Surat At-Taubah Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَٰتِلُوهُمْ يُعَذِّبْهُمُ ٱللَّهُ بِأَيْدِيكُمْ وَيُخْزِهِمْ وَيَنصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُّؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Qātilụhum yu'ażżib-humullāhu bi`aidīkum wa yukhzihim wa yanṣurkum 'alaihim wa yasyfi ṣudụra qaumim mu`minīn

Artinya: Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman.

« At-Taubah 13At-Taubah 15 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Surat At-Taubah Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah mendalam dari ayat ini. Ditemukan beraneka penjelasan dari para mufassir terkait makna surat At-Taubah ayat 14, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai orang-orang mukmin, perangilah musuh-musuh Allah, niscaya Allah akan menyiksa mereka melalui tangan-tangan kalian dan menghinakan mereka dengan kekalahan dan kenistaan duniawi, dan memenangkan kalian atas mereka, dan meninggikan kalimatNya, serta mendatangkan rasa lega dengan kekalahan mereka di hati kalian yang telah tersusupi rasa kesedihan dan kecemasan akibat tipu daya kuam musyrikin.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14-15. Setelah Allah menyebutkan dalil-dalil yang mewajibkan untuk memerangi mereka dan menghilangkan syubhat-syubhat yang melarang memerangi mereka; maka kemudian Allah memerintahkan mereka dengan perintah yang tegas dan dibarengi dengan janji-Nya untuk menolong orang-orang beriman dan memenangkan mereka: “Perangilah mereka sebagaimana Aku perintahkan, karena jika kalian melaksanakan hal ini, niscaya Allah akan mengazab mereka melalui tangan kalian dan memberi kalian kemampuan untuk membunuh mereka dengan memotong leher mereka atau menusuk dada dan tenggorokan mereka.

Dan Allah akan menghinakan mereka yang masih hidup dengan menjadikan mereka tertawan, tertindas, dan miskin. Allah akan memenangkan kalian hingga mereka tidak dapat bangkit kembali, serta mengobati sakit hati kalian karena dahulu mereka mengganggu, mengkhianati, dan menzalimi kalian.

Adapun orang yang bertaubat dari mereka, maka Allah akan menerima taubat mereka dari kesyirikan dan memberi mereka taufik untuk beriman. Dia Maha Mengetahui kekuatan mereka yang tidak kalian ketahui, baik itu pada saat ini maupun di masa depan; dan Dia Maha Bijaksana dalam menetapkan hukum bagi mereka.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Perangilah -wahai orang-orang mukmin- orang-orang musyrik itu. Karena jika kalian memerangi mereka niscaya Allah akan mengazab mereka melalui tangan kalian. Yaitu kalian akan membunuh dan menghinakan mereka dengan kekalahan dan menjadikan mereka sebagai tawanan perang. Allah akan menolong kalian untuk mengalahkan mereka dan memberikan kemenangan kepada kalian. Dan Allah akan memuaskan hati orang-orang mukmin yang belum pernah menyaksikan perang dengan apa yang dialami oleh musuh mereka, yaitu terbunuh, tertawan, dan kalah dari orang-orang mukmin, serta keberhasilan orang-orang mukmin mengalahkan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. قٰتِلُوهُمْ يُعَذِّبْهُمُ اللهُ بِأَيْدِيكُمْ (Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu)
Allah menjadikan dalam ayat ini beberapa faidah:
1. ayat ini mengabarkan bahwa azab Allah bagi orang-orang kafir lewat tangan orang-orang beriman dengan pembunuhan dan tawanan perang.
2. ayat ini mengabarkan bahwa Allah menghinakan mereka dengan menjadi tawanan perang. Dan pendapat lain mengatakan: dengan menurunkan kepada mereka kehinaan dan kerendahan.
3. ayat ini mengabarkan tentang kemenangan dan kejayaan orang-orang beriman atas orang-orang kafir.
4. ayat ini menunjukkan bahwa Allah melegakan orang-orang beriman yang belum mengikut peperangan dengan pererangan yang akan terjadi.
5. bahwa Allah melegakan hati orang-orang beriman dari kebencian terhadap orang-orang kafir dengan perintah memerangi mereka disebabkan pelanggaran perjanjian yang mereka lakukan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13 Allah mengizinkan untuk memerangi kafir Makkah yang telah menghianati janji sebab tiga perkara: 1 Mengapa kamu tidak memerangi orang-orang yang merusak sumpah janjinya, 2 padahal mereka telah keras kemauannya untuk mengusir Rasul dan 3 merekalah yang pertama mulai memerangi kamu pada perang Badr, Khandak dan lainnya? Mengapakah kamu takut kepada mereka padahal Allah-lah yang berhak untuk kamu takuti, jika kamu benar-benar orang yang beriman kepada janji dan peringatan Allah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Perangilah mereka. niscaya Allah akan mengazab mereka} membunuh mereka {melalui tangan-tangan kalian, menghinakan mereka} menghinakan mereka dengan kehancuran dan penawanan {dan memenangkan kalian atas mereka, serta melegakan hati kaum mukmin


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14. Kemudian Allah memerintahkan orang-orang Mukmin agar memerangi mereka, dan menjelaskan manfaat yang timbul akibat perang dengan mereka. Semua itu adalah dorongan dan lecutan bagi orang-orang yang beriman agar mau memerangi mereka, Dia berfriman, “perangilah mereka, niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan tangan-tanganmu”, dengan pembunuhan, “dan Allah menghinakan mereka”, jika Allah memenangkanmu atas mereka. Mereka adalah musuh yang memang hendak menghinakan diri mereka sendiri dan berusaha untuk itu. “Dan menolong kamu atas mareka.” Ini adalah janji dan kabar gembira dari Allah yang telah dia wujudkan. “Serta melegakan hati orang-orang yang beriman.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 13-15
Ini juga untuk memotivasi dan memberi semangat untuk memerangi orang-orang musyrik yang merusak perjanjian mereka, dimana mereka bertekad untuk mengusir Rasulallah SAW dan Makkah. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan (ingatlah) ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu dara itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya (30)) (Surah Al-Anfal)
Firman Allah: (dan merekalah yang pertama kali memulai memerangi kalian) Dikatakan bahwa maksudnya adalah perang Badar ketika mereka keluar Mekah untuk membantu kafilah mereka, setelah kafilah mereka selamat dan mereka mengetahui hal itu, maka mereka meneruskan perjalanannya untuk berperang karena kedengkian dan keangkuhan mereka, sebagaimana yang telah disebutkan sebelum itu.
Firman Allah: (Apakah kalian takut kepada mereka, padahal Allah-lah yang berhak untuk kalian takuti, jika kalian benar-benar orang yang beriman) Allah SWT berfirman, "Janganlah kalian takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu. Akulah yang selayaknya ditakuti oleh hamba-hambaKu karena siksaan dan hukumanKu. Segala urusan berada dalam genggamanKu, dan apa yang Aku kehendaki maka terjadi, dan apa yang tidak Aku kehendaki maka tidak terjadi" Kemudian Allah berfirman seraya memberi tekad dan semangat kepada orang-orang mukmin dan menjelaskan hikmah dalam apa yang Dia syariatkan kepada mereka untuk berjihad, bersamaan dengan kuasaNya untuk membinasakan para musuh dengan perintah dari sisiNya: (Perangilah mereka, niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan (perantaraan) tangan-tangan kalian dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kalian terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman (14)) Ayat ini mencakup semua orang mukmin.
Mujahid, Ikrimah, dan As-Suddi berkata tentang firmanNya: (serta melegakan hati orang-orang yang beriman) yaitu Bani Khuza'ah, dan kata ganti di situ kembali kepada firmanNya: (dan menghilangkan panas hati orang-orang mukmin) kepada mereka juga.
(Dan Allah menerima taubat orang yang dikehendaki-Nya) yaitu hamba-hambaNya (Allah Maha Mengetahui) yaitu sesuatu yang baik untuk hamba-hambaNya (Lagi Maha bijaksana) yaitu dalam perbuatan dan firmanNya yang berkaitan dengan makluk dan syariat. Dia melakukan apa yang Dia kehendaki dan memutuskan apa yang Dia inginkan, Dia Maha Adil lagi Maha Bijaksana yang tidak akan zalim selamanya. Dia tidak akan menyia-nyiakan kebaikan dan keburukaan mesikpun hanya seberat dzarrah , bahkan Dia akan membalasan di dunia dan akhirat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 14: Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan kembali memerangi mereka dan menerangkan faedahnya.

Membunuh mereka.

Dengan menawan mereka.

Ayat ini menunjukkan kecintaan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin dan perhatian-Nya terhadap mereka, di mana Dia menjadikan termasuk maqaashid syar’iyyah (tujuan syari’at) adalah mengobati sakit hati kaum mukmin yang selama ini tertekan oleh ulah mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 14

Atas tiga alasan di atas, yakni merusak perjanjian damai untuk tidak saling mengganggu, berencana untuk mengusir rasulullah dari tempat kediamannya, dan memulai untuk menyerang kaum muslimin, maka perangilah mereka, demi melaksanakan perintah Allah dan menggapai rida-Nya, bukan semata-mata untuk mengejar hal-hal yang bersifat duniawi seperti rampasan perang. Dengan begitu, niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan perantaraan tanganmu, dan melalui peperangan itu pula dia akan menghina mereka dengan kekalahan dalam perang sehingga menjadi tawanan dan menolongmu dengan kemenangan atas mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman, setelah mereka mengalami penyiksaan dari kaum musyrik mekah dalam waktu yang cukup lama yang akhirnya mereka bisa dikalahkan dan agama islam memperoleh kemuliaan dan, selain itu, dia menghilangkan kemarahan hati mereka, orangorang mukmin, yang disebabkan penyiksaan yang begitu kejam terhadap mereka sejak di mekah. Namun begitu, jika mereka bertobat, maka akan diterima tobatnya dan mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kalian. Demikian ini, karena Allah menerima tobat orang yang dia kehendaki jika memang secara tulus bertobat kepadanya. Allah maha mengetahui segala urusan hamba-hamba-Nya, mahabijaksana atas segala ketentuan syariat dan kebijakan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjelasan dari berbagai mufassirin terkait makna dan arti surat At-Taubah ayat 14 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita bersama. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dibaca

Ada banyak halaman yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Fil, Al-Ma’un, Alhamdulillah, At-Tin, Al-Bayyinah, Ali ‘Imran 159. Ada juga Al-Insyirah, Al-Baqarah 183, Al-‘Alaq, Inna Lillahi, Al-Fath, Yusuf 4.

  1. Al-Fil
  2. Al-Ma’un
  3. Alhamdulillah
  4. At-Tin
  5. Al-Bayyinah
  6. Ali ‘Imran 159
  7. Al-Insyirah
  8. Al-Baqarah 183
  9. Al-‘Alaq
  10. Inna Lillahi
  11. Al-Fath
  12. Yusuf 4

Pencarian: at taubah ayat 51, surat al maidah ayat 48 latin dan artinya, an nahl ayat 12, khatamallahu ala qulubihim, al baqarah 269

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: