Surat At-Taubah Ayat 56

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูŠูŽุญู’ู„ููููˆู†ูŽ ุจููฑู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ู„ูŽู…ูู†ูƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ูู… ู…ู‘ูู†ูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูฐูƒูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ูŠูŽูู’ุฑูŽู‚ููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Wa yaแธฅlifแปฅna billฤhi innahum lamingkum, wa mฤ hum mingkum wa lฤkinnahum qaumuy yafraqแปฅn

Artinya: Dan mereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa sesungguhnya mereka termasuk golonganmu; padahal mereka bukanlah dari golonganmu, akan tetapi mereka adalah orang-orang yang sangat takut (kepadamu).

ยซ At-Taubah 55 โœต At-Taubah 57 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Surat At-Taubah Ayat 56

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 56 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir penting dari ayat ini. Tersedia bermacam penafsiran dari banyak ahli tafsir mengenai kandungan surat At-Taubah ayat 56, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan orang-orang munafik bersumpah dengan nama Allah di hadapan kalian (wahai kaum mukminin), dengan dusta dan kepalsuan, bahwa mereka itu bagian dari kalian, padahal mereka bukan bagian dari kalian, akan tetapi mereka adalah kaum yang penakut lalu bersumpah untuk menutupi jati diri mereka di hadapan kalian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

56. Hai orang-orang beriman, orang-orang munafik itu akan bersumpah kepada kalian dengan sumpah bohong bahwa mereka adalah bagian dari kalian. Namun sebenarnya mereka bukan bagian dari kalian meskipun mereka menempatkan diri sebagai bagian dari kalian. Mereka adalah kaum yang penakut, Mereka takut untuk berperang, serta takut terbunuh dan tertawan sebagaimana yang menimpa orang-orang musyrik, sehingga mereka menampakkan keislaman untuk melindungi diri.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. Orang-orang munafik itu mengucapkan sumpah palsu di hadapan kalian -wahai orang-orang mukmin- bahwa mereka adalah bagian dari kalian. Padahal di dalam batin mereka tidaklah demikian adanya, walaupun mereka menyatakan bahwa mereka adalah bagian dari kalian. Akan tetapi mereka adalah orang-orang yang penakut. Mereka adalah orang-orang pengecut di medan perang. Mereka takut dibunuh atau dijadikan tawanan perang seperti yang terjadi pada orang-orang musyrik. Oleh karena itulah mereka menyatakan keislaman mereka untuk menyembunyikan jati diri mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. ูˆูŽูŠูŽุญู’ู„ููููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ู„ูŽู…ูู†ูƒูู…ู’ (Dan mereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa sesungguhnya mereka termasuk golonganmu)
Yakni termasuk dari golongan kalian dalam agama Islam.

ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ูู… ู…ูู‘ู†ูƒูู…ู’ (padahal mereka bukanlah dari golonganmu)
Kecuali dari sisi yang nampak saja, namun secara bathin tidak seperti itu.

ูˆูŽู„ูฐูƒูู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ูŠูŽูู’ุฑูŽู‚ููˆู†ูŽ (akan tetapi mereka adalah orang-orang yang sangat takut)
Yakni takut untuk bertempur menghadapi musuh.
Pendapat lain mengatakan, yang dimaksud adalah mereka takut akan menimpa mereka apa yang telah menimpa orang-orang musyrik berupa terbunuh atau tertawan; oleh sebab itu mereka menunjukkan kepada kalian keislaman untuk tipu daya dan bukan benar-benar ber-Islam.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Mereka bersumpah palsu demi Allah bahwa mereka termasuk orang-orang mukmin. Pada hakikatnya mereka bukan termasuk orang-orang mukmin. Keislaman mereka hanya secara zhahir, namun tidak ada iman dalam hati mereka. Mereka adalah kaum yang sangat takut jika bermuamalah layaknya orang-orang musyrik, sehingga mereka bersumpah karena takut dan untuk menutupinya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka bersumpah dengan (nama) Allah bahwa sesungguhnya mereka termasuk golongan kalian} termasuk dalam golongan orang-orang muslim {padahal mereka bukanlah dari golongan kalian, tetapi mereka adalah kaum yang sangat takut} mereka takut diperlakukan seperti halnya yang diperlakukan terhadap orang-orang musyrik berupa peperangan dan penawanan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

56. โ€œDan mereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (Nama) Allah, bahwa sesungguhnya mereka termasuk golonganmu, padahal mereka bukanlah dari golonganmu, akan tetapi merekaโ€, tujuan mereka dalam bersumpah adalah bahwa mereka โ€œadalah orang-orang yang sangat takut (kepadamu).โ€ Yakni takut serangan. Di hati mereka tidak ada keberanian yang mendorong mereka menunjukkan jati diri mereka, mereka takut jika mereka menunjukkan keadaan mereka kepadamu, mereka takut kamu berlepas diri dari mereka yang akibatnya musuh mengincar mereka dari segala penjuru. Adapun keadaan orang yang kuat hatinya lagi teguh jiwanya, maka dia tidak takut menyatakan keadaan dirinya, baik atau buruk, akan tetapi orang-orang munafik itu memang berbaju dengan pakaian ketakutan dan bermantel kebohongan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 56-57
Allah SWT memberitahukan kepada NabiNya SAW tentang kecemasan, ketakutan, ketegangan. dan kekagetan mereka, bahwa: (mereka bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa sesungguhnya mereka termasuk golongan kalian) sumpah yang dikukuhkan (padahal mereka bukanlah dari golongan kalian) dalam hal itu (tetapi mereka adalah orang-orang yang sangat takut (kepada kalian)) yaitu mendorong mereka untuk bersumpah (Jikalau mereka memperoleh tempat perlindungan) yaitu tempat berlindung dan benteng yang mereka gunakan untuk berlindung (atau gua-gua) yang terdapat di bukit-bukit (atau lubang-lubang) lubang di dalam tanah dan terowongan. Pendapat yang ketiga itu disampaikan oleh Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah.
(niscaya mereka pergi kepadanya dengan secepat-cepatnya) yaitu mereka bersegera pergi dari kalian, karena mereka bergaul dengan kalian hanya karena terpaksa, bukan karena senang. Mereka berharap mereka tidak bergaul dengan kalian, tetapi keadaan terpaksa membuat merekamelakukannya. Oleh karena itu mereka selalu dalam kesusahan dan kesedihan, karena Islam dan para pemeluknya terus dalam kemenangan dan ketinggian. Oleh karena itu, ketika orang-orang muslim bahagia, maka mereka tidak senang dengan itu, dan mereka tidak suka bergaul dengan orang-orang mukmin. Oleh karena itu Allah berfirman (Jikalau mereka memperoleh tempat perlindungan atau gua-gua atau lubang-lubang (dalam tanah), niscaya mereka pergi kepadanya dengan secepat-cepatnya (57))


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 56: Mereka takut jika kamu memberlakukan mereka seperti terhadap orang-orang kafir, sehingga mereka bersumpah sebagai taqiyah (menjaga diri).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 56

Ayat sebelumnya memperingatkan agar umat islam tidak merasa takjub terhadap kekayaan kaum munafik, maka ayat ini menginformasikan tentang kebusukan hati mereka. Mereka, orang-orang munafik, akan terus-menerus bersumpah dengan nama Allah bahwa sesungguhnya mereka termasuk golonganmu; namun sumpah itu hanyalah untuk mengelabui orang-orang mukmin. Karena itu, janganlah kalian mempercayai sumpah mereka, sebab sejatinya mereka bukanlah dari golonganmu, tetapi mereka adalah orang-orang yang sangat takut diperlakukan seperti orang-orang musyrik, makanya mereka tutupi kemunafikan mereka itu dengan sumpah. Karena itu, sekiranya mereka memperoleh tempat perlindungan, guagua, lubang-lubang dalam tanah atau tempat-tempat persembunyian di mana saja, niscaya mereka akan segera pergi atau lari ke sana dengan secepat-cepatnya meski harus berkorban harta dan melalui jalan yang cukup sulit. Inilah sifat dan sikap orang-orang yang hidupnya penuh dengan kemunafikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari beragam mufassirin terhadap makna dan arti surat At-Taubah ayat 56 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Dukung dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dicari

Ada berbagai konten yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Ar-Ra’d 11, Al-‘Adiyat, Al-An’am, Al-Baqarah 185, Luqman 14, Al-Insyirah 5-6. Ada pula Juz al-Qur’an, Al-Balad, Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Ali Imran 190-191, Al-Fajr.

  1. Ar-Ra’d 11
  2. Al-‘Adiyat
  3. Al-An’am
  4. Al-Baqarah 185
  5. Luqman 14
  6. Al-Insyirah 5-6
  7. Juz al-Qur’an
  8. Al-Balad
  9. Al-Maidah
  10. Al-Baqarah 153
  11. Ali Imran 190-191
  12. Al-Fajr

Pencarian: al-baqarah ayat 45, al imran 85, al jumuah ayat 7, surat at taubah 122, surat al baqarah 284

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: