Surat Az-Zalzalah Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ู„ูŽู‡ูŽุง

Arab-Latin: Bi`anna rabbaka auแธฅฤ lahฤ

Artinya: Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.

ยซ Az-Zalzalah 4 โœต Az-Zalzalah 6 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Dengan Surat Az-Zalzalah Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zalzalah Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran penting dari ayat ini. Didapatkan beberapa penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan kandungan surat Az-Zalzalah ayat 5, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

4-5. Pada hari kiamat,bumi akan mengabarkan tentang apa yang di lakukan diatasnya, kebaikan atau keburukan, Dan bahwasanya Allah memerintahkannya agar mengabarkan tentang apa yang dilakukan di atasnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Karena Allah memberitahukan kepadanya dan memerintahkannya untuk itu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5. ุจูุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ู„ูŽู‡ูŽุง (karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya)
Yakni bumi menceritakan beritanya dengan wahyu dan perintah dari Allah agar berbicara dan menjadi saksi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Dia berbicara melalui kejadian itu atas perintah Allah kepadanya. Allah memerintahkannya untuk mengeluarkan beban-beban beratnya dan berbicara tentang beritanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan padanya} karena Allah memerintahkannya untuk memberitahu apa yang dilakukan di atasnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4-5. โ€œPada hari itu bumi menceritakan beritanya,โ€ yakni bumi akan bersaksi atas perbuatan baik dan buruk yang dilakukan manusia di atasnya. Bumi adalah satu dari sekian saksi yang bersaksi untuk manusia atas perbuatan-perbuatan mereka. Demikian itu โ€œkarena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya,โ€ yakni memerintahkan bumi untuk memberitahukan perbuatan yang dilakukan di atasnya dan bumi tidak mendurhakai perintahNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Apa yang menjadikan bumi ini berbicara dan menceritakan berita tentangnya ?

{ ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ู„ูŽู‡ูŽุง } Allah - ุนุฒ ูˆุฌู„ - yang menjadikan bumi ini mampu berbicara kemudian ia menceritakan kabar-kabar yang telah terjadi diatasnya, bumi juga menjadi saksi atas perbuatan ummat manusia.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Firman Allah: ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ ู„ูŽู‡ูŽุง " karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya." Maknanya: Karena disebabkan Allah telah mewahyukan kepadanya, yakni: Allah telah mengizinkannya untuk memberitakan berita-beritanya. Dan Allah subhaanahu wa Ta'ala Maha Kuasa atas segala sesuatu, apa bila Allah memerintah dangan suatu perintah, maka itu pasti terjadi. Allah mengajak bicara benda mati, maka benda mati itu bisa berbicara sebagaimana Allah Ta'ala berfirman: ุซูู…ู‘ูŽ ุงุณู’ุชูŽูˆูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุฏูุฎูŽุงู†ูŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุงุฆู’ุชููŠูŽุง ุทูŽูˆู’ุนู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุฑู’ู‡ู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชูŽุง ุฃูŽุชูŽูŠู’ู†ูŽุง ุทูŽุงุฆูุนููŠู†ูŽ " Kemudian Dia menuju ke atas langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati"(QS. Fishilat: 11) Allah Ta'ala berfirman kepada al-Qalam (pena): ุงููƒู’ุชูุจู’ "Tulislah?" ia menjawab: "Ya Rabb, apakah yang saya tulis? Allah menjawab: ุงููƒู’ุชูุจู’ ู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ูƒูŽุงุฆู’ู†ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู " Tulislah apa-apa yang terjadi hingga hari kiamat "(1)
Allah ta'ala berfirman: ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู†ูŽุฎู’ุชูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽูู’ูˆูŽุงู‡ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชููƒูŽู„ู‘ูู…ูู†ูŽุง ุฃูŽูŠู’ุฏููŠู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽุฑู’ุฌูู„ูู‡ูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูƒู’ุณูุจููˆู†ูŽ (65) " Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan."(QS. Yasin: 65) Allah 'Azza Wa Jalla bila mengajak bicara kepada sesuatu walau pun itu adalah benda mati maka ia akan bisa berbicara kepada Allah. Oleh karenanya Allah berfirman: ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ุชูุญูŽุฏู‘ูุซู ุฃูŽุฎู’ุจูŽุงุฑูŽู‡ูŽุง (4) ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ ู„ูŽู‡ูŽุง " pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya."

(1) Dikeluarkan oleh Abu Daud (4700) dan Tirmidziy (2155) dari hadits Ubadah Bin Shamit radhiyallaahu 'anhu, dinyatakan shahih oleh Al-Albaniy dalam shahih al-Jami' (2017)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zalzalah ayat 5: 4-5. Allah menjelaskan bahwa bumi pada saat digoncangkan ia ketakutan, dan akan mengabarkan atas apa yang telah diperbuat padanya dari kebaikan maupun keburukan. pengkabaran itu terjadi karena sebab Allah memuliakan urusannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zalzalah Ayat 5

Bumi menyampaikan kepada manusia apa yang terjadi padanya dan bersaksi di hadapan Allah tentang apa saja yang manusia lakukan di atasnya karena sesungguhnya tuhan'mu telah memerintahkan padanya untuk berbuat demikian. 6. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya untuk menuju tempat hisab, atau beranjak dari tempat hisab itu, dalam keadaan berkelompok-kelompok. Kondisi mereka beragam; sebagian merasa tenang dan sebagian yang lain begitu gundah dan ketakutan. Mereka digiring dengan gegas ke surga atau neraka untuk diperlihatkan kepada mereka balasan semua perbuatannya yang telah Allah janjikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjelasan dari para mufassirin terhadap isi dan arti surat Az-Zalzalah ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Sokonglah kemajuan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dikaji

Terdapat ratusan topik yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Ma’un, Al-‘Alaq, At-Tin, Yusuf 4, Alhamdulillah, Al-Baqarah 183. Termasuk Inna Lillahi, Al-Bayyinah, Al-Fil, Ali ‘Imran 159, Al-Insyirah, Al-Fath.

  1. Al-Ma’un
  2. Al-‘Alaq
  3. At-Tin
  4. Yusuf 4
  5. Alhamdulillah
  6. Al-Baqarah 183
  7. Inna Lillahi
  8. Al-Bayyinah
  9. Al-Fil
  10. Ali ‘Imran 159
  11. Al-Insyirah
  12. Al-Fath

Pencarian: an nahl ayat 114, ali imran ayat 92, ali imran ayat 19, surat at thalaq, annisa ayat 23

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: