namanya adalah dhariโ€™, dan ia adalah macam dari tumbuhan berduri yang buruk yang biasa dimakan oleh binatang liar, dan makanan ini tentut membahayakan mereka dan tidak menjadikan manfaat bagi mereka, tidak juga mengenyangkan tubuh, dan tidak pula mengobati rasa lapar mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ghasyiyah Ayat 6

Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri, yang rasanya pahit, panas, menjijikkan, dan berbau tidak sedap. Para penghuni neraka itu memakannya, di samping memakan pohon zaqq'm (lihat: ad-dukh'n/44: 43) dan 'gisl'n' (lihat: al-ma''rij/70: 36). 7. Itulah makanan yang sama sekali tidak memberi manfaat bagi pemakannya. Makanan itu tidak menggemukkan badan dan tidak pula menghilangkan rasa lapar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjelasan dari banyak mufassirun berkaitan kandungan dan arti surat Al-Ghasyiyah ayat 6 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dikunjungi

Nikmati ratusan topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 97, Tentang Al-Quran, Al-Qamar 49, Ad-Dukhan, Al-Baqarah 43, Al-Jin. Ada juga Ali ‘Imran 139, Al-Hadid 20, Al-Isra 25, Al-Baqarah 45, At-Thalaq, Al-Ma’idah 8.

  1. Ali ‘Imran 97
  2. Tentang Al-Quran
  3. Al-Qamar 49
  4. Ad-Dukhan
  5. Al-Baqarah 43
  6. Al-Jin
  7. Ali ‘Imran 139
  8. Al-Hadid 20
  9. Al-Isra 25
  10. Al-Baqarah 45
  11. At-Thalaq
  12. Al-Ma’idah 8

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: