Daftar Isi > At-Taubah > At-Taubah 62

Surat At-Taubah Ayat 62

يَحْلِفُونَ بِٱللَّهِ لَكُمْ لِيُرْضُوكُمْ وَٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥٓ أَحَقُّ أَن يُرْضُوهُ إِن كَانُوا۟ مُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Yaḥlifụna billāhi lakum liyurḍụkum wallāhu wa rasụluhū aḥaqqu ay yurḍụhu ing kānụ mu`minīn

Artinya: Mereka bersumpah kepada kamu dengan (nama) Allah untuk mencari keridhaanmu, padahal Allah dan Rasul-Nya itulah yang lebih patut mereka cari keridhaannya jika mereka adalah orang-orang yang mukmin.

« At-Taubah 61At-Taubah 63 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat At-Taubah Ayat 62 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 62 dengan text arab, latin dan artinya. Tersedia pelbagai penjabaran dari kalangan mufassirun mengenai isi surat At-Taubah ayat 62, antara lain seperti termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang munafik bersumpah dengan sumpah-sumpah dusta dan mengajukan alasan-alasan yang tidak karuan, supaya mereka diridoi oleh orang-orang mukmin, padahal Allah dan rasulNya lah yang lebih berhak dan lebih pantas untuk mereka dapatkan keridhaannya dengan beriman kepada keduanya dan taat kepada keduanya, jika memang mereka orang-orang mukmin yang sebenarnya.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

62. Orang-orang munafik itu bersumpah demi Allah di hadapan kalian -wahai orang-orang mukmin- bahwa mereka tidak pernah mengatakan sesuatu yang menyakiti nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-. Hal itu mereka lakukan agar kalian rida kepada mereka. Padahal Allah dan rasul-Nya lebih berhak mereka harapkan ridanya dengan cara beriman dan beramal saleh, jikalau mereka benar-benar beriman.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

62. Hai orang-orang beriman, orang-orang munafik akan bersumpah kepada kalian dengan nama Allah bahwa mereka tidak mengatakan sesuatu yang menyakiti Rasulullah, sumpah mereka ini hanya untuk mendapat keridhaan kalian, padahal Allah dan rasul-Nya lebih utama untuk mereka cari keridhaannya, dengan beriman dan beramal saleh, jika mereka benar-benar termasuk orang-orang beriman.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

62. يَحْلِفُونَ بِاللهِ لَكُمْ لِيُرْضُوكُمْ (Mereka bersumpah kepada kamu dengan (nama) Allah untuk mencari keridhaanmu)
Hal ini karena orang-orang munafik ketika menyendiri mereka menjelek-jelekkan Rasulullah, dan jika hal itu sampai pada orang-orang beriman, mereka datang dan bersumpah bahwa mereka tidak menjelek-jelekkan Rasulullah.


Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

{ وَاللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَقُّ أَنْ يُرْضُوهُ } "padahal Allah dan Rasul-Nya itulah yang lebih patut mereka cari keridhaannya" jika anda memperhatikan kebanyakan manusia, sesungguhnya mereka hanya melihat dan menuntut hak mereka kepada Allah, namun mereka tidak sekali-kali memperhatikan bahwa hak Allah atas mereka lebih besar dan lebih utama, sehingga dengan demikian mereka menjauh dan memutuskan hubungan dengan Allah.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

62. Ketika fitnahan orang-orang munafik terhadap Nabi SAW sampai kepada orang-orang mukmin, mereka akan mendatangi kalian dengan bersumpah demi Allah wahai orang-orang mukmin bahwa mereka tidak mengatakan ucapan yang telah sampai kepada kalian, untuk mendapatkan keridhaan kalian dengan menampakkan keimanan mereka, padahal Allah dan rasulNya itu lebih berhak dimintai keridhaan jika mereka benar-benar beriman. Ayat ini turun terkit perkara orang-orang munafik yang memuji orang-orang yang mengundurkan diri di perang Tabuk. Mereka berkata: “Jika saja yang dikatakan Muhammad itu benar atas saudara-saudara kita yang merupakan tuan dan orang pilihan kita, sungguh kita ini lebih buruk daripada keledai”, lalu ketika mereka ditanyai Nabi SAW, mereka mengingkarinya, lalu ayat ini turun untuk mereka


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka bersumpah dengan (nama) Allah kepada kalian untuk membuat kalian ridha, padahal Allah dan RasulNya lebih pantas mereka (raih) keridaanNya jika mereka adalah orang-orang beriman


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

62. “Mereka bersumpah kepada kamu dengan (Nama) Allah untuk mencari keridhaanmu.” Lalu mereka mengklaim berlepas diri dari menyakiti Nabi dan lainnya yang mereka lakukan. Tujuan mereka adalah agar kamu ridha kepada mereka. “Padahal Allah dan RasulNya itulah yang lebih patut mereka cari keridhaannya jika mereka adalah orang-orang yang Mukmin.” Karena seorang Mukmin tidak mendahulukan sesuatu pun di atas ridha Allah dan RasulNya. Ini menunjukkan bahwa iman mereka tidak ada, di mana mereka mendahulukan ridha selain Allah dan RasulNya.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 62: Dalam perkara yang sampai kepada kamu dari mereka berupa menyakiti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yakni bahwa mereka tidak melakukannya, agar kamu tidak membenci mereka.

Dengan menaatinya. Disebutkan dhamirnya dengan bentuk mufrad karena talazumnya (terikat bersama) dua keridhaan.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 62

Rangkaian ayat berikut ini memaparkan sifat buruk yang lain dari orang-orang munafik. Mereka bersumpah palsu kepadamu dengan nama Allah, untuk tidak turut serta dalam perang tabuk, semata-mata untuk menyenangkan kamu dan orang-orang beriman, padahal Allah dan rasulnya lebih pantas bagi mereka untuk dicari keridaan-Nya dengan menaati segala perintah Allah dan rasul-Nya meskipun berat, jika mereka benarbenar orang mukmin dengan keimanan yang mantap. Tidakkah mereka, orang-orang munafik, mengetahui betul bahwa barang siapa menentang, tidak menaati perintah Allah dan perintah rasulnya serta menyakiti hatinya, maka sesungguhnya neraka jahanamlah baginya, dia kekal di dalamnya. Itulah kehinaan dan kecelakaan yang besar.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Itulah aneka ragam penafsiran dari beragam ulama terhadap isi dan arti surat At-Taubah ayat 62 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Sokonglah perjuangan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Balad
  2. Inna Lillahi
  3. Al-Baqarah 83
  4. Al-Ma’idah 2
  5. At-Taubah 122
  6. Ar-Ra’d 11
  7. Luqman 14
  8. al-Kahfi
  9. al-A’la
  10. al-Fatihah
  11. Al-Hujurat 12
  12. al-Ma’un
  13. al-‘Ashr
  14. Al-Isra 32
  15. An-Nur 2
  16. Al-Mujadalah 11
  17. an-Naba
  18. Al-Hujurat 13
  19. ‘Abasa
  20. An-Nisa 36
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: