Surat Al-Ghasyiyah Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู† ุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู‰ูฐ ูˆูŽูƒูŽููŽุฑูŽ

Arab-Latin: Illฤ man tawallฤ wa kafar

Artinya: Tetapi orang yang berpaling dan kafir,

ยซ Al-Ghasyiyah 22 โœต Al-Ghasyiyah 24 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjabaran dari banyak ulama tafsir mengenai isi surat Al-Ghasyiyah ayat 23, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

23-24. Orang yang berpaling dari peringatan dan nasihat,terus mempertahankan kekafirannya, Allah akan mengazabnya dengan azab yang berat didalam neraka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

23-24. Dan barangsiapa yang enggan menerima peringatan dan tetap di atas kekafirannya, maka Allah akan membalasnya dengan azab berat yang lebih dari biasanya.

Ini merupakan bantahan bagi orang yang mengira telah bebas dari pertanggungjawaban atas kelalaiannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Akan tetapi orang-orang yang berpaling dari iman dan ingkar kepada Allah dan Rasul-Nya,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. ุฅูู„ูŽู‘ุง ู…ูŽู† ุชูŽูˆูŽู„ูŽู‘ู‰ูฐ ูˆูŽูƒูŽููŽุฑูŽ (tetapi orang yang berpaling dan kafir)
Yakni akan tetapi orang yang berpaling dari peringatan itu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23-24. Namun orang-orang yang ingkar dan membangkang terhadap ayat Al-quran, maka Allah akan mengazabnya pada hari kiamat dengan azab yang pedih, yaitu azab neraka Jahannam


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Berkuasa, sehingga kamu bisa memaksa mereka untuk beriman {Akan tetapi orang yang berpaling dan ingkar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23-24. Firman Allah, โ€œTetapi orang yang berpaling dan kafir,โ€ yaitu, tetapi orang yang berpaling dari ketaatan dan kufur terhadap Allah, โ€œmaka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar,โ€ yakni yang amat sangat dahsyat dan terus menerus.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Kecuali siapa yang berpaling dari peringatan itu dan tetap berada dalam kekfiran, maka Allah ๏ทป akan menyiksa mereka dengan azab yang paling besar, yaitu azab neraka yang sangat pedih dan sangat panas apinya, karena azab kubur adalah azab yang paling rendah derajatnya, sedangkanazab yang paling besar adalah azab akhirat, Allah ๏ทป berfirman : { ูˆูŽู„ูŽู†ูุฐููŠู‚ูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ุฃูŽุฏู’ู†ูŽู‰ูฐ } ( Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) ) yakni azab kubur { ุฏููˆู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู } ( sebelum azab yang lebih besar (di akhirat) ) [ Assajdah : 21 ] .


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู‰ ูˆูŽูƒูŽููŽุฑูŽ (23) ููŽูŠูุนูŽุฐู‘ูุจูู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑูŽ " tetapi orang yang berpaling dan kafir, maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar. " Para ulama mengatakan: ุฅูู„ู‘ุงูŽ [Illa] di sini bermakna ู„ูŽูƒูู† [Lakin] maksudnya: Bahwa istitsna (pengcualian) pada ayat ini terputus tidak tersambung, perbedaan pengecualin yang bersambung dengan yang terputus adalah bahwa yang bersambung itu terjadi ketika mustatsna (pengecualian itu) masih sejenis dengan mustastna Munhu (sesuatu yang dikecualikan), sedangkan mustatsnaa yang munqathi' (terputus) bukan dari mustatsnaa minhu.Misalnya kita coba saja jika itu muttasil, maka makna ayat tersebut adalah: Anda bukanlah yang menguasai mereka kecuali orang yang berpaling dan kafir anda dapat menguasainya. Sedangkan perkaranya tidaklah demikian, tetapi makna yang benar: Tetapi orang yang berpaling dan kafir setelah engkau beri peringatan kepadanya, maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar, maka siapa saja yang berpaling dan kafir setalah disampaikan wahyu yang turun kepada Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, maka ia akan disiksa.
ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู‰ ูˆูŽูƒูŽููŽุฑูŽ " tetapi orang yang berpaling dan kafir," Maknanya berpaling, ia enggan mengarah kepada kebenaran, enggan menerima kebenaran dan enggan mendengarkan kebenaran, andai ia mendengarkan kebenaran dengan telinganya, ia tetap tidak mendengarnya dengan hatinya, sebagaimana Allah Ta'ala berfirman: ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽูˆู’ุง ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุณู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ (20) ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูƒููˆู†ููˆุง ูƒูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุณูŽู…ูุนู’ู†ูŽุง ูˆูŽู‡ูู…ู’ ู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ (21) ุฅูู†ู‘ูŽ ุดูŽุฑู‘ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽูˆูŽุงุจู‘ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุตู‘ูู…ู‘ู ุงู„ู’ุจููƒู’ู…ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู‚ูู„ููˆู†ูŽ " Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling daripada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya), dan janganlah kamu menjadi sebagai orang-orang (munafik) yang berkata: "Kami mendengarkan, padahal mereka tidak mendengarkan."(QS. Al-Anfal: 20-21) Maknanya: Mereka tidak patuh, dalam ayat tersebut Allah 'Azza Wa Jalla berfirman: ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽู‰ ูˆูŽูƒูŽููŽุฑูŽ " tetapi orang yang berpaling dan kafir," Tawalla berarti berpaling, dan kafir maknanya: Sombong dan tidak menerimaapa-apa yang dibawa oleh Rasul 'alaissholaatu wassalaam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ghasyiyah ayat 23: 23-24. Ketahuilah wahai Nabi Allah barangsiapa yang berpaling dari mereka (orang-orang musyrik) dan menolak dari peringatan dan menolak kebenaran, maka Allah akan mengadzabnya dengan adzab yang besar di akhirat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dari menaati atau beriman.

Kepada Allah dan kitab-Nya Al Qurโ€™an.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ghasyiyah Ayat 23

23-24. Engkau tidak kuasa memberi mereka hidayah, kecuali jika ada orang yang berpaling dari ajakanmu dan memilih untuk tetap kafir kepada Allah dan hari akhir, maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar dan tak tertahankan. Azab itu bukanlah bentuk kezaliman Allah karena dia telah memaparkan kepada mereka bukti-bukti eksistensi dan keesaan Allah dan kebenaran risalah nabi Muhammad, namun mereka masih ingkar dan membangkang, bahkan menantang dan menyakiti nabi


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjabaran dari banyak mufassirin terhadap makna dan arti surat Al-Ghasyiyah ayat 23 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk ummat. Sokonglah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dikunjungi

Telaah ratusan topik yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Jin, Tentang Al-Quran, Al-Ma’idah 8, Al-Hadid 20, Al-Qamar 49, Ad-Dukhan. Ada juga At-Thalaq, Al-Isra 25, Ali ‘Imran 97, Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 43, Al-Baqarah 45.

  1. Al-Jin
  2. Tentang Al-Quran
  3. Al-Ma’idah 8
  4. Al-Hadid 20
  5. Al-Qamar 49
  6. Ad-Dukhan
  7. At-Thalaq
  8. Al-Isra 25
  9. Ali ‘Imran 97
  10. Ali ‘Imran 139
  11. Al-Baqarah 43
  12. Al-Baqarah 45

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: