Surat Al-A’raf Ayat 64

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَكَذَّبُوهُ فَأَنجَيْنَٰهُ وَٱلَّذِينَ مَعَهُۥ فِى ٱلْفُلْكِ وَأَغْرَقْنَا ٱلَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا۟ قَوْمًا عَمِينَ

Arab-Latin: Fa każżabụhu fa anjaināhu wallażīna ma'ahụ fil-fulki wa agraqnallażīna każżabụ bi`āyātinā, innahum kānụ qauman 'amīn

Artinya: Maka mereka mendustakan Nuh, kemudian Kami selamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya dalam bahtera, dan Kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang buta (mata hatinya).

« Al-A'raf 63Al-A'raf 65 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Al-A’raf Ayat 64

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 64 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir berharga dari ayat ini. Tersedia variasi penafsiran dari kalangan ulama berkaitan kandungan surat Al-A’raf ayat 64, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Akan tetapi, mereka mendustakan Nuh. Maka kami menyelamatkan dirinya dan orang-orang yang beriman bersamanya dalam kapal. Dan kami tenggelamkan orang-orang kafir yang mendustakan hujjah-hujjah Kami yang jelas. Sesungguhnya mereka itu manusia-manusia yang buta mata hatinya untuk melihat kebenaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

64. Namun kebanyakan kaumnya tetap mendustakan, sehingga mereka layak mendapatkan azab. Maka Allah menyelamatkan Nuh dan kaumnya yang beriman dari banjir bandang; dan menenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah yang telah disampaikan Nuh kepada mereka selama dia tinggal bersama mereka. Mereka adalah kaum yang buta hati dan pikirannya dari petunjuk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

64. Kemudian kaumnya mendustakannya dan tidak beriman kepadanya, melainkan tetap mempertahankan kekafiran mereka. Maka ia (Nuh) pun memohon kepada Allah agar membinasakan mereka. Lalu Kami menyelamatkannya beserta orang-orang mukmin yang berada di atas kapal bersamanya dari air bah. Dan Kami binasakan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami serta mempertahankan kekafirannya dengan menenggelamkan mereka dalam air bah yang Kami turunkan sebagai hukuman bagi mereka. Sesungguhnya hati mereka buta terhadap kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

64. فِى الْفُلْكِ (dalam bahtera)
Yakni kapal yang Allah perintahkan kepada nabi Nuh untuk membuatnya agar dia dan pengikutnya dapat selamat dari musibah banjir bandang.

وَأَغْرَقْنَا الَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايٰتِنَآ ۚ( dan Kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami)
Yakni mendustakan ayat-ayat Kami dan berlarut-larut dalam kemaksiatan itu dan enggan untuk bertaubat. Allah menenggelamkan mereka dalam banjir bandang sedang mereka berada di negeri mereka.

إِنَّهُمْ كَانُوا۟ قَوْمًا عَمِينَ (Sesungguhnya mereka adalah kaum yang buta (mata hatinya))
Yakni Kami menenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami karena mereka mempunyai hati yang buta, tidak bermanfaat pelajaran dan peringatan bagi mereka.
Allah telah membahas kisah nabi Nuh dengan kaumnya dan bagaimana ia selamat dengan perahunya serta bagaimana kaumnya ditenggelamkan dari banjir bandang dalam surat Huud: 35-48 secara terperinci.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

64. Lalu mereka tetap melanjutkan pendustaan dan pertentangannya. Maka Kami selamatkan Nuh dan sedikit kaum mukmin yang mengikutinya di dalam kapal yang Kami perintahkan (Nuh) untuk membangunnya, dan Kami tenggelamkan orang-orang yang kufur dan tetap pada kesesatan dan melanjutkan pendustaan mereka dengan banjir bandang dan kehancuran yang menyeluruh. Sesungguhnya mereka itu kaum yang buta penglihatan dan hatinya dari kebenaran, sehingga nasehat dan peringatan tidak berguna bagi mereka.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka mendustakannya, lalu Kami menyelamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya di dalam bahtera} bahtera {dan Kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang buta} hati mereka buta tidak bisa melihat kebenaran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

64 Ajakan Nuh tidak mereka terima “maka mereka mendustakan Nuh, kemudian kami menyelamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya diadalm bahtera” yakni perahu yang dibuat Nuh atas perintah Allah dan Dia mewahyukan kepadanya agar membawa dari masing-masing sepasang binatang dan membawa pula keluarganya dan orang-orang yang beriman bersamanya, maka Nuh membawa mereka dengan perahu tersebut. ”dan kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Sesungguhnya mereka kaum yang buta (mata hatinya)” dari hidayah. Mereka melihat kebenaran dan Allah telah memperlihatkan tanda-tandaNya yang jelas melalui Nuh yang dengannya orang-orang yang berakal beriman kepadanya, tetapi mereka mencemooh, menghina, dan kufur padanya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 63-64
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Nuh bahwa dia berkata kepada kaumnya: (Dan apakah kalian (tidak percaya) dan heran) yaitu janganlah kalian heran atas hal ini karena itu bukan hal yang mengherankan jika Allah memberikan wahyu kepada seorang lelaki diantara kalian sebagai rahmat kelembutan dan kebaikan bagi kalian (agar memberikan peringatan kepada kalian supaya kalian takut) atas murka Allah dan supaya kalian tidak menyekutukanNya (dan supaya kalian mendapat rahmat)
Allah SWT berfirman: (Maka mereka mendustakan Nuh) yaitu mereka melanjutkan mendustakan dan menentang nabi Nuh, serta tidak ada di antara mereka yang beriman kepadanya kecuali hanya sedikit. Sebagaimana Allah menyebutkannya dalam bagian lain (kemudian Kami selamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya di dalam bahtera) yaitu bahtera, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka Kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu) (Surah Al-Ankabut: 15)
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya mereka adalah kaum yang buta (mata hatinya)) yaitu dari kebenaran dimana mereka tidak bisa melihatnya dan tidak bisa mendapatkan petunjuk kepada hal itu. Lalu Allah SWT menjelaskan dalam kisah ini bahwa Dia akan membela wali-waliNya dari musuh-musuhnya, menyelamatkan rasulNya serta orang-orang mukmin, dan membinasakan musuh-musuh mereka dari golongan orang-orang kafir. Sebagaimana firmanNya: (Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat) (51) (yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah laknat dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk (52)) (Surah Ghafir).
Inilah sunnatullah bagi hamba-hambaNya di dunia dan akhirat bahwa hasil akhir yang baik itu untuk orang-orang yang bertakwa. Keberuntungan dan kemenangan itu hanya untuk mereka. sebagaimana Allah telah membinasakan kaum nabi Nuh dengan menenggelamkan mereka dan menyelamatkan Nuh beserta sahabat-sahabatnya yang mukmin


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 64: Yakni kapal yang diperintahkan Allah untuk dibuat oleh Nuh ‘alaihis salam, dan Allah mewahyukan kepadanya, "Muatkanlah ke dalam kapal itu dari masing-masing binatang sepasang (jantan dan betina), dan keluargamu kecuali orang yang telah terkena ketetapan terdahulu dan (muatkan pula) orang-orang yang beriman." (lihat Huud: 40)

Dengan banjir besar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 64

Kaum nabi nuh tetap tidak menghiraukan seruan dan nasihat nabi nuh. Bahkan, kebanyakan dari mereka mendustakannya dan terusmenerus menentang ajarannya. Mereka tetap berada dalam keka-firan sehingga Allah menurunkan azabnya. Lalu kami selamatkan dia, yakni nabi nuh, dan orang-orang yang bersamanya dari siksa dan azab kami di dalam kapal yang telah dia buat berdasarkan petunjuk kami. Adapun balasan bagi kaum yang ingkar, kami tenggelamkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami di dalam air banjir. Sesungguhnya lah kaum yang buta mata hatinya sehingga tidak memiliki pandangan yang benar, tidak bisa melihat tanda-tanda kebesaran kami, dan tidak dapat mengambil pelajaran dari peringatan yang disampaikan kepada mereka. Mereka adasetelah nabi nuh wafat, Allah mengutus nabi hud kepada kaum 'ad untuk meneruskan ajaran tauhid yang telah disampaikan oleh nabi nuh. Dan kepada kaum 'ad, kami utus nabi hud, yang merupakan saudara seketurunan mereka agar mereka memahami ajaran yang ia sampaikan. Dia berkata sebagaimana ucapan nabi nuh kepada kaumnya, wahai kaumku! sembahlah Allah! tidak ada tuhan sembahan bagimu yang layak disembah selain dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa dengan menjalankan perintah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan yang lain sehingga kamu terhindar dari siksa-Nya'


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjelasan dari para ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 64 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk ummat. Sokonglah dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Tersering Dilihat

Tersedia berbagai materi yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Balad, Al-Maidah, Al-Baqarah 185, Al-‘Adiyat, Luqman 14, Al-Baqarah 153. Termasuk Ar-Ra’d 11, Ali Imran 190-191, Al-Insyirah 5-6, Al-An’am, Al-Fajr, Juz al-Qur’an.

  1. Al-Balad
  2. Al-Maidah
  3. Al-Baqarah 185
  4. Al-‘Adiyat
  5. Luqman 14
  6. Al-Baqarah 153
  7. Ar-Ra’d 11
  8. Ali Imran 190-191
  9. Al-Insyirah 5-6
  10. Al-An’am
  11. Al-Fajr
  12. Juz al-Qur’an

Pencarian: al jumuah ayat 11, ali imran 193, qs. ali imran ayat 190, surat al-ikhlas latin, surat an-nisa ayat 36 beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: