Daftar Isi > Al-A'raf > Al-A’raf 24

Surat Al-A’raf Ayat 24

قَالَ ٱهْبِطُوا۟ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ وَلَكُمْ فِى ٱلْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَٰعٌ إِلَىٰ حِينٍ

Arab-Latin: Qālahbiṭụ ba'ḍukum liba'ḍin 'aduww, wa lakum fil-arḍi mustaqarruw wa matā'un ilā ḥīn

Artinya: Allah berfirman: "Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan".

« Al-A'raf 23Al-A'raf 25 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Terjemah Arti Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 24

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 24 dengan text arab, latin dan artinya. Ada pelbagai penafsiran dari berbagai mufassir berkaitan kandungan surat Al-A’raf ayat 24, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah berfirman kepada Adam dan hawwa dan iblis, “turunlah kalian semua dari langit menuju ke bumi! Dan kelak sebagian dari kalian akan menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Dan di bumi, kalian mempunyai tempat hunian yang kalian tingggali dan kalian bersenang-senang di dalamnya sampai habisnya batas ajal kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

24. Allah berfirman kepada Adam, Ḥawā`, dan Iblis, “Turunlah kalian dari Surga menuju bumi. Dan kalian akan menjadi musuh satu sama lain. Kalian akan memiliki tempat tinggal di bumi sampai batas waktu tertentu. Dan kalian dapat menikmati apa yang ada di sana sampai batas waktu tertentu.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

24-25. Maka Allah mengampuni dosa Adam dan Hawa, dan memerintahkan mereka berdua dan Iblis dengan berfirman: "Turunlah dari surga menuju bumi; sebagian kalian adalah musuh bagi sebagian lainnya. Dan bagi kalian tempat tinggal dan hidup di bumi, dan kalian dapat memanfaatkan rezeki yang ada di sana hingga saat kematian kalian. Di sana kalian akan hidup dan akan dikuburkan, dan dari kubur itu kalian akan dikeluarkan untuk menjalankan hisab".


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24. قَالَ اهْبِطُوا۟ (Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian)
Firman ini ditujukan bagi Adam, Hawa, dan keturunannya, serta bagi Iblis.

بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ (sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain)
Allah menjadikan permusuhan bagian dari hukuman dari-Nya.

وَلَكُمْ فِى الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ (Dan kamu mempunyai tempat kediaman)
Yakni tempat tinggal.

وَمَتٰعٌ (dan kesenangan)
Yakni dan bagi kalian kesenangan untuk kalian nikmati dan manfaatkan di dunia berupa makanan, minuman, dan lainnya.

إِلَىٰ حِينٍ (sampai waktu yang telah ditentukan)
Yakni sampai waktu kematian kalian. Atau sampai waktu terjadinya hari kiamat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

24. Allah berfirman kepada Adam, Hawa’, dan Iblis: “Turunlah kalian semua dari surga ini menuju bumi. Kalian akan saling bermusuh. Ini adalah jenis hukuman (bagi kalian). Dan bagi kalian di bumi itu tempat untuk tinggal, kenikmatan dan pemanfaatan kebaikan di bumi sampai waktu kematian kalian” Ini adalah dalil bahwa ajal itu sudah ditentukan dan dikira-kirakan di zaman azali.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah berfirman, “Turunlah! Sebagian kalian menjadi musuh bagi yang lain, dan kalian di bumi tempat tinggal} tempat untuk tinggal {dan kesenangan} kesenangan {sampai waktu yang telah ditentukan.” (24)} selesainya ajal


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

24-25 Yakni manakala Allah menurunkan Adam dan istrinya dan menurunkan mereka ke bumi, Dia memberitakan kepada keduanya tentang keadaan kehidupan mereka disana, bahwa Dia menjadikan padanya kehidupan yang akan disusul dengan kematian yang akan diiringi dengan ujian dan cobaan, dan mereka senantiasa didalamnya. Dia mengutus Rasul-Rasul kepada mereka, menurunkan kitab-kitab kepada mereka, sampai kematian datang dan mereka dikubur didalamnya. Kemudian jika telah sempurna, maka Allah akan membangkitkan mereka dan mengeluarkan mereka darinya ke alam yang merupakan alam yang sebenarnya yaitu alam akhirat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 24: Sampai ajalmu tiba.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 24

Mendengar permohonan adam dan pasangannya itu, Allah berfirman, turunlah kamu semua dari surga ke bumi! kamu, wahai adam dan keturunanmu, akan saling bermusuhan satu sama lain, yakni setan dan pengikutnya atau juga sebagian manusia menjadi musuh bagi manusia lain. Bumi adalah tempat kediaman sementara dan kesenanganmu sampai waktu yang telah ditentukan, yakni kematian kamu atau hari kiamat nanti. "Allah berfirman, di sana, yakni di bumi, kamu, wahai adam dan ke-turunanmu, hidup, dan di sana pula kamu mati lalu dikuburkan, dan dari sana pula kamu akan dibangkitkan dari dalam kubur.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beragam penafsiran dari berbagai ulama berkaitan kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 24 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi ummat. Bantu dakwah kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: