Surat Al-A’raf Ayat 181

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِمَّنْ خَلَقْنَآ أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِٱلْحَقِّ وَبِهِۦ يَعْدِلُونَ

Arab-Latin: Wa mim man khalaqnā ummatuy yahdụna bil-ḥaqqi wa bihī ya'dilụn

Artinya: Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan.

« Al-A'raf 180Al-A'raf 182 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Surat Al-A’raf Ayat 181

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 181 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan beraneka penjabaran dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan surat Al-A’raf ayat 181, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara makhluk yang telah kami ciptakan ada satu golongan yang utama yang berjalan dengan petunjuk kebenaran dan mengajak kepadanya, dan dengan itu mereka memutuskan perkara serta berlaku obyektif terhadap manusia. Mereka itu adalah tokoh-tokoh panutan dalam hidayah dan mereka termasuk orang-orang yang Allah menganugerahkan kepada mereka keimanan dan amal shalih.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

181. Allah menjelaskan bahwa Dia juga menciptakan umat yang sempurna dan menyempurnakan; mereka memberi hidayah kebenaran bagi dirinya dan orang lain, mereka mengetahui kebenaran, lalu mengamalkan dan mengajarkannya; dan mereka memberi hukum di antara manusia dengan kebenaran ketika memutuskan perkara tentang harta, darah, hak-hak, perkataan, dan lain sebagainya. Mereka adalah pemimpin-pemimpin dalam petunjuk dan pembawa cahaya kebenaran.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

181. Di antara makhluk-makhluk Kami ada umat yang mendapatkan petunjuk dengan kebenaran dan mengajak orang lain kepadanya sehingga mereka pun mendapatkan petunjuk, dan dengan kebenaran itu pula mereka berlaku adil serta tidak zalim dalam memutuskan perkara.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

181. وَمِمَّنْ خَلَقْنَآ أُمَّةٌ (Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa yang dimaksud adalah umat ini (umat Nabi Muhammad), dan mereka adalah golongan yang akan tetap Berjaya diatas kebenaran sebagaimana yang disebutkan dalam hadist shahih.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

181 Di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak dan kebaikan, dan dengan yang hak itu pula mereka menjalankan keadilan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara orang-orang yang telah Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk} memberi petunjuk {dengan kebenaran dan dengan itu mereka berlaku adil} menentukan keputusan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

181 yakni diantara makhluk ciptaan kami terdapat umat yang utama lagi sempurna pada dirinya dan menyempurnakan yang lain, memberi petunjuk kepada Diri dan orang lain dengan kebenaran, mengamalkannya mengajarkannya mendakwahkannya dan mengajak orang lain untuk beramal dengannya. ”dan dengan yang haq itu (pula) mereka menjalankan keadilan,” diantara mereka dalam hokum-hukum mereka jika mereka menetapkannya pada harta, darah, hak, pendapat dan lain-lain. mereka itu adalah para imam hidayah dan lampu di kegelapan. Mereka itulah yang diberi nikmat oleh Allah dengan nikmat iman, amal shalih, saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran, mereka itu adalah para shidiqin yang mana derajat mereka dibawah derajat kerasulan. Mereka sendiri bertingkat-tingkat. Masing masing berdasarkan sesuai dengan keadaan dan kedudukannya. Maha suci Allah yang mengkususkan rahmatNya kepada siapa yang dikehendaki dan Allah adalah pemilik karunia yang besar.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Firman Allah SWT: (Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan) yaitu sebagian umat (ada umat)
menegakkan kebenaran dalam ucapan dan perbuatan (yang memberi petunjuk dengan hak) yaitu mereka mengatakannya dan menyeru kepadanya (dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan) mereka mengamalkan dan melakukan keadilan.
Terdapat banyak riwayat bahwa dimaksud dengan umat yang disebutkan ayat ini adlaah umat nabi Muhammad SAW. Sa'id meriwayatkan dari Qatadah tentang penafsiran ayat ini,”Telah sampai kepadaku bahwa Nabi SAW jika membaca ayat ini beliau bersabda,”Ini untuk kalian, dan Allah telah memberi hal yang serupa dengan itu kepada suatu kaum yang ada di hadapan kalian" (Dan di antara kaum Musa itu terdapat suatu umat yang memberi petunjuk (kepada manusia) dengan hak, dan dengan yang itulah mereka menjalankan keadilan”)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 181: Di antara orang-orang yang diciptakan Allah ada orang-orang yang sempurna dan menyempurnakan orang lain; mereka mengetahui kebenaran dan mengamalkannya, mengajarkannya dan mengajak manusia kepadanya.

Ketika memutuskan, baik dalam masalah harta, darah, hak-hak, maupun lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 181

Kalau pada ayat 179 disebutkan tentang siapa yang akan menjadi penghuni neraka dari kalangan manusia dan jin, maka pada ayat ini di-tegaskan, dan di antara orang-orang yang telah kami ciptakan ada umat yang menjadi teladan dan selalu memberi petunjuk dengan dasar kebenaran, dan dengan dasar kebenaran itu pula mereka setiap saat selalu berlaku adil, tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan, tetapi menelusuri jalan tengah yang merupakan jalan kebaikan, dan mereka juga selalu berlaku adil dalam memutus segala perkara. Mereka itulah yang akan menjadi penghuni surga. Dan sebaliknya, orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami, baik berupa ayat-ayat Al-Qur'an, maupun mukjizat para nabi atau buktibukti keesaan dan kekuasaan Allah yang terhampar, akan kami biarkan mereka berangsur-angsur, setahap demi setahap, menuju ke arah kebinasaan, hingga mencapai tahap maksimal. Di saat tingkat kekayaan dan kesenangan dunia telah membuat mereka lupa daratan, maka mereka akan sangat terkejut ketika kebinasaan itu datang dengan cara yang tidak mereka ketahui, dan aku akan memberikan tenggang waktu berupa kesempatan hidup yang cukup, atau menangguhkan siksa dengan menganugerahkan kenikmatan kepada mereka yang menjadikan mereka lupa daratan, tanpa melupakan kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan. Sungguh, rencana-ku yang pada lahirnya adalah kenikmatan untuk mereka, tetapi tujuannya adalah kebinasaan, sangat teguh, tidak satu pun yang dapat membatalkannya dan akan sangat menyakitkan mereka, sesuai dengan kadar kejahatan yang mereka lakukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjabaran dari beragam mufassirin terhadap kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 181 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita bersama. Sokonglah usaha kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dibaca

Kaji berbagai halaman yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: An-Naba, Al-Qadr, Al-Kafirun, Al-Fatihah, Al-Isra 32, Yusuf 28. Juga Al-Falaq, Al-A’la, Adh-Dhuha, Seribu Dinar, Al-Hujurat 13, Do’a Setelah Adzan.

  1. An-Naba
  2. Al-Qadr
  3. Al-Kafirun
  4. Al-Fatihah
  5. Al-Isra 32
  6. Yusuf 28
  7. Al-Falaq
  8. Al-A’la
  9. Adh-Dhuha
  10. Seribu Dinar
  11. Al-Hujurat 13
  12. Do’a Setelah Adzan

Pencarian: arti surat maryam, surah yasin arab, surah al hujurat ayat 13 beserta artinya, al baqarah ayat 264, ayat al insyirah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: