Surat Al-An’am Ayat 155

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ فَٱتَّبِعُوهُ وَٱتَّقُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Arab-Latin: Wa hāżā kitābun anzalnāhu mubārakun fattabi'ụhu wattaqụ la'allakum tur-ḥamụn

Artinya: Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.

« Al-An'am 154Al-An'am 156 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Terkait Dengan Surat Al-An’am Ayat 155

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 155 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan menarik dari ayat ini. Diketemukan sekumpulan penafsiran dari berbagai pakar tafsir mengenai makna surat Al-An’am ayat 155, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kitab al-qur’an ini adalah kitab yang kami turunkan kepada Nabi kami, Muhammad kebaikannya amatlah banyak, maka ikutilah kitab tersebut dalam perkara yang diperintahkan dan dilarangnya. Dan takutlah kepada Allah dari melanggar perintahNya, dengan harapan kalian dinaungi rahmatNya sehingga selamat dari siksaanNYa dan beruntung mendapatkan pahalaNYa.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

155. Dan al-Qur'an yang mulia ini Kami turunkan kepada Nabi Muhammad, yang manfaat dan kebaikannya sangat banyak bagi kehidupan di dunia dan di akhirat; maka taatilah hukum-hukum dan perintah-perintahnya, dan takutlah kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, agar kalian senantiasa dapat meraih rahmat-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

155. Sedangkan Al-Qur`ān ini adalah kitab suci yang Kami turunkan dengan limpahan berkah yang banyak. Karena Al-Qur`ān ini berisi banyak hal yang bermanfaat terkait masalah agama dan dunia. Maka ikutilah apa yang diturunkan di dalamnya dan jangan melanggarnya agar kalian mendapatkan kasih sayang-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

155. وَهٰذَا كِتٰبٌ أَنزَلْنٰهُ مُبَارَكٌ (Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati)
Ayat ini diisyaratkan kepada al-qur’an.
Makna dari (المبارك) yakni memiliki banyak keberkahan, karena ia mengandung berbagai manfaat kedunia andan keagamaan.

وَاتَّقُوا۟ (dan bertakwalah)
Yakni jauhkanlah diri kalian dari menyelisihinya dan mendustakan isinya.

لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (agar kamu diberi rahmat)
Yakni jika kalian menerimanya dan tidak menyelisihinya semoga kalian mendapatkan rahmat Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

155 Al-quran ini terdapat banyak keberkahan dan kemanfaatan, dan Al-quran ini membawa risalah agung, sebab Al-quran mengandung kemanfaatan agama dan dunia, maka ikutilah Al-quran dan takutlah kalian dari membangkang dan mendustakannya agar kamu diberi rahmat, ridha dan surga Allah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ini adalah kitab yang Kami turunkan lagi diberkahi. Maka ikutilah dan bertakwalah agar kalian dirahmati


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

155. “Dan Al-Qur’an itu,” adalah al-Qur’an yang agung dan dzikir yang bijak “adalah kitab yang kami turunkan yang diberkati,” maksudnya, di dalamnya terdapat kebaikan yang banyak dan ilmu yang melimpah. darinya seluruh ilmu bersumber dan darinyalan seluruh keberkahan dikeluarkan. Tidak ada kebaikan kecuali Al-Qur’an telah menyerukan dan mendorong kepadanya. Ia menyebutkan hikmah-hikmah dan kemaslahatan yang mendorong kepadanya. Tidak ada keburukan kecuali ia telah melarangnya, memperingatkannya dan menjelaskan sebab-sebab yang menghindarkannya dari melakukannya dan akibat buruknya. “Maka ikutilah ia,” pada apa yang diperintahan dan dilarang, bangunlah perkara-perkara agamamu, baik yang usul maupun yang furu di atasnya. “Dan bertakwalah,” kepada Allah dan janganlah menyelisihi perintahNya. “Agar kamu,” jika mengikutinya “ diberi rahmat.” Penyebab terbesar mendapatkan rahmat Allah adalah mengikuti kitab ini dari segi ilmu dan pengamalan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 154-155
Di sini ketika Allah memberitahukan tentang Al-Qur'an dengan firmanNya: (dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia) (Surah Al-An'am: 153) Allah menghubungkannya dengan pujian kepada kitab Taurat dan rasul yang membawanya. Lalu Dia berfirman: (Kemudian Kami memberikan Al-Kitab (Taurat) kepada Musa) Seringkali Allah menghubungkan antara penyebutan Al-Qur'an dengan Taurat,sebagaimana firmanNya: (Dan sebelum Al-Qur’an itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat. Dan ini (Al-Qur'an) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab) (Surah Al-Ahqaf: 12) dan firman Allah SWT di permulaan firmanNya: (Katakanlah, "Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kalian jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kalian perlihatkan (sebagiannya) dan kalian sembunyikan sebagian besarnya) (Surah Al-An'am: 91) dan ayat sesudahnya (Dan ini (Al-Qur'an) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi. (Surah Al-An'am: 92)
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang musyrik: (Maka tatkala datang kepada mereka kebenaran dari sisi Kami, mereka berkata.”Mengapakah tidak diberikan kepadanya (Muhammad) seperti yang telah diberikan kepada Musa dahulu?”) lalu Allah berfirman: (Dan bukankah mereka itu telah ingkar (juga) kepada apa yang diberikan kepada Musa dahulu? Mereka dahulu telah berkata, "Musa dan Harun adalah dua ahli sihir yang saling membantu" Dan mereka (juga) berkata, "Sesungguhnya kami tidak mempercayai masing-masing mereka itu”) (Surah Al-Qashash: 48)
Allah SWT juga berfirman seraya memberitahukan tentang jin, bahwa mereka berkata: (Mereka berkata, "Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab (Al-Qur'an) yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran) (Surah Al-Ahqaf: 30)
Firman Allah SWT: (untuk menyempurnakan (nikmat Kami) kepada orang yang berbuat kebaikan dan untuk menjelaskan segala sesuatu) yaitu Kami memberikan kitab kepadanya yang Kami turunkan dengan lengkap, sempurna, dan mencakup semuanya yang diperlukan di dalam syariatnya. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan telah Kami tuliskan untuk Musa luh-luh (Taurat) segala sesuatu) (Surah Al-A'raf: 145), dan firman Allah SWT: (kepada orang yang berbuat kebaikan) yaitu sebagai balasan atas kebaikannya dalam beramal, menegakkan perintah Kami, dan taat kepada Kami. Sebagaimana firmanNya: (Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula) (60)) (Surah Ar-Rahman)
Firman Allah SWT: (dan untuk menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat) Di dalamnya terdapat pujian kepada kitab yang diturunkan oleh Allah kepadanya (agar mereka beriman (bahwa) mereka akan menemui Tuhan mereka (144) Dan Al-Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kalian diberi rahmat (145)) di dalamnya terdapat ajakan untuk mengikuti Al-Qur'an yang mana Allah memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk menyukai kitabNya, dan memerintahkan mereka untuk merenunginya, mengamalkannya, dan menyerukan orang lain untuk mengikutinya. Allah juga menyifatinya dengan keberkahan bagi siapa saja yang mengikuti dan mengamalkannya, di dunia dan akhirat


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 155: Di dalamnya terdapat kebaikan yang banyak, dari sana semua ilmu diambil dan dari sana berbagai keberkahan digali. Tidak ada satu kebaikan kecuali diserukan dan didorongnya, disebutkan pula di sana hikmah dan maslahatnya. Dan tidak ada satu keburukan pun kecuali dilarangnya, diperingatkannya dan disebutkan berbagai sebab yang menjauhkan seseorang dari mengerjakannya serta akibatnya.

Ikutilah perintahnya dan jauhilah larangannya, serta bangunlah dasar agama kamu dan cabangnya di atasnya.

Jangan menyelisihi perintah-Nya.

Oleh karena itu, sebab terbesar untuk menggapai rahmat Alah adalah dengan mengikuti Al Qur’an.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 155

Ayat ini menjelaskan peranan Al-Qur'an bagi manusia. Dan ini adalah kitab Al-Qur'an yang kami turunkan melalui malaikat jibril dengan penuh berkah, yakni segala macam kebaikan, baik lahir maupun batin, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia di dunia maupun di akhirat. Ikutilah apa yang ada di dalamnya, amalkanlah isinya, dan bertakwalah, jagalah dirimu dari api neraka, waspadalah, dan taatilah ketentuan yang ada di dalam kitab itu. Itu semua agar kamu mendapat rahmat kasih sayang dari Allah. Orang yang diberi kasih sayang dari Allah akan men-dapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Kemudian, pada ayat ini Allah menjelaskan tentang turunnya alqur'an kepada orang musyrik mekah agar mereka pada hari kiamat kelak tidak membuat-buat alasan mengenai sikap kemusyrikan dan kemaksiatan mereka. Kami turunkan Al-Qur'an yang berisi hal-hal yang menyangkut semua aspek kehidupan itu agar kamu tidak mengatakan dan membuat-buat alasan pada hari kiamat nanti bahwa kamu tidak mendapatkan kitab petunjuk dari langit, kitab itu, yaitu taurat dan injil, hanya diturunkan kepada dua golongan sebelum kami, yahudi dan nasrani, dan sungguh, kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca. Kami tidak mengerti apa yang ada di dalam kedua kitab tersebut karena menggunakan bahasa yang bukan bahasa kami.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjabaran dari beragam ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat Al-An’am ayat 155 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Bantulah kemajuan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dikaji

Baca ratusan topik yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Fajr, Al-Baqarah 153, Al-Insyirah 5-6, Al-‘Adiyat, Al-Balad, Ar-Ra’d 11. Juga Juz al-Qur’an, Al-Maidah, Al-An’am, Luqman 14, Al-Baqarah 185, Ali Imran 190-191.

  1. Al-Fajr
  2. Al-Baqarah 153
  3. Al-Insyirah 5-6
  4. Al-‘Adiyat
  5. Al-Balad
  6. Ar-Ra’d 11
  7. Juz al-Qur’an
  8. Al-Maidah
  9. Al-An’am
  10. Luqman 14
  11. Al-Baqarah 185
  12. Ali Imran 190-191

Pencarian: surat al kafih, an nur ayat 43, afala yatadabbarun al quran, surah ad dukhan latin, surat al mulk arab dan latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: