Surat Al-A’raf Ayat 186

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

مَن يُضْلِلِ ٱللَّهُ فَلَا هَادِىَ لَهُۥ ۚ وَيَذَرُهُمْ فِى طُغْيَٰنِهِمْ يَعْمَهُونَ

Arab-Latin: May yuḍlilillāhu fa lā hādiya lahụ wa yażaruhum fī ṭugyānihim ya'mahụn

Artinya: Barangsiapa yang Allah sesatkan, maka baginya tak ada orang yang akan memberi petunjuk. Dan Allah membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan.

« Al-A'raf 185Al-A'raf 187 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Al-A’raf Ayat 186

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 186 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penafsiran dari beragam ulama tafsir mengenai kandungan surat Al-A’raf ayat 186, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Barangsiapa yang Allah sesatkan dari jalan lurus, maka tidak ada pemberi petunjuk baginya, dan Allah akan meninggalkan mereka dalam kekufuran dan kebingungan dan keraguraguan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

186. Kemudian olokan dan ancaman bagi orang-orang musyrik ini ditutup dengan pernyataan bahwa barangsiapa yang dikehendaki Allah untuk tersesat karena ia lebih memilih kesasatan dan enggan mendengarkan kebenaran, maka tidak akan ada seorangpun yang mampu memberinya hidayah. Allah akan membiarkan orang-orang tersesat itu tenggelam di dalam kesesatan dengan penuh kebingungan dan keraguan, mereka tidak akan dapat keluar darinya dan tidak mendapatkan petunjuk kepada kebenaran.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

186. Barangsiapa yang tidak diberi petunjuk oleh Allah kepada kebenaran dan Dia sesatkan dari jalan yang lurus, maka tidak ada seorang pun yang dapat menunjukkannya ke jalan yang benar dan Allah akan membiarkan mereka kebingungan tanpa arah di dalam kesesatan dan kekafiran mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Pada kalimat pertama dari ayat ini menjelaskan bahwa barangsiapa yang dijerumuskan oleh Allah kepada kesesatan maka tidak satupun yang akan memberinya petunjuk, sedangkan kalimat kedua menunjukkan bahwa tersesatnya mereka karena pembangkangan yang diperbuat oleh mereka sendiri.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

186 Barangsiapa yang Allah sesatkan dari keimanan, maka tak ada orang yang akan memberi petunjuk kepadanya selamanya. Dan Allah membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Siapa saja yang disesatkan Allah} ditetapkan Allah atas kesesatan {maka tidak ada yang memberinya petunjuk dan Dia membiarkan mereka} membiarkan mereka {dalam kesesatan mereka itu} dalam kekufuran dan kesesatan mereka {terombang-ambing} ragu dalam kebingungan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

186 akan tetapi orang yang sesat tidak memiliki cara dan jalan untuk mendapatkan hidayahNya. oleh karena itu Allah berfirman ”barangsiapa yang Allah sesatkan maka baginya tak ada orang yang akan memberi petunjuk. Dan Allah membiarkan mereka terombang ambing dalam kesesatan” yakni bingung, bimbang, tidak bisa lepas darinya, dan tidak meraih kebenaran.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman bahwa siapa saja yang telah ditetapkan untuk tersesat, maka tidak ada seorang pun yang memberinya petunjuk. Jika dia melihat pada dirinya sendiri, maka hal itu tidak membantunya sedikitpun (Barang siapa yang Allah menghendaki kesesatannya, maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatu pun (yang datang) dari Allah) (Surah Al-Maidah: 41) dan (Katakanlah, "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman” (101)) (Surah Yunus)


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 186

Mereka enggan mengikuti Al-Qur'an dan keterangan yang disampaikan rasul, sehingga berlakulah keketapan Allah, yaitu barangsiapa dibiarkan sesat oleh Allah, karena pilihan dan usahanya sendiri, atau karena kebejatan hati dan keengganannya memanfaatkan petunjuk, maka baginya tidak ada seorang pun yang mampu memberi petunjuk guna mengantarkannya kepada kebahagiaan dan memberinya kemampuan untuk melaksanakan petunjuk. Allah akan terus membiarkannya selalu terombang-ambing dalam kesesatan, sehingga tidak menemukan jalan kebenaran. Wahai nabi Muhammad, mereka, yaitu kaum yahudi atau musyrik, atau siapa pun mereka, menanyakan kepadamu dengan maksud mengejek atau mengujimu tentang kiamat, yang pada hakikatnya mereka tidak akui adanya, atau mereka pun sebenarnya tahu bahwa hanya Allah yang tahu tentang itu, kapan terjadinya dan bagaimana mengetahuinya' katakanlah kepada mereka, sesungguhnya pengetahuan tentang waktu dan bagaimana kiamat itu terjadi ada pada tuhanku; tidak ada seorang pun yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain dia yang maha mengetahui. Kiamat itu sangat berat dan mencekam bagi makhluk yang di langit dan di bumi karena tidak ada yang mengetahuinya dan sangat besar huru-haranya. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba. Mereka mengulang bertanya tentang itu kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat ada pada Allah, sehingga tidak ada yang dapat mengetahui kecuali atas informasi-Nya, padahal dia telah menetapkan tidak memberitahu siapa pun tentang waktu kedatangannya. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui sehingga mereka terus bertanya atau menduga-duga, termasuk tentang hal-hal yang gaib lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjabaran dari para mufassirin terhadap isi dan arti surat Al-A’raf ayat 186 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Dukung kemajuan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dikaji

Tersedia berbagai materi yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 3, An-Naziat, An-Nisa 59, Al-Lahab, Az-Zumar 53, Al-‘Ashr. Ada juga Bismillah, Al-Kahfi 1-10, Quraisy, An-Nashr, Yusuf, Al-Qari’ah.

  1. Al-Ma’idah 3
  2. An-Naziat
  3. An-Nisa 59
  4. Al-Lahab
  5. Az-Zumar 53
  6. Al-‘Ashr
  7. Bismillah
  8. Al-Kahfi 1-10
  9. Quraisy
  10. An-Nashr
  11. Yusuf
  12. Al-Qari’ah

Pencarian: al hadid ayat 21, al araf 33, al araf ayat 187, yasin ayat 21, al imran ayat 186

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: