Surat Al-A’raf Ayat 107

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَأَلْقَىٰ عَصَاهُ فَإِذَا هِىَ ثُعْبَانٌ مُّبِينٌ

Arab-Latin: Fa alqā 'aṣāhu fa iżā hiya ṡu'bānum mubīn

Artinya: Maka Musa menjatuhkan tongkat-nya, lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular yang sebenarnya.

« Al-A'raf 106Al-A'raf 108 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Dengan Surat Al-A’raf Ayat 107

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 107 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah mendalam dari ayat ini. Terdapat beragam penjabaran dari banyak mufassir terkait kandungan surat Al-A’raf ayat 107, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka musa melemparkan tongkatnya, maka tongkat itu berubah menjelma seekor ular yang sangat besar dan tampak jelas untuk dilihat mata.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

107. Maka Musa melempar tongkatnya, ternyata tongkat itu menjadi ular asli, yang bergerak dengan lincah dan cepat sebagaimana ular yang sebenarnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

107. Kemudian Musa melemparkan tongkatnya. Dan tongkat itu langsung berubah menjadi ular yang sangat besar dan bisa dilihat oleh semua orang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

107. فَأَلْقَىٰ عَصَاهُ فَإِذَا هِىَ ثُعْبَانٌ (Maka Musa menjatuhkan tongkat-nya, lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular)
Ular besar dari jenis ular jantan.

مُّبِينٌ(yang sebenarnya)
Bahwa ia adalah ular yang sebenarnya merupakan hal yang jelas dan nyata, tak diragukan sedikitpun.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

107. Lalu Musa melemparkan tongkat yang ada di tangannya, seketika berubah menjadi ular besar yang benar-benar hidup dan berjenis kelamin jantan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Lalu Musa melemparkan tongkatnya, tiba-tiba tongkat itu menjadi ular besar} ular yang benar {yang nyata } yang nyata tidak ada kesamaran pada ular itu dan tidak pula dari sihir melainkan nyata


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

107 “maka musa menjatuhkan tongkatnya” di tanah. “lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular yang sebenarnya” yakni ular yang nyata merayap dan mereka menyaksikannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 107-108
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (ular yang sebenarnya) yaitu ular jantan
Firman Allah SWT: (Dan ia mengeluarkan tangannya, maka ketika itu juga tangan itu menjadi putih bercahaya (kelihatan) oleh orang-orang yang melihatnya) yaitu dia mengeluarkan tangannya dari bajunya sesudah dia memasukkannya, lalu saat itu juga tangan itu menjadi putih bercahaya, bukan karena penyakit kusta atau penyakit lain. Sebagaimana Allaah SWT berfirman: (Dan masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia akan keluar putih (bersinar) bukan karena penyakit) (Surah An-Naml: 12)


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 107

Mendengar tantangan itu, lalu serta merta dan tanpa selang waktu yang lama, nabi musa melemparkan tongkatnya yang ada di tangan kanan ke hadapan fir'aun dan kaumnya, tiba-tiba tongkat itu berkat kekuasaan Allah berubah menjadi ular besar yang sebenarnya, yakni benarbenar ular dan bergerak dengan sangat cepat yang terlihat dengan mata kepala secara jelas. Melihat itu, fir'aun meminta bukti yang lain, dan dia nabi musa mengeluarkan tangannya dari dalam lubang leher bajunya, tiba-tiba tangan itu, yang sebelumnya berwarna hitam sesuai warna kulitnya yang kehitam-hitaman, menjadi bercahaya putih gemerlapan, yang tampak jelas bagi orang-orang yang melihatnya ketika itu, bukan karena belang atau penyakit, tetapi putih karena sangat bercahaya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari banyak ahli ilmu terhadap isi dan arti surat Al-A’raf ayat 107 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita semua. Dukunglah usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dikaji

Ada banyak topik yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Balad, Ali Imran 190-191, Al-Baqarah 185, Al-Insyirah 5-6, Al-‘Adiyat, Al-Maidah. Termasuk Al-Fajr, Juz al-Qur’an, Al-An’am, Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 153, Luqman 14.

  1. Al-Balad
  2. Ali Imran 190-191
  3. Al-Baqarah 185
  4. Al-Insyirah 5-6
  5. Al-‘Adiyat
  6. Al-Maidah
  7. Al-Fajr
  8. Juz al-Qur’an
  9. Al-An’am
  10. Ar-Ra’d 11
  11. Al-Baqarah 153
  12. Luqman 14

Pencarian: surat ke 3, aljin, dalil tentang zakat, qs al baqarah 186, q.s. al-isra/17 32

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: