Surat At-Takatsur Ayat 7

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ ٱلْيَقِينِ

Arab-Latin: ṡumma latarawunnahā 'ainal-yaqīn

Artinya: Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin.

« At-Takatsur 6At-Takatsur 8 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Dengan Surat At-Takatsur Ayat 7

Paragraf di atas merupakan Surat At-Takatsur Ayat 7 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah menarik dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penafsiran dari beragam ulama tafsir mengenai makna surat At-Takatsur ayat 7, antara lain seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-8. Tidak sepatutnya kalian disibukkan oleh berlomba lomba dalam urusan memperbanyak harta, seandainya kalian mengetahui dengan sebenarnya,niscaya kalian tidak melakukan hal itu, dan niscaya kalian bersegera menyelamatkan diri kalian dari kebinasaan. Kalian akan melihat neraka jahim, Kemudian kalian pasti melihatnya tanpa keraguan, Kemudian kalian akan ditanya pada hari kiamat tentang berbagai macam kenikmatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

7. Kemudian kalian akan menyaksikannya dengan penuh keyakinan, tidak ada keraguan padanya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

7. ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيۡنَ الۡيَقِيۡنِۙ‏ (dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin)
Yakni kemudian kalian akan melihat neraka dengan penglihatan yang meyakinkan, yaitu melihatnya dengan mata kepala kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

7. Setelah itu kalian akan melihat menggunakan mata kalian dengan penglihatan yang sangat yakin bahwa kalian akan memasukinya. Ayat ini sebagai penegas ayat sebelumnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan sungguh kalian benar-benar akan melihatnya dengan penglihatan yang sebenarnya} sungguh kalian akan menyaksikannya dengan sebenar-benarnya tanpa ada keraguan tentangnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

7. “Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin,” yakni dengan penglihatan mata. Allah berfirman :
Dan orang-orang yang berdosa melihat neraka, maka mereka meyakini, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya dan mereka tidak menemukan tempat berpaling dari padanya. (QS. al-kahfi.53)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-8
Allah SWT berfirman, bahwa kesibukan kalian terhadap kecintaan, kenikmatan dan perhiasan dunia sehingga melupakan upaya untuk mencari akhirat. Dan kalian terus-menerus sibuk dengan itu hingga kematian datang kepada kalian dan kalian dimasukkan ke dalam kubur dan kalian menjadi penghuninya.
Makna firmanNya (sampai kalian masuk ke dalam kubur) yaitu kalian masuk ke dalamnya dan kalian dikuubur di dalamnya
Firman Allah SWT: (Janganlah begitu, kelak kalian akan mengetahui (akibat perbuatan kalian itu) (3) dan janganlah begitu, kelak kalian akan mengetahui (4)) Hasan Al-Bashri berkata bahwa ini merupakan ancaman setelah ancaman lainnya.
Firman Allah: (Janganlah begitu, jika kalian mengetahui dengan pengetahuan 'ainul yaqin (5)) yaitu seandainya kalian mengetahui dengan sebenarnya, sungguh kalian tidak akan terlena dengan memperbanyak harta sehingga lupa dari mencari akhirat, sampai kalian masuk ke dalam kubur.
Kemudian Allah berfirman: (niscaya kalian benar-benar akan melihat neraka Jahim (6) dan sesungguhnya kalian benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin (7)) Dia mengancam mereka dengan keadaan ini, yaitu saat melihat neraka yang ketika neraka bergolak dengan sekali golak. Maka menyungkurlah semua malaikat yang didekatkan dan nabi yang diutus dengan di atas kedua lututnya karena takut dan menyaksikan hal yang sangat mengerikan, sebagaimana yang akan disebutkan dalam atsar yang diriwayatkan tentang keadaan tersebut.
Firman Allah SWT: (kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kalian megahkan di dunia itu) (8)) yaitu kemudian pada hari itu kalian benar-benar akan dimintai pertanggungjawaban tentang mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah kepada kalian, berupa kesehatan, keamanan, rezeki, dan hal lainnya. Apakah kalian memabas nikmatNya dengan bersyukur dan beribadah kepadaNya?
Diriwayatkan dari Abdullah bin Az-Zubair, dia berkata bahwa Az-Zubair pernah berkata bahwa ketika firmanNya: (kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kalian megahkan di dunia itu) turun, mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, nikmat apakah yang ditakanyan kepada kami, padahal sesungguhnya makanan kami hanyalah kurma dan air saja?" Rasulullah SAW menjawab,”Sesungguhnya pertanyaan itu akan ada”
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (kemudian kalian pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (8)) dia berkata bahwa kenikmatan itu adalah kesehatan tubuh, pendengaran, dan penglihatan. Allah akan bertanya kepada para hamba untuk apakah mereka menggunakannya, sedangkan Dia Maha Mengetahui hal itu daripada mereka. Hal ini disebutkan firmanNya: (Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya) (Surah Al-Isra: 36)


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Kemudian kalian akan melihatnya dengan penuh keyakinan, didunia kalian mendengarkan dan mengetahui tentang neraka itu, dan pada hari hari kiamat neraka itu akan kalian saksikan dengan mata kalian sendiri.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ " dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainulyaqin," Penegasan bahwa akan benar-benar melihat jahim, kapan akn terlihat? Ia akan terlihat pada hari kiamat, akan didatangkan neraka jahim, akan digiring dengan tujuh puluh ribu rantai, setiap rantai akan ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat. Maka bagaimana menurt dugaan anda tentang neraka ini, wal'iyaadzu billaah, Ini adalah neraka yang besar, kerena ia digiring dengan tujuh puluh ribu tali, setiap tali ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat, mereka sangat besar dan kasar, itulah neraka yang besar, semoga Allah melindungi kita darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Takatsur ayat 7: Kemudian Allah tegaskan bahwa mereka akan melihat adzab dengan mata kepala hakiki tanpa ragu akan adzab tersebut dan tanpa bimbang. Uutan yakin ada tiga, disebutkan dalam surat ini hanya dua : Yang pertama yakin karena sebab ilmu, disebutkan dalam ayat yang kelima, yang kedua adalah keyakinan dengan melihat melalui mata kepala langsung, disebutkan dalam ayat yang ketujuh, dan yang terakhir adalah sebenar-benarnya keyakinan, disebutkan Allah dalam surat Al Waqi’ah : 95, Allah berfirman : إِنَّ هَـٰذَا لَهُوَ حَقُّ ٱلْيَقِينِ, yang artinya : Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Dan orang-orang yang berdosa melihat neraka, maka mereka meyakini, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya dan mereka tidak menemukan tempat berpaling dari padanya.” (Terj. Al Kahfi: 53)


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Takatsur Ayat 7

Untuk menambah ketakutan manusia terhadap neraka jahim, Allah mengulangi sumpahnya. Kemudian aku bersumpah, kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri. Ketika itu kamu sadar betapa buruk akibat kelalaianmu dari iman dan taat kepada Allah. 8. Kemudian, pada saat kamu menyaksikan neraka jahim dengan mata kepalamu, kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan yang kamu jadikan bahan bermegah-megahan di dunia itu, seperti harta, keturunan, pengikut, dan sebagainya. Semua itu pada haki-katnya adalah cobaan. Jika diperoleh secara halal dan digunakan dengan benar, semua itu akan menguntungkan pemiliknya, baik di dunia maupun akhirat. Bila tidak, semua itu akan menjadikan hidup pemilik-Nya tidak berkah dan menjerumuskannya ke dalam siksaan Allah di akhirat nanti.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjabaran dari berbagai ahli ilmu terkait makna dan arti surat At-Takatsur ayat 7 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Bantulah perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dilihat

Telaah berbagai materi yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Luqman 14, Ali Imran 190-191, Al-Maidah, Al-Fajr, Al-‘Adiyat, Ar-Ra’d 11. Termasuk Al-Baqarah 153, Juz al-Qur’an, Al-Insyirah 5-6, Al-An’am, Al-Balad, Al-Baqarah 185.

  1. Luqman 14
  2. Ali Imran 190-191
  3. Al-Maidah
  4. Al-Fajr
  5. Al-‘Adiyat
  6. Ar-Ra’d 11
  7. Al-Baqarah 153
  8. Juz al-Qur’an
  9. Al-Insyirah 5-6
  10. Al-An’am
  11. Al-Balad
  12. Al-Baqarah 185

Pencarian: surat 12 ayat 26, an nisa artinya, surat tabbat yada, hanya dengan mengingat allah hati menjadi, al-asr

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: