Surat Al-An’am Ayat 156

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَن تَقُولُوٓا۟ إِنَّمَآ أُنزِلَ ٱلْكِتَٰبُ عَلَىٰ طَآئِفَتَيْنِ مِن قَبْلِنَا وَإِن كُنَّا عَن دِرَاسَتِهِمْ لَغَٰفِلِينَ

Arab-Latin: An taqụlū innamā unzilal-kitābu 'alā ṭā`ifataini ming qablinā wa ing kunnā 'an dirāsatihim lagāfilīn

Artinya: (Kami turunkan al-Quran itu) agar kamu (tidak) mengatakan: "Bahwa kitab itu hanya diturunkan kepada dua golongan saja sebelum kami, dan sesungguhnya kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca.

« Al-An'am 155Al-An'am 157 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Tentang Surat Al-An’am Ayat 156

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 156 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan sekumpulan penjelasan dari para mufassirun terkait isi surat Al-An’am ayat 156, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kami turunkan al-qur’an supaya kalian (wahai orang-orang kafir arab) tidak berkata, ”sesungguhnya kitab yang diturunkan dari langit itu hanya kepada golongan yahudi dan nasrani saja dan sungguh kami dari sangat sibuk dari membaca kitab mereka, dan kami tidak memiliki ilmu dan pengetahuan tentangnya. ”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

156-157. Kami turunkan al-Qur'an itu agar kalian tidak beralasan: "Tidak diturunkan kepada kami satu kitabpun, namun hanya diturunkan kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani sebelum kami, sedangkan kami tidak pernah membaca kitab itu". Atau dengan berkata: "Seandainya diturunkan kepada kami suatu kitab Dari Langit sebagaimana telah diturunkan kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani, niscaya kami lebih mendapat petunjuk kepada kebenaran daripada mereka."

Al-Qur'an telah datang kepada kalian yang mengandung penjelasan tentang hukum-hukum, petunjuk kepada hikmah, dan rahmat bagi umat. Maka siapakah yang lebih besar kezalimannya daripada orang yang mendustakan dan berpaling dari ayat-ayat Allah yang dapat didengar dan dilihat. Kami akan menyiksa orang-orang yang berpaling darinya dengan siksaan yang keras.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

156. Agar kalian -wahai orang-orang musyrik Arab- tidak berkata, “Sesungguhnya Allah hanya menurunkan kitab suci Taurat dan Injil kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani yang hidup sebelum kami, dan tidak menurunkan kitab suci apa pun kepada kami. Dan kami tidak bisa membaca kitab-kitab suci mereka itu karena menggunakan bahasa mereka dan tidak menggunakan bahasa kami.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

156. أَن تَقُولُوٓا۟ ((Kami turunkan al-Quran itu) agar kamu (tidak) mengatakan)
Yakni agar kalian tidak mengatakan.

إِنَّمَآ أُنزِلَ الْكِتٰبُ(“Bahwa kitab itu hanya diturunkan)
Yakni kitab Taurat dan Injil.

عَلَىٰ طَآئِفَتَيْنِ مِن قَبْلِنَا(kepada dua golongan saja sebelum kami)
Yakni kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani, dan belum diturunkan kepada kami sebuah kitab.

وَإِن كُنَّا عَن دِرَاسَتِهِمْ(dan sesungguhnya terhadap apa yang mereka baca)
Yakni dalam membaca kitab mereka dengan bahasa mereka.

لَغٰفِلِينَ (kami tidak memperhatikan)
Yakni kami tidak memahami apa yang dikandungnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

156 Juga agar kalian tidak berkata wahai penduduk Makkah: Sesungguhnya Taurat dan Injil adalah kitab yang diturunkan kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani sebelum kami, sementara kami belum diberi kitab. Sesungguhnya kami tidak bisa mempelajari dan menelaah kitab mereka, atau tidak faham dengan bahasa mereka sebab kebodohan kami.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Supaya} supaya tidak {kalian katakan,“Kitab itu hanya diturunkan} Taurat dan Injil {kepada dua golongan} orang-orang Yahudi dan Nasrani {sebelum kami dan sesungguhnya} sungguh {kami terhadap apa yang mereka pelajari} pembacaan kitab-kitab mereka {adalah orang-orang yang lengah”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

156. “Kami turunkan Al-Qur’an agar kamu tidak mengatkan bahwa kitab itu hanya diturunkan kepada Dua golongan saja sebelum kami, dan sesungguhnya kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca.” Maksdunya, kami turunkan kepadamu kitab yang penuh berkah ini, secara pasti sebagai hujjah bagimu dan sebagai antisipasi bahwa kamu akan menyatakan bahwa kitab hanya di turunkan kepada Dua golongan dari orang-orang sebelum kami yaitu Yahudi dan Nasrani. “ Dan sesungguhnya kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca.” Maksdunya, kamu mengatakan, “Engkau belum menurunkan kitab kepada kami sedangkan kitab-kitab yang Engkau turunkan kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani, maka kami tidak memiliki pengetahuan dan ilmu tentangnya.” Maka kami turunkan sebuah kitab kepadamu, tiada kitab yang turun dari langit yang labih komplit, lebih jelas, dan lebih terang darinya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 156-157
Ibnu Jarir berkata, bahwa maknanya adalah bahwa ini adalah kitab yang Kami turunkan agar kalian tidak berkata: (Kitab itu hanya diturunkan kepada dua golongan saja sebelum kami) yaitu agar alasan kalian terputus. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan agar mereka tidak mengatakan ketika azab menimpa mereka disebabkan apa yang mereka kerjakan, "Ya Tuhan kami, mengapa Engkau tidak mengutus seorang rasul kepada kami, lalu kami mengikuti ayat-ayatMu”) (Surah Al-Qashash: 47)
Firman Allah SWT: (kepada dua golongan saja sebelum kami) Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas,”Mereka adalah orang-orang Yahudi dan Nasrani” Demikian juga dikatakan oleh Mujahid, As-Suddi, Qatadah dan lainnya.
Firman Allah SWT: (dan sesungguhnya kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca) yaitu kami tidak memahami apa yang mereka katakan karena mereka tidak menggunakan bahasa kami, dan kami berada dalam keadaan lalai dan sibuk dari apa yang mereka lakukan.
Firman Allah SWT: (Atau agar kalian (tidak) mengatakan, "Sesungguhnya jikalau kitab itu diturunkan kepada kami. tentulah kami lebih mendapat petunjuk daripada mereka” ) yaitu Kami memutuskan alasan pembenaran kalian untuk berkata,"Jika saja diturunkan kepada kami kitab yang diturunkan kepada mereka, sungguh kami lebih mendapat petunjuk daripada mereka dalam memahami apa yang diturunkan kepada mereka" sebagaimana firmanNya: (Dan mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sekuat-kuat sumpah; sesungguhnya jika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan, niscaya mereka akan lebih mendapat petunjuk daripada salah satu umat-umat (yang lain)) (Surah Fathir: 42) Demikian juga Allah SWT berfirman di sini: (Sesungguhnya telah datang kepada kalian keterangan yang nyata dari Tuhan kalian, petunjuk, dan rahmat) Allah berfirman,”Telah datang kepada kalian dari Allah melalui lisan nabi Muhammad SAW yang berasal dari bangsa Arab, Al-Quran yang agung yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang halal dan haram sebagai petunjuk bagi apa yang ada di dalam hati serta rahmat dari Allah untuk hamba-hambaNya yang mengikutinya dan menelusuri apa yang ada di dalamnya.
Firman Allah SWT: (Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling darinya) yaitu tidak mengambil manfaat dari apa yang dibawa oleh Rasulallah SAW, tidak mengikuti apa yang diutuskan kepada beliau, dan tidak mau meninggalkan hal selain itu. Bahkan enggan dari mengikuti ayat-ayat Allah, yaitu memalingkan dan menghalang-halangi orang lain dari hal itu. Pendapat ini dikatakan oleh As-Suddi.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah tentang firmanNya: (dan berpaling darinya) yaitu berpaling darinya. Pendapat As-Suddi di sini mengandung kekuatan, karena Allah SWT berfirman: (Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling darinya?) Sebagaimana terlah dijelaskan di awal surah: (Mereka melarang (orang lain) mendengarkan Al-Qur'an dan mereka sendiri menjauhkan diri darinya, dan mereka hanyalah membinasakan diri mereka sendiri) (Surah Al-An'am: 26) dan (Orang-orang yang kafir dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan kepada mereka siksaan di atas siksaan) (Surah An-Nahl: 88)
Allah SWT berfirman: (Kelak Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan siksaan yang buruk, disebabkan mereka selalu berpaling) Terkadang bisa juga bahwa yang dimaksud itu sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah: (Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling darinya?) yaitu tidak beriman dan tidak mengamalkannya. Sebagaimana firmanNya: (Dan ia tidak mau membenarkan (Rasul dan Al-Qur'an) dan tidak mau mengerjakan salat (31) tetapi ia mendustakan (Rasul) dan berpaling (dari kebenaran) (32)). (Surah Al-Qiyamah)
dan ayat-ayat lain yang menunjukkan bahwa orang kafir itu hatinya dipenuhi dengan perbuatan dusta, ingkar dan seluruh anggota tubuhnya tidak mau digunakan untuk beramal. Akan tetapi pendapat As-Suddi itu lebih kuat dan lebih jelas. Hanya Allah yang lebih Mengetahui.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 156: Diturunkan Al Quran dalam bahasa Arab agar orang musyrik Mekah tidak mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai kitab karena kitab yang diturunkan kepada golongan Yahudi dan Nasrani diturunkan dalam bahasa yang tidak diketahui mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 156

Kemudian, pada ayat ini Allah menjelaskan tentang turunnya alqur'an kepada orang musyrik mekah agar mereka pada hari kiamat kelak tidak membuat-buat alasan mengenai sikap kemusyrikan dan kemaksiatan mereka. Kami turunkan Al-Qur'an yang berisi hal-hal yang menyangkut semua aspek kehidupan itu agar kamu tidak mengatakan dan membuat-buat alasan pada hari kiamat nanti bahwa kamu tidak mendapatkan kitab petunjuk dari langit, kitab itu, yaitu taurat dan injil, hanya diturunkan kepada dua golongan sebelum kami, yahudi dan nasrani, dan sungguh, kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca. Kami tidak mengerti apa yang ada di dalam kedua kitab tersebut karena menggunakan bahasa yang bukan bahasa kami. Atau agar kamu tidak mengatakan, jikalau kitab yang berisi tentang berbagai petunjuk dalam kehidupan itu diturunkan kepada kami, tentulah kami lebih mendapat petunjuk daripada mereka, karena kami lebih bersemangat dalam melaksanakan ajaran agama dan lebih cerdas daripada mereka. Kami banyak tahu tentang syair, kisah-kisah masa lalu, padahal kami adalah bangsa yang buta huruf. Sungguh, telah datang kepadamu penjelasan yang nyata, yaitu kitab Al-Qur'an ini dan rasul yang membawanya, petunjuk bagi yang menghayati kandungannya, dan rahmat bagi semesta alam dari tuhanmu. Siapakah yang lebih zalim, maksudnya tidak ada yang lebih zalim, daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah seperti perkataan mereka bahwa Al-Qur'an adalah cerita bohong dari masa lalu, dan bahwa nabi Muhammad adalah pesihir, orang gila, dan lain sebagainya, dan orang yang berpaling daripadanya, bahkan melarang orang lain untuk mendengarkan dan mempelajarinya' kelak, kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat kami dengan azab yang keras, karena mereka selalu berpaling. Mereka tahu dan memahami dengan jelas tentang kebenaran dari ayat-ayat Allah, tetapi mereka dengan sengaja memilih kekafiran dan menghalang-halangi orang lain untuk masuk islam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait makna dan arti surat Al-An’am ayat 156 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Bantu usaha kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dilihat

Baca berbagai halaman yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Juz al-Qur’an, Al-An’am, Al-Balad, Al-Maidah, Ali Imran 190-191, Ar-Ra’d 11. Ada pula Al-Fajr, Al-Insyirah 5-6, Luqman 14, Al-Baqarah 185, Al-‘Adiyat, Al-Baqarah 153.

  1. Juz al-Qur’an
  2. Al-An’am
  3. Al-Balad
  4. Al-Maidah
  5. Ali Imran 190-191
  6. Ar-Ra’d 11
  7. Al-Fajr
  8. Al-Insyirah 5-6
  9. Luqman 14
  10. Al-Baqarah 185
  11. Al-‘Adiyat
  12. Al-Baqarah 153

Pencarian: al qiyamah litequran, an nur 30 31, ina atoina, arti al insyirah, teks bacaan surat yasin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: