Surat Al-Humazah Ayat 4

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ

Arab-Latin: Kallā layumbażanna fil-ḥuṭamah

Artinya: Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.

« Al-Humazah 3Al-Humazah 5 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Tentang Surat Al-Humazah Ayat 4

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Humazah Ayat 4 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir mendalam dari ayat ini. Diketemukan aneka ragam penafsiran dari berbagai ahli tafsir berkaitan makna surat Al-Humazah ayat 4, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Perkaranya tidak seperti yang disangka, justru dia akan dicampakkan kedalam api neraka yang menghancurkan setiap yang dilempar kepadannya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

4. Sungguh orang itu pantas untuk dicela atas perbuatan dan keyakinannya. Dia tidak melaksanakan kewajiban yang Allah perintahkan, yaitu mengeluarkan hartanya untuk kebaikan. Sungguh dia akan dilemparkan ke dalam neraka Jahannam yang akan menghancurkan setiap orang yang dimasukkan kepadanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

4. Urusannya tidak sebagaimana yang dibayangkan oleh orang bodoh ini. Sungguh ia akan dilemparkan ke dalam Neraka yang menghanguskan dan menghancurkan segala sesuatu yang dilemparkan ke dalamnya karena kekuatannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

4. كَلَّا‌ (sekali-kali tidak!)
Yakni kenyataannya bukan seperti yang dia kira.

لَيُنۡۢبَذَنَّ فِى الۡحُطَمَةِ (Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah)
Yakni dia dan hartanya akan dilemparkan ke dalam neraka yang akan menghancurkan segala yang di masukkan ke dalamnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

4. {Kalla} untuk mencegahnya melakukan hal ini. Sungguh Allah akan mengasingkannya dan melemparkannya dengan hina dan rendah di dalam neraka jahanam yang akan menghancurkan siapa saja yang dilemparkan di dalamnya. {Layunbadzanna} adalah jawaban dari qasam (sumpah) yang dibuang sebagaimana yang telah kami kira-kirakan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sekali-kali tidak} Hal itu tidak seperti yang dia kira {Sungguh dia benar-benar akan dilemparkan} sungguh dia akan dilempar {ke dalam Huthamah} neraka yang setiap sesuatu yang dilemparkan ke dalamnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4-7. “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan,” yakni, akan dilemparkan, “Ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?” ini adalah ungkapan sebagai pengagungan kondisinya . Kemudian Allah menjelaskannya FirmanNya, “(Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,” yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan, “yang” karena dahsyatnya, “naik sampai ke hati,” yakni merasuk dari tubuh hingga ke hati.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-9
“Al-hammaz” dilakukan dengan ucapan dan “al-lammaz”dilakukan dengan perbuatan. yaitu mencela dan merendahkan orang lain. Penjelasan tentang hal itu telah disebutkan dalam firmanNya: (yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur hasutan (11)) (Surah Al-Qalam)
Ibnu Abbas berkata bahwa (humazah lumazah) adalah orang yang suka mencela dan membuka aib.
Ar-Rabi' bin Anas berkata bahwa “al-humazah” adalah orang yang mencela di depan, sedangkan “al-lumazah” adalah mencela dari belakang.
Qatadah berkata bahwa itu adalah mencela orang lain dengan lisan dan matanya, dan suka mengumpat serta menjatuhkan orang lain.
Mujahid berkata bahwa “Al-humazah” itu dilakukan tangan dan mata, sedangkan “Al-lumazah” itu dengan lisan. Demikian juga dikatakan Ibnu Zaid.
Mujahid berkata bahwa ayat ini umum.
Firman Allah: (yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya (2)) yaitu mengumpulkan sebagiannya atas sebagian lain dan menghitung jumlahnya, sebagaimana firmanNya: (Serta mengumpulkan (harta benda), lalu menyimpannya (18)) (Surah Al-Ma'arij) Pendapat itu dikatak Ibnu Jarir.
Firman Allah: (dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya (3)) yaitu, mengira bahwa dengan mengumpulkan harta, maka itu akan membuatnya kekal di dunia ini, (Sekali-kali tidak!) yaitu perkaranya tidak seperti yang dia kira dan duga. Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Hutamah) yaitu, sungguh orang yang menghimpun dan menghitung-hitung harta akan dicampakkan ke dalam Hutamah. Itu adalah salah satu nama neraka, karena ia meremuk redamkan orang yang dimasukkan ke dalamnya. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan tahukah kamu apa Hutamah itu? (5) (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan (6) yang (membakar) sampai ke hati (7)) Tsabit Al-Bannani berkata bahwa itu membakar mereka sampai ke hati, sedangkan mereka dalam keadaan hidup.
Firman Allah: (Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka (8)) yaitu ditutup rapat, sebagaimana yang dijelaskan dalam tafsir surah Al-Balad.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ((sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang (9)) yaitu pintu-pintu yang merupakan tiang–tiang panjang
Abu Shalih berkata tentang firmanNya: ((sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang (9)) yaitu belenggu-belenggu yang memanjang.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Sungguh orang-orang yang seperti itu benar-benar akan dilemparkan kedalam neraka huthomah. Huthomah adalah salah satu diantara nama neraka yang Allah siapkan untuk orang kafir dan musyrikin, kemudian makna huthomah ditafsirkan dengan ayat setelahnya yang menjelaskan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Oleh karenanya, Allah berfirman: كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ " sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah." كَلَّا [Kallaa] Di sini ulama menyebutnya dengan huruf rad' (kata teguran). Maknanya teguran yang mengatakan ini atau menghitung harta dari ucapan dan perbuatannya, dan bisa jadi juga bermakna benar-benar. Maknanya: Benar benar akan dilemparkan, kedua makna ini benar, orang ini tidak akan dikekalkan oleh hartanya, dan tidak akan lama dikenang, tapi ia akan dilupakan dan tidak akan dikenang, namun justru akan dikenang keburukannya karena dia tidak melaksanakan apa yang Allah wajibkan berupa memberikan sedekah.

لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ " Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah." Huruf lam di sini diletakkan untuk menjawab sumpah yang disembunyikan yaitu: Demi Allah, Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Yakni akan benar-benar dilemparkan. Jika kita katakan bahwa huruf lam di sini adalah jawab sumpah, maka kalimat (dalam ayat) ini ditegaskan dengan, huruf lam, nun taukid dan sumpah yang tersembunyi. Contoh yang semisal dengan ini banyak di dalam al-Quran. Maknanya: menguatkan suatu (ungkapan) dengan sumpah, huruf lam (taukid) dan nun. Dan Allah bersumpang dengan sesuatu sebagai penguat dan pengagungan terhadapnya.

Firman-Nya لَيُنْبَذَنَّ "Sungguh akan dilemparkan" Apakah yang akan dilemparkan, pemilik harta arau harta? Keduanya akan dilemparkan, sedangkan pemilik harta maka Allah berfirman dalam ayat lain: يَوْمَ يُدَعُّونَ إِلَى نَارِ جَهَنَّمَ دَعًّا " pada hari mereka didorong ke neraka Jahanam dengan sekuat-kuatnya. "(QS. Ath-Thur: 13) Maknanya: Mereka didorong, dalam ayat ini disebutkan dengan kata يُنْبَذُ [yunbadzu]artinya adalahdilemparkan ke huthomah. Huthomah adalah yang menghancurkan sesuatu. Maknanya: Yang meremukkan dan memecahkannya. Apakah al-Huthamah itu?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Humazah ayat 4: Urusannya adalah tidak sebagaimana sangkaan orang yang celaka ini, yang mengumpulkan banyak harta dan perhitungan. Dan Allah bersumpah akan melemparkannya ke dalam neraka, dimana akan binasa setiap manusia yang di lemparkan kepadanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Disebut ‘Huthamah’ karena ia memecahkan segala sesuatu yang dilempar ke dalamnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Humazah Ayat 4

Sekali-kali tidak! harta itu tidak akan menolak datangnya kematian kepadanya. Setelah mati dan dihisab atas perbuatan buruknya itu, pasti dia akan dilemparkan dan dicampakkan dengan hina ke dalam neraka hutamah oleh para malaikat zabaniah yang bengis, kasar, dan galak. 5. Dan tahukah kamu apakah neraka hutamah itu' demikian pertanyaan Allah guna menarik perhatian serius manusia terhadap apa yang disampaikan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari kalangan mufassirin terhadap kandungan dan arti surat Al-Humazah ayat 4 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita semua. Bantu kemajuan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dikunjungi

Kami memiliki berbagai konten yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Alhamdulillah, Al-Baqarah 183, Yusuf 4, Al-Fath, Al-Insyirah, Al-Ma’un. Serta Ali ‘Imran 159, Al-‘Alaq, Al-Fil, Al-Bayyinah, At-Tin, Inna Lillahi.

  1. Alhamdulillah
  2. Al-Baqarah 183
  3. Yusuf 4
  4. Al-Fath
  5. Al-Insyirah
  6. Al-Ma’un
  7. Ali ‘Imran 159
  8. Al-‘Alaq
  9. Al-Fil
  10. Al-Bayyinah
  11. At-Tin
  12. Inna Lillahi

Pencarian: al baqarah ayat 51, at taubah ayat 22, surat humazah latin, surat at tin ayat 8, alkausar

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: