Surat Al-An’am Ayat 147

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَإِن كَذَّبُوكَ فَقُل رَّبُّكُمْ ذُو رَحْمَةٍ وَٰسِعَةٍ وَلَا يُرَدُّ بَأْسُهُۥ عَنِ ٱلْقَوْمِ ٱلْمُجْرِمِينَ

Arab-Latin: Fa ing każżabụka fa qur rabbukum żụ raḥmatiw wāsi'ah, wa lā yuraddu ba`suhụ 'anil-qaumil-mujrimīn

Artinya: Maka jika mereka mendustakan kamu, katakanlah: "Tuhanmu mempunyai rahmat yang luas; dan siksa-Nya tidak dapat ditolak dari kaum yang berdosa".

« Al-An'am 146Al-An'am 148 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Mengenai Surat Al-An’am Ayat 147

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 147 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan mendalam dari ayat ini. Ada bermacam penafsiran dari kalangan pakar tafsir mengenai isi surat Al-An’am ayat 147, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka jika mendustakan engkau (wahai rasul) para penentangmu dari kaum musyrikin, kaum yahudi, dan golongan lainnya, maka katakanlah kepada mereka, ”tuhan kalian memiliki rahmat yang luas. Dan tidak dapat disingkirkan siksaanNya dari kaum yang berbuat jahat dan melakukan perbuatan-perbuatan dosa, serta berbuat kesalahan-kesalahan”, Disini terdapat ancaman bagi mereka atas penentangan mereka terhadap rasul .


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

147. Hai Nabi, jika orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik mendustakanmu tentang apa yang diwahyukan kepadamu maka katakanlah kepada mereka: Sesungguhnya Pencipta kalian memiliki rahmat yang luas; karena Dia tidak segera menyiksa kalian, namun tidak ada seorangpun yang dapat menjauhkan azab-Nya dari orang-orang yang melakukan kemaksiatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

147. Jika mereka mendustakanmu -wahai Rasul- dan tidak percaya kepada apa yang kamu bawa dari Rabbmu katakanlah sebagai dorongan bagi mereka, “Rabb kalian mempunyai kasih sayang yang luas. Dan salah satu bentuk kasih sayang-Nya kepada kalian ialah memberikan tenggang waktu kepada kalian dan tidak tergesa-gesa menimpakan azab-Nya kepada kalian.” Dan peringatkanlah mereka dengan mengatakan, “Sesungguhnya azab-Nya tidak dapat ditolak dari orang-orang yang berbuat maksiat dan dosa.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

147. فَإِن كَذَّبُوكَ (Maka jika mereka mendustakan kamu)
Yakni jika orang-orang Yahudi mendustakan kamu.
Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah jika orang-orang musyrik yang membagi-bagi hewan ternak menjadi beberapa kelompok tersebut dan mengharamkan sebagiannya serta menghalalkan sebagian lainnya mendustakan kamu.

فَقُل رَّبُّكُمْ ذُو رَحْمَةٍ وٰسِعَةٍ (katakanlah: “Tuhanmu mempunyai rahmat yang luas)
Dan termasuk bagian dari rahmat-Nya adalah kelembutan-Nya kepada kalian sehingga tidak mempercepat hukuman untuk kalian.

وَلَا يُرَدُّ بَأْسُهُۥ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ (dan siksa-Nya tidak dapat ditolak dari kaum yang berdosa)
Apabila Dia menurunkan siksa-Nya kepada mereka yang berhak dipercepat hukumannya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Sebagian ulama mengatakan : dapat difahami dari pemberian rahmat kepada orang yang sedang tertimpa satu hal yang buruk adalah bahwasanya harapan lebih kuat dibanding takut yang dimiliki oleh seorang.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

147 Maka jika mereka orang-orang Yahudi dan musyrik mendustakan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu wahai Nabi, maka katakanlah: “Tuhanmu mempunyai rahmat yang luas, Dia tidak segera mengazab dan lembut kepada kalian. Itu adalah kelembutan dalam mengajak mereka dalam keimanan dan mengambil hati mereka dan siksa-Nya tidak dapat ditolak dari kaum-kaum yang berdosa”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka jika mereka mendustakanmu, katakanlah, “Tuhan kalian mempunyai rahmat yang luas dan tidak dapat dihindari siksaNya} azabNya {dari kaum yang berdosa.”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

147. Jika orang-orang musrik itu mendustakanmu, maka teruslah dakwah dengan targhib dan tarhib (anjuran dan ancaman). Katakan kepada mereka bahwa Allah, “mempunyai rahmat yang luas,” yakni, umum, yang meliputi seluruh makhluk, maka bersegeralah kepada rahmatNya dengan sebab-sebabnya dimana terpenting dan yang menjadi pijakannya adalah membenarkan syariat yang dibawa oleh Muhammad. “Dan siksaNya tidak dapat ditolak dari kaum yang berdosa,” yakni, orang-orang dengan dosa dan kejahatan yang manunpuk. Waspadalah terhadap dosa-dosa yang mengantarkan kepada azab Allah, dimana dosa paling besar dan yang menjadi kepada azab Allah, di mana dosa paling besar yang menjadi kepalanya adalah mendustakan Muhammad sholallohu alaihi wasallam.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman,"Wahai Muhammad, jika engkau didustakan, oleh orang-orang yang menentangmu dari golongan orang-orang musyrik dan orang-orang Yahudi serta orang-orang yang serupa dengan mereka: (maka katakanlah,”Tuhan kalian mempunyai rahmat yang luas")
Ini adalah dorongan bagi mereka untuk mencari rahmat Allah yang luas dan mengikuti RasulNya (dan siksanya tidak dapat ditolak dari kaum yang berdosa) ancaman bagi mereka jika menentang Rasulallah SAW, penutup para nabi. Banyak sekali Allah SWT menghubungkan antara dorongan dan ancaman dalam Al-Qur’an. Sebagaimana Allah SWT berfirman di akhir surah ini: (Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang) (Surah Al-An'am: 165) dan: (Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mempunyai ampunan (yang luas) bagi manusia sekalipun mereka zalim, dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar sangat keras siksa-Nya) (Surah Ar-Ra'd: 6)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 147: Yakni mendustakan apa yang kamu bawa, maka tetap teruslah berdakwah, menyampaikan targhib (dorongan) dan tarhib (ancaman).

Kepada mereka.

Dia tidak segera menyiksa mereka, bahkan mengajak mereka untuk beriman. Oleh karena itu capailah rahmat-Nya dengan mengerjakan sebab-sebabnya, terutama dengan beriman kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Ketika datang.

Yakni yang banyak melakukan dosa.

Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dosa dan kemaksiatan karena akan mendatangkan azab Allah, terutama sekali adalah ketika mendustakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 147

Maka jika mereka mendustakan kebenaran mengenai makanan yang halal dan haram yang telah kamu jelaskan, wahai nabi Muhammad, katakanlah, demikianlah ketetapan tuhanmu yang mempunyai rahmat yang luas. Dan siksa yang dijatuhkan atau diberikan-Nya kepada orangorang yang berdosa tidak dapat dielakkan. Orang-orang musyrik akan berkata kepada nabi Muhammad, jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya dengan yang lain, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun yang dihalalkan Allah untuk kami. Demikian pula orang-orang sebelum mereka yang telah mendustakan para rasul dan mengharamkan apa yang dihalalkan Allah sampai mereka merasakan azab kami. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat kamu kemukakan kepada kami' yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjabaran dari beragam mufassirin mengenai makna dan arti surat Al-An’am ayat 147 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk ummat. Sokong kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dicari

Telaah banyak konten yang sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Insyirah 5-6, Al-Fajr, Juz al-Qur’an, Al-Maidah, Luqman 14, Al-An’am. Termasuk Ar-Ra’d 11, Al-‘Adiyat, Al-Balad, Al-Baqarah 185, Al-Baqarah 153, Ali Imran 190-191.

  1. Al-Insyirah 5-6
  2. Al-Fajr
  3. Juz al-Qur’an
  4. Al-Maidah
  5. Luqman 14
  6. Al-An’am
  7. Ar-Ra’d 11
  8. Al-‘Adiyat
  9. Al-Balad
  10. Al-Baqarah 185
  11. Al-Baqarah 153
  12. Ali Imran 190-191

Pencarian: surah an nahl ayat 98, as samsi, surah qaf ayat 16, qs.al waqiah, surat al baqarah 186

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: