Surat Al-A’raf Ayat 113

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَجَآءَ ٱلسَّحَرَةُ فِرْعَوْنَ قَالُوٓا۟ إِنَّ لَنَا لَأَجْرًا إِن كُنَّا نَحْنُ ٱلْغَٰلِبِينَ

Arab-Latin: Wa jā`as-saḥaratu fir'auna qālū inna lanā la`ajran ing kunnā naḥnul-gālibīn

Artinya: Dan beberapa ahli sihir itu datang kepada Fir'aun mengatakan: "(Apakah) sesungguhnya kami akan mendapat upah, jika kamilah yang menang?"

« Al-A'raf 112Al-A'raf 114 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Surat Al-A’raf Ayat 113

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 113 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan beraneka penafsiran dari kalangan mufassirun mengenai isi surat Al-A’raf ayat 113, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kemudian para tukang sihir berdatangan kepada fir’aun. Mereka berkata, ”apakah kami akan memperoleh hadiah dan harta, bila kami berhasil mengalahkan musa?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

113. Maka terkumpullah para tukang sihir yang hebat. Mereka menghadap Fir’aun untuk meminta apa yang mereka inginkan; mereka berkata kepadanya: “Apakah kami akan mendapatkan upah yang besar jika kami dapat mengalahkan tukang sihir yang mahir ini?”

Mereka terlebih dahulu memastikan besarnya upah yang akan mereka dapatkan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

113. Kemudian Fir’aun mengirim sejumlah orang untuk mengumpulkan para penyihir. Dan tatkala para penyihir datang mereka bertanya kepada Fir’aun, "Apakah mereka akan mendapatkan imbalan jika mereka berhasil mengalahkan Musa dengan sihir mereka?."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

113. وَجَآءَ السَّحَرَةُ فِرْعَوْنَ (Dan beberapa ahli sihir itu datang kepada Fir’aun)
Yakni Fir’aun pun mengutus beberapa orang ke kota-kota untuk mengumpulkan para penyihir, lalu para penyihir itu mendatangi Fir’aun.

قَالُوٓا۟ إِنَّ لَنَا لَأَجْرًا(mereka mengatakan: “(Apakah) sesungguhnya kami akan mendapat upah)
Mereka meminta Fir’aun agar memberi mereka hadiah apabila dapat mengalahkan Nabi Musa dengan sihir mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

113. Lalu datanglah para penyihir itu kepada Fir’aun dan berkata: “Apakah kami akan menerima imbalan atau bayaran atas pekerjaan kami, jika menang atas Musa dengan sihir kami?!”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Para penyihir datang kepada Fir‘aun. Mereka berkata,“kami benar-benar akan mendapat imbalan} balasan dan harta {jika kami menang”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

113 Disini Allah berfirman ”dan beberapa ahli sihir itu datang kepada fir’aun” menuntut balasan (upah ) jika mereka menang, mereka berkata, ”(apakah) sesungguhnya kami akan mendapat upah, jika kamilah yang menang?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 113-114
Allah SWT memberitahukan tentang apa yang syarat yang dilakukan Fir'aun dan para ahli sihir yang diundang Fir'aun untuk melawan nabi Musa bahwa jika mereka mendapatkan kemenangan atas nabi Musa, maka dia akan memberi imbalan dan pemberian yang sangat melimpah. Fir’aun menjanjikan kepada mereka bahwa dia akan memberikan apa yang mereka inginkan dan menjadikan mereka teman duduk dan orang-orang terdekatnya. Lalu mereka menyetujui janji dengan Fir'aun, semoga Allah melaknatnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 113

Fir'aun pun mengikuti saran tersebut dan menangguhkan persoalan nabi musa dan nabi harun, sambil mengumpulkan para pesihir yang pandai di negeri itu. Dan tak berapa lama kemudian para pesihir yang dikumpulkan oleh bala tentara itu pun datang kepada fir'aun. Mereka tahu peristiwa yang terjadi dan menyadari akan pentingnya ke-beradaan mereka, sehingga mereka berani berkata kepada fir'aun, apakah kami benar-benar akan mendapat imbalan yang besar, sesuai tugas berat yang kami emban, jika kami menang dan berhasil mengalahkan sihir musa' begitulah keadaan para penyihir yang selalu merasa butuh dan mengejar materi, sehingga seringkali mati dalam keadaan miskin dan dalam bentuk yang mengerikan. Karena fir'aun ingin menang dan mengalahkan sihir nabi musa, dia (fir'aun) menjawab, ya, tentu bagi kalian imbalan yang besar, bahkan lebih dari itu sesungguhnya kamu pasti benar-benar akan termasuk orang-orang yang didekatkan kedudukannya padaku dan akan mendapatkan segala bentuk kesenangan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penafsiran dari kalangan ulama mengenai makna dan arti surat Al-A’raf ayat 113 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita. Dukunglah syi'ar kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dilihat

Tersedia berbagai topik yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Luqman 14, Al-Balad, Al-Fajr, Ali Imran 190-191, Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 153. Ada pula Al-Maidah, Al-Insyirah 5-6, Juz al-Qur’an, Al-‘Adiyat, Al-Baqarah 185, Al-An’am.

  1. Luqman 14
  2. Al-Balad
  3. Al-Fajr
  4. Ali Imran 190-191
  5. Ar-Ra’d 11
  6. Al-Baqarah 153
  7. Al-Maidah
  8. Al-Insyirah 5-6
  9. Juz al-Qur’an
  10. Al-‘Adiyat
  11. Al-Baqarah 185
  12. Al-An’am

Pencarian: surat yasin ayat 82 untuk rezeki, surat al isra latin, yunus ayat 49, laqod kana lakum fi rasulillahi uswatun, surat sulaiman ayat 30-31

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: