Surat Al-Anfal Ayat 43

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِذْ يُرِيكَهُمُ ٱللَّهُ فِى مَنَامِكَ قَلِيلًا ۖ وَلَوْ أَرَىٰكَهُمْ كَثِيرًا لَّفَشِلْتُمْ وَلَتَنَٰزَعْتُمْ فِى ٱلْأَمْرِ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ سَلَّمَ ۗ إِنَّهُۥ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

Arab-Latin: Iż yurīkahumullāhu fī manāmika qalīlā, walau arākahum kaṡīral lafasyiltum wa latanāza'tum fil-amri wa lākinnallāha sallam, innahụ 'alīmum biżātiṣ-ṣudụr

Artinya: (yaitu) ketika Allah menampakkan mereka kepadamu di dalam mimpimu (berjumlah) sedikit. Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka kepada kamu (berjumlah) banyak tentu saja kamu menjadi gentar dan tentu saja kamu akan berbantah-bantahan dalam urusan itu, akan tetapi Allah telah menyelamatkan kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

« Al-Anfal 42Al-Anfal 44 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Surat Al-Anfal Ayat 43

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anfal Ayat 43 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir mendalam dari ayat ini. Didapatkan berbagai penjelasan dari berbagai ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Anfal ayat 43, antara lain seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan ingatlah wahai nabi, ketika Allah memperlihatkan sedikitnya jumlah musuhmu dalam mimpimu, dan kemudian kamu memberitahukan itu kepada kaum mukminin, sehingga hati mereka menjadi teguh dan mereka berani menyongsong peperangan menghadapi musuh mereka. Dan seandainya tuhanmu memperlihatkan kepadamu banyaknya jumlah mereka, tentulah sahabat-sahabatmu akan maju mundur dalam menghadapi mereka, kalian menjadi takut serta bersilang pendapat dalam perkara memerangi mereka. Akan tetapi, Allah menyelamatkan kalian dari kegagalan dan menjauhkan kalian dari dampak buruknya. Sesungguhnya Dia maha mengetahui rahasia-rahasia yang tersembunyi di dalam hati dan tabiat-tabiat jiwa-jiwa manusia.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

43- 44. Hai Muhammad, ingatlah ketika Allah memperilihatkanmu dalam mimpi bahwa jumlah pasukan musuh hanya sedikit, kemudian kamu memberitahukan hal ini kepada orang-orang beriman, sehingga hati mereka menjadi tenang dan harapan mereka terhadap kemenangan menjadi kuat.

Seandainya Allah memperlihatkanmu bahwa jumlah mereka sangat banyak niscaya para sahabat akan lemah dan takut serta tidak akan mampu memerangi musuh karena diakibatkan pula oleh perselisihan pandangan di antara mereka dalam perkara peperangan ini. Akan tetapi Allah menyelamatkan kalian dari kelemahan dan perselisihan yang dapat mengakibatkan perpecahan dan kekalahan.

Allah Maha Mengetahui apa yang tersembunyi di dalam dada yang berupa rasa takut yang membuatnya sempit sehingga enggan melakukan peperangan, serta rasa berserah diri dan penuh keimanan yang timbul dari diri yang tenang dan sabar sehingga membuatnya berani. Dan Allah menjadikan bagi setiap perasaan itu sebab-sebab yang mengantarkan kepada hal yang Dia kehendaki.

Ingatlah ketika Allah menampakan kalian berjumlah sedikit di pandangan orang-orang kafir ketika kalian saling bertemu dengan mereka di medan perang, berkat keimanan yang Allah masukkan ke dalam hati kalian terhadap janji-Nya untuk menolong kalian, membantu kalian dengan para malaikat, dan menghinakan musuh kalian. Dan Allah membuat jumlah kalian sedikit pada pandangan mereka karena kalian memang berjumlah sedikit, namun ketika kalian bertemu dengan mereka di medan perang, Allah meneguhkan hati kalian dan menurunkan semangat mereka agar Allah menetapkan kemenangan bagi kalian sebagai perkara yang telah ada dalam ilmu yang Dia ketahui yang pasti terjadi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

43. Dan ingatlah -wahai Rasul- nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepadamu dan kepada orang-orang mukmin ketika Allah memperlihatkan kepadamu di dalam mimpimu bahwa jumlah orang-orang musyrik sangat sedikit. Kemudian kamu menceritakan mimpi itu kepada orang-orang mukmin sehingga mereka merasa gembira dan tekad mereka untuk menghadapi dan memerangi musuh-musuh mereka itu semakin kuat. Sekiranya Allah -Subḥānahu- memperlihatkan kepadamu di dalam mimpimu bahwa jumlah orang-orang musyrik sangat banyak, tentu semangat juang sahabat-sahabatmu akan runtuh dan mereka akan takut berperang. Tetapi Allah telah menyelamatkan mereka dari kondisi semacam itu dan melindungi mereka dari kegagalan. Maka Allah membuat jumlah mereka tampak sedikit di mata rasul-Nya -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan di dalam hati dan apa yang tersembunyi di dalam jiwa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

43. إِذْ يُرِيكَهُمُ اللهُ فِى مَنَامِكَ قَلِيلًا ۖ (ketika Allah menampakkan mereka kepadamu di dalam mimpimu (berjumlah) sedikit)
Yakni Rasulullah melihat dalam mimpinya bahwa pasukan orang-orang musyrik berjumlah sedikit, maka Rasulullah menceritakan hal ini kepada para sahabatnya sehingga ini menjadi sebab keteguhan mereka. Andai saja Rasulullah melihat dalam mimpinya bahwa jumlah pasukan orang-orang musyrik banyak niscaya mereka akan merasa lemah dan takut memerangi mereka serta saling berselisih apakah akan menghadapi mereka atau tidak.

وَلٰكِنَّ اللهَ سَلَّمَ ۗ (akan tetapi Allah telah menyelamatkan kamu)
Dan melindungi mereka dari kekalahan, sehingga Allah menjadikan orang-orang musyrik berjumlah sedikit dalam penglihatan Rasulullah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

43 Ingatlah wahai Nabi ketika sebelum peperangan Allah menampakkan kepadamu di dalam mimpimu bahwa orang-orang musyrik itu berjumlah sedikit. Kemudian engkau kabarkan kepada para sahabatmu, kemudian mereka menjadi bersemangat dan percaya diri. Andaikata Kami memperlihatkan bahwa jumlah mereka banyak maka pasti kalian akan gusar dan berbeda pendapat untuk memerangi mereka atau tidak wahai orang-orang mukmin, Jumlah sebenarnya tentara Qurasy adalah lebih dari seribu, adapun jumlah tentara muslim hanya 314, akan tetapi Allah telah menyelamatkan kalian dari kekalahan dan perdebatan. Sehingga Allah memperlihatkan jumlah mereka hanya sedikit kepada Nabi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ketika Allah memperlihatkan mereka kepadamu di dalam mimpimu itu sedikit} sedikit jumlahnya {Seandainya Allah memperlihatkan mereka kepadamu itu banyak, niscaya kalian gentar} kalian akan menjadi pengecut dan merasa lemah {dan kalian akan berbantah-bantahan dalam urusan itu} kalian akan berselisih tentang urusan peperangan itu {tetapi Allah telah menyelamatkan} Allah melindungi dari kegagalan dan perselisihan {Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

43-44. Allah memperlihatkan ke dalam mimpi Rasululoh, bahwa orang-orang musyrik berjumlah sedikit, kemudian Rasululoh memberitahukan berita gembira itu kepada sahabat-sahabatnya, maka hati mereka pun menjadi tenang dan teguh. “Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka kepadamu (berjumlah) banyak.” Lalau kamu menyampaikan berita itu kepada sahabat-sahabatmu, “tentu saja mereka menjadi gentar tentu saja kamu akan berbantah-bantahan dalam urusan itu.” Di antara kamu ada yang berpendapat meneruskan perang, ada pula yang tidak berpendapat demikian, dan percekcokan adalah kekalahan. “Akan tetapi Allah telah menyelamatkan kamu.” Yakni melindungimu. “Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segela isi hati.” Yakni keteguhan, kekhawatiran, kejujuran, keteguhan, dan kedustaan yang ada padanya. Allah mengetahui apa yang ada di dalam hatimu yang membuatnya mengasihiMu, berlaku baik kepadamu, dan mebuktikan mimpi RasulNya. Allah menampakan kepada orang-orang Mukmin seakan-akan musuh-musuh mereka berjumlah sedikit. Masing-masing pasukan melihat musuhnya sedikit, agar masing-masing pasukan menyerang yang lain. “Karena Allah hendak melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan.” Yakni, memberi kemenangan kepada kaum Muminin dan menimpakan kekalahan kepada orang kafir, serta membinasakan para pemimpin dan pembesar kekafiran mereka, sehingga tidak seorangpun dari mereka yang bisa di banggakan, sehingga setelah itu mereka mudah di ajak masuk islam, ia juga menjadi bukti kelembutan bagi yang lain yang Allah beri nikmat Islam. “Dan hanya kepada Allah-lah segala urusan dikembalikan.” Yakni, segala urusan makhluk kembali kepada Allah, maka Dia membedakan yang baik dan yang buruk, dan memutuskan urusan makhluk dengan adil tanpa sedikitpun kezhaliman.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 43-44
Mujahid berkata,”Allah memperlihatkan kepada beliau dalam mimpinya sedikit, lalu Nabi SAW memberitahukan hal itu kepada para sahabat beliau tentang hal itu. Hal tersebut untuk meneguhkan mereka. Demikian juga dikatakan Ibnu Ishaq dan lainnya. Firman Allah SWT: (Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka kepada kamu (berjumlah) banyak, tentu saja kamu menjadi gentar) yaitu sungguh kalian akan menjadi pengecut menghadapi mereka, dan kalian berbeda pendapat di antara kalian (tetapi Allah telah menyelamatkan (kalian)) yaitu dari hal itu dengan memperlihatkan mereka kepada kalian dalam keadaan sedikit (Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati) terhadap sesuatu yang tersimpan di dalam hati dan semua yang tersembunyi di dalam hati (Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati (19)) (Surah Ghafir)
Firman Allah: (Dan ketika Allah menampakkan mereka kepada kamu sekalian, ketika kamu berjumpa dengan mereka berjumlah sedikit pada penglihatan matamu) Hal ini juga termasuk kelembutan Allah SWT kepada mereka, ketika Dia memperlihatkan musuh mereka di mata mereka dalam keadaan sedikit, sehingga Dia membuat mereka berani dan melawan mereka.
Firman Allah: (dan kalian ditampakkan-Nya berjumlah sedikit pada penglihatan mereka) Ikrimah berkata tentang firmanNya: (Dan ketika Allah menampakkan mereka kepada kamu ketika kamu sekalian berjumpa dengan mereka). dia berkata, Dia mendorong sebagian dari mereka untuk memerangi sebagian lainnya.
Muhammad ibnu Ishaq mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yahya ibnu Abbad ibnu Abdullah ibnuz Zubair, dari ayahnya sehubungan dengan makna firman-Nya: karena Allah hendak melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan (Al Anfal : 44) Yakni agar Allah menimpakan peperangan di antara mereka guna membalas terhadap orang-orang yang hendak ditimpakan pembalasan azab kepadanya, dan guna melimpahkan nikmat kepada orang-orang yang Dia kehendaki beroleh nikmat-Nya dari kalangan orang-orang yang berhak menerimanya.
Firman Allah (karena Allah hendak melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan) Maknanya adalah Allah membujuk masing-masing dari kedua pihak untuk berperang, dan Dia menjadikan terlihat sedikit pihak lain untuk mendorongnya berperang dan hal itu saat keduanya berhadapan. Ketika pertempuran berkecamuk, Allah membantu orang-orang mukmin dengan seribu malaikat yang datang bergantian. Lalu orang-orang kafir melihat pasukan mukmin seakan-akan dua kali lipat daripada mereka. Sebagaimana Allah berfirman: (Sesungguhnya telah ada tanda bagi kalian pada dua golongan yang telah bertemu (bertempur). Segolongan berperang di jalan Allah dan (segolongan) yang lain kafir, yang dengan mata kepala melihat (seakan-akan) orang-orang muslimin dua kali jumlah mereka. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan hati (13)) (Surah Ali Imran) Demikianlah pengertian penggambungan antara kedua ayat itu, masing-masing keduanya benar dan dipercaya. Segala puji bagi Allah


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anfal ayat 43: Kemudian engkau memberitahukan para sahabatmu, sehingga mereka bergembira.

Yakni di antara kamu ada yang mengusulkan untuk tetap maju berperang, dan ada pula yang mengusulkan untuk tidak maju berperang sehingga mengakibatkan kegentaran.

Dari sikap gentar dan berbantah-bantahan.

Seperti keteguhan hati dan sikap keluh kesah, kejujuran dan kedustaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anfal Ayat 43

Lebih lanjut dijelaskan dengan rinci terjadinya perang badar yang tidak seimbang tersebut. Ingatlah wahai nabi Muhammad, ketika Allah memperlihatkan jumlah mereka, pasukan kafir, di dalam mimpimu berjumlah sedikit, lalu engkau menyampaikan kepada sahabat-sahabatmu sehingga mereka kuat mentalnya dan lebih berani. Sebab, sekiranya Allah memperlihatkan mereka berjumlah banyak, tentu kalian, wahai orangorang mukmin, menjadi gentar dan tentu kalian akan berbantah-bantahan dalam urusan itu menyangkut keterlibatan mereka pada perang badar tersebut, tetapi Allah telah menyelamatkan kamu dengan cara menunjukkan jumlah mereka terlihat sedikit dan lemah melalui mimpi nabi. Sungguh, Allah maha mengetahui apa yang ada dalam hatimu, termasuk rasa berani dan gentar dalam menghadapi peperangan. Setelah menjelaskan apa yang dilihat oleh nabi dalam mimpi, maka pada ayat ini dijelaskan apa yang dilihat kaum muslim dengan mata kepala sendiri di medan perang. Ingatlah ketika Allah memperlihatkan mereka, orang-orang kafir, kepada kalian ketika kalian berjumpa dengan mereka seakan-akan berjumlah sedikit menurut penglihatan mata kalian di medan perang; dan kalian, wahai orang-orang mukmin, diperlihatkannya seakan-akan berjumlah sedikit menurut penglihatan mereka sebelum bertemu di medan pertempuran. Demikian itu karena Allah berkehendak melaksanakan suatu urusan yang harus dilaksanakan. Hanya kepada Allah segala urusan dikembalikan, sehingga tidak ada satu pun yang terlepas dari kehendak-Nya. Peristiwa perang badar seharusnya menguatkan mental dan keyakinan setiap orang mukmin bahwa Allah pasti menolong hamba-Nya yang memiliki keimanan yang benar, meski pertolongan itu datang dengan cara yang unik dan tidak masuk akal.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari berbagai mufassir terkait kandungan dan arti surat Al-Anfal ayat 43 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukung syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dibaca

Kami memiliki banyak konten yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Fil, Inna Lillahi, Yusuf 4, Ali ‘Imran 159, Al-Bayyinah, Al-Ma’un. Ada pula Al-Fath, Alhamdulillah, At-Tin, Al-Insyirah, Al-‘Alaq, Al-Baqarah 183.

  1. Al-Fil
  2. Inna Lillahi
  3. Yusuf 4
  4. Ali ‘Imran 159
  5. Al-Bayyinah
  6. Al-Ma’un
  7. Al-Fath
  8. Alhamdulillah
  9. At-Tin
  10. Al-Insyirah
  11. Al-‘Alaq
  12. Al-Baqarah 183

Pencarian: surah yusuf ayat 4 dibaca 3x, qs alkahfi, surat al kahfi ayat terakhir, surat al maidah ayat 32 beserta artinya, surat at taghabun ayat 11

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: